BEDAH KISI-KISI UN 2019 BAHASA INDONESIA SMK/MAK







BEDAH KISI-KISI UN 2019 BAHASA INDONESIA SMK/MAK: INDIKATOR SOAL, SOAL DAN PEMBAHASAN

Berikut disajikan kisi-kisi soal uji coba ujian nasional (UN) tahun 2019 SMK/MAK mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMK/MAK berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah

KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2019 SMK/MAK

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Indikator Materi
Indikator Soal
No

1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
memaknai istilah
Disajikan teks anekdot, peserta didik menentukan makna istilah yang terdapat dalam teks anekdot tersebut
1.       
menemukan ide pokok
Disajikan kutipan teks cerita sejarah, peserta didik dapat menentukan ide pokok teks cerita sejarah tersebut.
2.       
menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis, keberpihakan, sebab-akibat)
Disajikan pernyataan khusus laporan hasil observasi, peserta didik dapat menentukan pernyataan umum yang tepat.
3.       
Disajikan teks negosiasi, peserta didik dapat menentukan isi teks tersebut
4.       
Disajikan kutipan teks cerita ulang biografi seorang tokoh, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks cerita ulang tersebut.
5.       
Disajikan teks eksplanasi kompleks, peserta didik dapat menentukan isi teks yang tepat sesuai dengan teks eksplanasi kompleks tersebut.
6.       
Disajikan teks anekdot, peserta didik dapat menentukan makna teks anekdot tersebut.
7.       
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat
8.       
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan keberpihakan penulis dalam kutipan tersebut dengan tepat
9.       
menemukan inti kalimat
Disajikan kalimat luas/majemuk, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut  dengan tepat.
10.   
membuat ringkasan teks
Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat menentukan ringkasan teks
11.   
mengomentari pendapat yang terdapat pada teks
Disajikan kutipan teks berita (1 paragraf), peserta didik dapat menentukan tanggapan logis terhadap isi berita tersebut.
12.   
menunjukkan bukti dari simpulan
Disajikan teks, peserta didik dapat menentukan bukti kalimat simpulan dari teks
13.   
menunjukkan hubungan antarbagian teks
Disajikan dua teks anekdot singkat, peserta didik dapat menentukan perbandingan isi teks anekdot tersebut.
14.   
MEMBACA SASTRA
menentukan kata yang bermakna konotatif/kias dalam karya sastra
Disajikan kutipan teks cerita pendek yang di dalamnya terdapat ungkapan, peserta didik dapat menentukan makna ungkapan yang terdapat dalam kutipan teks cerita pendek tersebut.
15.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang dalam teks dengan tepat.
16.   
menentukan majas dalam karya sastra
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan majas yang terdapat dalam teks cerita pendek tersebut.
17.   
mengidentifikasi unsur karya sastra
Disajikan teks cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan tahapan alurnya.
18.   
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan latar tempat yang sesuai dengan kutipan cerita pendek tersebut
19.   
Disajikan teks pantun, peserta didik dapat menentukan tema yang sesuai dengan teks pantun tersebut.
20.   
Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik yang dominan dalam kutipan novel tersebut.
21.   
menentukan isi tersurat dalam karya sastra
Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat menentukan nilai pendidikan yang terdapat dalam kutipan novel tersebut.
22.   
menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan amanat yang sesuai dengan kutipan cerita pendek tersebut.

23.   
menentukan bukti watak, latar
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan ciri teks cerita pendek tersebut (watak, konflik, tema).
24.   
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
Disajikan penggalan cerpen/ novel, peserta didik dapat menentukan hal yang diungkapkan dalam teks, yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini dengan tepat
25.   
menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat.
26.   
membandingkan pola karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa mampu menentukan persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks dengan tepat
27.   
meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat.
28.   
MENULIS TERBATAS
melengkapi dengan kata/istilah yang tepat sesuai konteks
Disajikan kutipan teks berita (1 paragraf) yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan istilah yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dengan tepat .
29.   
melengkapi unsur teks (eksposisi, negosiasi, deskripsi, biografi)
Disajikan gagasan utama teks eksposisi, peserta didik dapat menentukan gagasan penjelas yang tepat
30.   
Disajikan teks negosiasi yang rumpang, peserta didik dapat menentukan orientasi yang terdapat dalam teks tersebut.

