BEDAH KISI-KISI UN 2019 BAHASA INDONESIA SMK/MAK: INDIKATOR SOAL, SOAL DAN PEMBAHASAN
Berikut disajikan kisi-kisi soal uji coba ujian nasional (UN) tahun 2019 SMK/MAK mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMK/MAK berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah
KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2019 SMK/MAK
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No
|
1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
| ||
memaknai istilah
|
Disajikan teks anekdot, peserta didik menentukan makna istilah yang terdapat dalam teks anekdot tersebut
|
1.
|
menemukan ide pokok
|
Disajikan kutipan teks cerita sejarah, peserta didik dapat menentukan ide pokok teks cerita sejarah tersebut.
|
2.
|
menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis, keberpihakan, sebab-akibat)
|
Disajikan pernyataan khusus laporan hasil observasi, peserta didik dapat menentukan pernyataan umum yang tepat.
|
3.
|
Disajikan teks negosiasi, peserta didik dapat menentukan isi teks tersebut
|
4.
| |
Disajikan kutipan teks cerita ulang biografi seorang tokoh, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks cerita ulang tersebut.
|
5.
| |
Disajikan teks eksplanasi kompleks, peserta didik dapat menentukan isi teks yang tepat sesuai dengan teks eksplanasi kompleks tersebut.
|
6.
| |
Disajikan teks anekdot, peserta didik dapat menentukan makna teks anekdot tersebut.
|
7.
| |
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat
|
8.
| |
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan keberpihakan penulis dalam kutipan tersebut dengan tepat
|
9.
| |
menemukan inti kalimat
|
Disajikan kalimat luas/majemuk, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
|
10.
|
membuat ringkasan teks
|
Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat menentukan ringkasan teks
|
11.
|
mengomentari pendapat yang terdapat pada teks
|
Disajikan kutipan teks berita (1 paragraf), peserta didik dapat menentukan tanggapan logis terhadap isi berita tersebut.
|
12.
|
menunjukkan bukti dari simpulan
|
Disajikan teks, peserta didik dapat menentukan bukti kalimat simpulan dari teks
|
13.
|
menunjukkan hubungan antarbagian teks
|
Disajikan dua teks anekdot singkat, peserta didik dapat menentukan perbandingan isi teks anekdot tersebut.
|
14.
|
MEMBACA SASTRA
| ||
menentukan kata yang bermakna konotatif/kias dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan teks cerita pendek yang di dalamnya terdapat ungkapan, peserta didik dapat menentukan makna ungkapan yang terdapat dalam kutipan teks cerita pendek tersebut.
|
15.
|
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang dalam teks dengan tepat.
|
16.
| |
menentukan majas dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan majas yang terdapat dalam teks cerita pendek tersebut.
|
17.
|
mengidentifikasi unsur karya sastra
|
Disajikan teks cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan tahapan alurnya.
|
18.
|
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan latar tempat yang sesuai dengan kutipan cerita pendek tersebut
|
19.
| |
Disajikan teks pantun, peserta didik dapat menentukan tema yang sesuai dengan teks pantun tersebut.
|
20.
| |
Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik yang dominan dalam kutipan novel tersebut.
|
21.
| |
menentukan isi tersurat dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat menentukan nilai pendidikan yang terdapat dalam kutipan novel tersebut.
|
22.
|
menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan amanat yang sesuai dengan kutipan cerita pendek tersebut.
|
23.
|
menentukan bukti watak, latar
|
Disajikan kutipan teks cerita pendek, peserta didik dapat menentukan ciri teks cerita pendek tersebut (watak, konflik, tema).
|
24.
|
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Disajikan penggalan cerpen/ novel, peserta didik dapat menentukan hal yang diungkapkan dalam teks, yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini dengan tepat
|
25.
|
menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra
|
Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat.
|
26.
|
membandingkan pola karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa mampu menentukan persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks dengan tepat
|
27.
|
meringkas isi karya sastra
|
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat.
|
28.
|
MENULIS TERBATAS
| ||
melengkapi dengan kata/istilah yang tepat sesuai konteks
|
Disajikan kutipan teks berita (1 paragraf) yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan istilah yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dengan tepat .
|
29.
|
melengkapi unsur teks (eksposisi, negosiasi, deskripsi, biografi)
|
Disajikan gagasan utama teks eksposisi, peserta didik dapat menentukan gagasan penjelas yang tepat
|
30.
|
Disajikan teks negosiasi yang rumpang, peserta didik dapat menentukan orientasi yang terdapat dalam teks tersebut.
|
31.
| |
Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat.
|
32.
| |
Disjaikan teks biografi yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat.
|
33.
| |
melengkapi unsur karya sastra lama (pantun)
|
Disajikan teks pantun yang rumpang, peserta didik dapat melengkapinya dengan kalimat (larik) yang tepat.
|
34.
|
melengkapi unsur ulasan
|
Disajikan teks ulasan rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat
|
35.
|
melengkapi unsur teks prosedur (langkah)
|
Disajikan kalimat-kalimat petunjuk yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.
|
36.
|
mengurutkan peristiwa dalam cerita
|
Disajikan kutipan teks cerita pendek yang diacak, peserta didik dapat menentukan urutan teks cerita pendek tersebut
|
37.
|
mengurutkan langkah-langkah dalam teks prosedur/petunjuk
|
Disajikan kalimat-kalimat teks prosedur kompleks yang diacak, peserta didik dapat menentukan urutan teks prosedur kompleks tersebut
|
38.
|
Disajikan teks eksposisi (5-7 kalimat) yang disusun secara acak, peserta didik dapat mengurutkan menjadi teks eksposisi yang tepat.
|
39.
| |
memvariasikan kata(sinonim)
|
Disajikan teks laporan hasil observasi (1 paragraf) yang menggunakan kata bersinonim, peserta didik dapat menentukan sinonim kata tertejmtu yang terdapat dalam paragraf tersebut
|
40.
|
memvariasikan kalimat
|
Disajikan teks iklan, peserta didik dapat menentukan makna ungkapan yang terdapat dalam teks iklan tersebut.
|
41.
|
Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat menentukan makna peribahasa dalam teks tersebut
|
42.
| |
menyusun paragraf dari beberapa data
|
Disajikan data laporan hasil observasi yang belum lengkap dalam sebuah tabel, peserta didik dapat melengkapinya dengan data yang tepat
|
43.
|
menyusun simpulan dari beberapa data
|
Disajikan data-data laporan hasil observasi berupa kalimat-kalimat simpleks, peserta didik dapat menentukan kalimat kompleks berupa simpulan dari data-data tersebut.
|
44.
|
MENYUNTING KATA, KALIMAT, PARAGRAF
| ||
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
|
Disajikan kutipan teks ekspalansi kompleks, peserta didik dapat menentukan dua kata tidak baku yang terdapat dalam teks tersebut.
|
45.
|
mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
|
Disajikan paragraf dengan tiga-empat konjungsi yang digunakan secara tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
46.
|
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
|
47.
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa mampu mengidentifikasi kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut dengan tepat.
|
48.
| |
menggunakan istilah dalam kalimat
|
Disajikan teks (1 paragraf) yang dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapinya dengan istilah yang tepat.
|
49.
|
menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan matriks yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kata berbentuk verba dan nomina berdasarkan kata dasar yang terdapat dalam matriks.
|
50.
|
menggunakan kalimat (mengisi kalimat yang sesuai)
|
Disajikan teks eksposisi (1 paragraf) yang dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepati
|
51.
|
memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat (kalimat rancu, ambigu, pemborosan, tidak logis, tidak lengkap)
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu memperbaiki kalimat tidak padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
|
52.
|
memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf
|
Disajikan kutipan teks ekspalanasi kompleks, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif dalam kutipan teks tersebut.
|
53.
|
memperbaiki kesalahan penggunaan kata
|
Disajikan kutipan teks cerita ulang biografi seorang tokoh, peserta didik dapat menentukan perbaikan penulisan kata yang sesuai dengan PUEBI.
|
54.
|
MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
| ||
mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan
|
55.
|
mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan kutipan teks eksplanasi kompleks, peserta didik dapat menentukan kesalahan penggunaan tanda baca teks eksplanasi kompleks tersebut.
|
56.
|
menggunakan ejaan
|
Disajikan kutipan teks editorial / opini yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kata yang penulisannya sesuai PUEBI untuk melengkapi teks editorial tersebut.
|
57.
|
menggunakan tanda baca
|
Disajikan sebuah teks tanpa tanda baca, peserta didik dapat menggunakan tanda baca sesuai PUEBI.
|
58.
|
memperbaiki Kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan kutipan teks cerita ulang biografi seorang tokoh, peserta didik dapat menentukan perbaikan penulisan kata yang sesuai dengan PUEBI.
|
59.
|
memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan kutipan teks yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik dapat menentukan perbaikan penggunaan tanda baca yang sesuai dengan PUEBI.
|
60.
|
Catatan: Jumlah soal uji coba/ ujian nasional (UN) sebanyak 50 soal. Indikator dengan warna merah artinya sebagai variasi soal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar