Kisi-Kisi USBN Tahun 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD/MI terdiri atas 32 indikator
yang tercakup dalam 4 lingkup materi sebagai berikut.
1. Membaca Nonsastra=11 indikator;
2. Membaca Sastra = 8 indikator;
3. Menulis Terbatas = 7 indikator; dan
4. Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca = 6 indikator.
Berikut dikembangkan kisi-kisi try out atau uji coba USBN SD/MI tahun 2018
KISI-KISI UJI COBA USBN SD/MI TAHUN 2018
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
No. | Aspek | Level Kognitif | Indikator Materi | Indikator Soal | No soal | Bentuk Soal | |
1 | Membaca Nonsastra | Pengetahuan dan Pemahaman • Mengidentifikasi • Menentukan • Memaknai | 1.menentukan makna kata/istilah pada teks | Disajikan paragraf, siswa mampu meentukan makna kata/istilah dalam paragraf dengan tepat | 1. | PG | |
2.menentukan antonim/sinonim | Disajikan paragraf, siswa mampu meentukan makna sinonim/antonim dalam paragraf dengan tepat | 2. | PG | ||||
Disajikan kalimat yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa mampu menentukan sinonim/antonim kata yang dicetak miring dengan tepat | 3. | PG | |||||
3.menggali informasi tersurat teks | Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi kalimat tanya/ jawaban dari kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat. | 4. | PG | ||||
4.menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas) | Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan kalimat utama paragraf dengan tepat | 5. | PG | ||||
Aplikasi • Menyimpulkan • Menggunakan konsep/prinsip | 5.menentukan ide pokok teks | 5. Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan ide pokok paragraf dengan tepat. | 6. | PG | |||
6.menggali informasi tersirat teks | 6. Disajikan paragraf, siswa mampu menyimpulkan isi paragraf dengan tepat. | 7. | PG | ||||
7.Menentukan pernyataan sesuai isi teks | Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf | 8. | PG Uraian | ||||
8.Mengidentifikasi jenis teks | Disajikan sebuah teks (deskripsi/narasi), siswa mampu menentukan jenis teks dengan tepat | 9. | PG | ||||
Penalaran • Mengevaluasi • Membandingkan pola (menganalisis) • Menanggapi | 9.memprediksi kejadian berdasarkan isi teks | Disajikan sebuah teks yang berisi sebuah kondisi/peristiwa, siswa mampu menentukan kejadian berdasarkan isi teks | 10. | PG | |||
10. membandingkan isi teks | Disajikan dua teks, siswa mampu menentukan persamaan/perbedaan isi dua teks dengan tepat | 11. | PG Uraian | ||||
11. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks | Disajikan penggalan teks berisi data-data/informasi dan tabel yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi tabel sesuai dengan data/informasi pada teks dengan tepat. | 12. | PG | ||||
2 | Membaca Sastra | Pengetahuan dan Pemahaman • Mengidentifikasi • Menentukan • Memaknai | 12. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra | Disajikan teks sastra (pantun, cerita prosa/ drama), siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks drama dengan tepat. | 13. | PG | |
13. menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh) | Disajikan kutipan cerita , siswa mampu menentukan tokoh utama pada kutipan dengan tepat | 14. | PG | ||||
Disajikan kutipan cerita , siswa mampu menentukan watak tokoh pada kutipan dengan tepat | 15. | PG | |||||
Disajikan kutipan cerita , siswa mampu menentukan latar pada kutipan dengan tepat | 16. | PG | |||||
14. menentukan makna kata/simbol/kias | Disajikan teks syair/cerita , siswa mampu menentukan makna kata pada syair dengan tepat | 17. | PG | ||||
Aplikasi - Menyimpulkan - Menggunakan konsep/prinsip | 15. menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks ) | Disajikan kutipan drama/dialog, siswa mampu menentukan topik/tema dalam kutipan dengan dengan tepat. | 18. | PG | |||
Disajikan teks cerita, siswa mampu menentukan simpulan cerita dengan tepat | 19. | PG | |||||
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa mampu menentukan makna bagian teks/kalimat dengan tepat | 20. | PG | |||||
16. menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema) | Disajikan kutipan teks sastra, siswa mampu menentukan konflik dalam kutipan teks dengan tepat. | 21. | PG | ||||
Disajikan kutipan teks pantun, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat. | 22. | PG |
Disajikan kutipan teks cerita, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
23.
PG
Disajikan kutipan teks sastra, siswa mampu menentukan tema dengan tepat.
24.
PG
Penalaran
- Mengevaluasi
- Membandingkan pola (menganalisis)
- Menanggapi
17. Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), siswa mampu membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan tepat.
25.
PG
18. menentukan nilai-nilai cerita
Disajikan kutipan cerita, siswa mampu menentukan nilai (moral) dalam kutipan teks dengan tepat
26.
PG Uraian
19. menentukan
keteladanan tokoh cerita
Disajikan teks cerita/biografi, siswa mampu menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh pada kutipan teks dengan tepat
27.
PG
3
Menulis Terbatas
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
20. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan istilah/kata dengan tepat
28.
PG
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan ungkapan dengan tepat
29.
PG
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan peribahasa dengan tepat
30.
PG
Aplikasi
- Menyimpulkan
- Menggunakan konsep/prinsip
21. menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat.
31.
PG
22. menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
Disajikan gambar, siswa mampu menyusun kalimat deskripsi dengan tepat.
32.
PG Uraian
Disajikan ilustrasi, siswa mampu menyusun teks narasi sesuai ilustrasi dengan tepat
33.
PG
23. melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
Disajikan teks laporan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat
34.
PG
Disajikan teks iklan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kata/kalimat dengan tepat
35.
PG
Disajikan teks pidato yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kalimat dengan tepat
36.
PG
24. melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
37.
PG
Penalaran
- Mengevaluasi
- Membandingkan pola (menganalisis)
- Menanggapi
25. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
Disajikan kalimat/teks yang salah satu penulisan kata tidak tepat, siswa mampu memperbaiki penulisan kata/istilah dengan tepat.
38.
PG
26. memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
Disajikan sebuah paragraf dengan salah satu kalimatnya dicetak miring dan tata kalimatnya tidak tepat , siswa mampu memperbaiki tata kalimat tersebut dengan tepat
39.
PG
4
Menyunting
kata/istilah, frase,
kalimat, paragraf,
ejaan, dan tanda baca
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
27. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat/paragraf yang salah satu kata tidak tepat, siswa mampu menunjukkan penulisan kata (huruf capital) yang tidak tepat.
40.
PG
28. Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/paragraf yang salah penggunaan tanda baca, siswa mampu menunjukkan penggunaan tanda baca (titik, titik dua, koma) yang salah dengan tepat
41.
PG Uraian
Aplikasi
- Menyimpulkan
- Menggunakan konsep/prinsip
29. menggunakan ejaan
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata yang penulisannya tepat.
42. 38
PG
30. menggunaan tanda baca
Disajikan teks surat pribadi yang kalimatnya diberi nomor, siswa mampu menentukan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut.
43.
PG
Penalaran
- Mengevaluasi
- Membandingkan pola (menganalisis)
- Menanggapi
31. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat yang salah satu katanya ditulis dengan salah, siswa mampu memperbaiki sesuai ejaan bahasa Indonesia yang tepat.
44. 47
PG
32. Memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/ paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, siswa mampu menentukan perbaikan penggunaan tanda baca dengan tepat.
45.
PG
Tidak ada komentar:
Posting Komentar