31.   
Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat.
32.   
Disjaikan teks biografi yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat.
33.   
melengkapi unsur karya sastra lama (pantun)
Disajikan teks pantun yang rumpang, peserta didik dapat melengkapinya dengan kalimat (larik) yang tepat.

34.   
melengkapi unsur ulasan
Disajikan teks ulasan rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat

35.   
melengkapi unsur teks prosedur (langkah)
Disajikan kalimat-kalimat petunjuk yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.

36.   
mengurutkan peristiwa dalam cerita
Disajikan kutipan teks cerita pendek yang diacak, peserta didik dapat menentukan urutan teks cerita pendek tersebut
37.   
mengurutkan langkah-langkah dalam teks prosedur/petunjuk
Disajikan kalimat-kalimat teks prosedur kompleks yang diacak, peserta didik dapat menentukan urutan teks prosedur kompleks tersebut
38.   
Disajikan teks eksposisi (5-7 kalimat) yang disusun secara acak, peserta didik dapat mengurutkan menjadi teks eksposisi yang tepat.
39.   
memvariasikan kata(sinonim)
Disajikan teks laporan hasil observasi (1 paragraf) yang menggunakan kata bersinonim, peserta didik dapat menentukan sinonim kata tertejmtu yang terdapat dalam paragraf tersebut
40.   
memvariasikan kalimat
Disajikan teks iklan, peserta didik dapat menentukan makna ungkapan yang terdapat dalam teks iklan tersebut.
41.   
Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat menentukan makna peribahasa dalam teks tersebut
42.   
menyusun paragraf dari beberapa data
Disajikan data laporan hasil observasi yang belum lengkap dalam sebuah tabel, peserta didik dapat melengkapinya dengan data yang tepat
43.   
menyusun simpulan dari beberapa data
Disajikan data-data laporan hasil observasi berupa kalimat-kalimat simpleks, peserta didik dapat menentukan kalimat kompleks berupa simpulan dari data-data tersebut.
44.   
MENYUNTING KATA, KALIMAT, PARAGRAF
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
Disajikan kutipan teks ekspalansi kompleks, peserta didik dapat menentukan dua kata tidak baku yang terdapat dalam teks tersebut.
45.   
mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
Disajikan paragraf dengan tiga-empat konjungsi yang digunakan secara tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
46.   
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
47.   
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa mampu mengidentifikasi kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut dengan tepat.
48.   
menggunakan istilah dalam kalimat
Disajikan teks  (1 paragraf) yang dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapinya dengan istilah yang tepat.
49.   
menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan matriks yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kata berbentuk verba dan nomina berdasarkan kata dasar yang terdapat dalam matriks.
50.   
menggunakan kalimat (mengisi kalimat yang sesuai)
Disajikan teks eksposisi (1 paragraf) yang dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepati
51.   
memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat (kalimat rancu, ambigu, pemborosan, tidak logis, tidak lengkap)
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu memperbaiki kalimat tidak padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
52.   
memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf
Disajikan kutipan teks ekspalanasi kompleks, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif dalam kutipan teks tersebut.
53.   
memperbaiki kesalahan penggunaan kata
Disajikan kutipan teks cerita ulang biografi seorang tokoh, peserta didik dapat menentukan perbaikan penulisan kata yang sesuai dengan PUEBI.
54.   
MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan
55.   
mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kutipan teks eksplanasi kompleks, peserta didik dapat menentukan kesalahan penggunaan tanda baca teks eksplanasi kompleks tersebut.
56.   
menggunakan ejaan
Disajikan kutipan teks editorial / opini yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kata yang penulisannya sesuai PUEBI untuk melengkapi teks editorial tersebut.
57.   
menggunakan tanda baca
Disajikan sebuah teks tanpa tanda baca, peserta didik dapat menggunakan tanda baca sesuai PUEBI.
58.   
memperbaiki Kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kutipan teks cerita ulang biografi seorang tokoh, peserta didik dapat menentukan perbaikan penulisan kata yang sesuai dengan PUEBI.
59.   
memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kutipan teks yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik dapat menentukan perbaikan penggunaan tanda baca yang sesuai dengan PUEBI.
60.   

Catatan: Jumlah soal uji coba/ ujian nasional (UN) sebanyak 50 soal. Indikator dengan warna merah artinya sebagai variasi soal.
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar