Contoh Soal Makna Kata, Istilah, dan Ungkapan dalam Teks Editorial

Contoh Soal Makna Kata, Istilah, dan Ungkapan dalam Teks EditorialJadi, bagaimana caranya agar kita tidak kebingungan dan salah menafsirkan ketika membaca teks editorial? Di lain sisi kita ingin membaca cepat, sebaliknya di dalam teks terlalu banyak istilah-istilah yang menyulitkan. Maka, tips berikut ini bisa kita lakukan ketika membaca teks dengan kata, istilah, atau ungkapan yang sulit.

Gunakan model membaca line by line (baris per baris)
Model membaca ini berupaya membaca kata-kata atau kalimat yang berisikan materi baru secara berurutan dari baris pertama sampai baris terakhir. Jadi, untuk bagian yang berisi kata-kata umum kecepatan membaca ditinggikan, sedangkan pada bagian yang berisikan istilah-istilah asing kecepatan bacanya dilambatkan.
2) Gunakan model membaca spiral (zig-zag)
Dalam model membaca ini, kita mengasosiasikan kata-kata sulit yang ditemukan dengan kata-kata sebelumnya atau sesudahnya. Dengan kata lain, kita gunakan hasil pemikiran kita sendiri dari penyimpulan terhadap kata-kata atau istilah asing yang ditemukan.
3) Gunakan model membaca rounded (melingkar)
Pada saat membaca, kita hanya menggarisbawahi kata kunci yang kita kenali saja, selebihnya kita menghubungkan keseluruhan makna bacaan sesuai dengan logika kita.

Contoh Soal Makna Kata, Istilah, dan Ungkapan dalam Teks Editorial


SOAL 1
Perhatikan paragraf berikut ini!
Untuk itu, pembelajaran menulis puisi bisa dimulai dengan apersepsi berupa video cuplikan film romantis atau video mengenai keindahan alam. Sisihkan waktu sekira sepuluh menit untuk siswa-siswi kita menyelami keindahan yang terkandung dalam tayangan tersebut. Jika minat mereka sudah fokus, ajukanlah pertanyaan mengenai perasaan mereka setelah menonton video. Kemudian, suruh mereka menuliskan “rasa” tersebut ke dalam sebuah kata yang bisa mewakili penginderaan mereka. Maka, anak didik kita sudah mempunyai ide atau tema untuk mulai menulis puisi.
Maksud kata “rasa” dalam bacaan adalah ….

SOAL 2
Perhatikan cuplikan teks editorial berikut ini!
Padanan-padanan kata macam “C!yuz m! 4p?” atau “J4d!, W hrz bl@Ng WoW g3+h0.” sudah beredar luas di keseharian mereka, baik dalam bahasa tulis maupun lisan. Kebiasaan ini muncul sebagai dampak dari kencangnya arus globalisasi, yang menuntut segala sesuatu menjadi serba cepat dan instan.
Jargon yang terkandung dalam teks di atas berkenaan dengan bidang ....

SOAL 3
Perhatikan teks berikut ini!
Dari mulai sinilah, kita sebagai guru harus menerapkan sikap yang berbeda terhadap murid-murid era baru ini. Kita harus mampu mengelola mereka dengan segala kelebihannya. Terangkan pada murid bahwa cara berpikir mereka telah hampir sama dengan kemampuan mahasiswa. Sesekali berilah anak didik kita soal logika yang sulit. Ketika kita memberikan tugas tersebut, sampaikan bahwa tugasnya sulit dan bahwa tugas tersebut tidak mungkin diselesaikan secara sempurna oleh siapapun, termasuk oleh kita. Katakan pula bahwa mereka adalah murid cerdas dan kita tahu mereka dapat lebih memperlihatkan kelebihannya itu.
Istilah-istilah yang muncul dalam bacaan sering digunakan pada bidang ….

SOAL 4
Istilah hukuman di bawah ini yang bukan berasal dari bidang pidana adalah ….

SOAL 5
Perhatikan tajuk rencana berikut.
News room yang menggunakan istilah "lumpur sidoarjo" atau "lumpur lapindo" masing-masing tentu punya motif dan agenda di balik pelabelan lumpur itu. Pemberian istilah dalam media tidak bebas nilai karena news room tidak steril dari ideologi dan kepentingan. Cuma yang menjadi pertanyaan, apakah pengistilahan itu memihak kelompok tertindas atau mereka yang tidak mempunyai akses ke media atau malah condong ke pemilik modal yang dengan kapitalnya dapat berkuasa dan membuat agenda media sendiri sesuai versinya?
Makna kritikan penulis teks editorial tersebut ditujukan kepada ….

SOAL 6
Perhatikan teks editorial berikut!
Kosakata atau istilah tidak semata-mata masalah teknis bahasa, tetapi sebagai praktik ideologi tertentu. Karena itu sudah galib suatu peristiwa yang sama dibahasakan dengan bahasa yang berbeda. Bahasa yang berbeda otomatis akan menghasilkan realitas yang berbeda pula di masyarakat. Ini artinya, kosakata "lumpur sidoarjo" dan "lumpur lapindo" juga tentu saja akan melahirkan tafsir dan realitas berbeda di masyarakat.
Kata galib bermakna ….

SOAL 7
Perhatikan teks berikut!
Selain itu, kelas juga merupakan sebuah kelompok. Maka, agar suasana kelas menjadi cair dan penuh motivasi, perlu dibangun kerja sama yang positif. Sisihkan beberapa menit di dalam kelas waktu untuk membangun keakraban kelas. Sudah saatnya guru menghindarkan penciptaan kompetisi yang terlalu intens di antara para siswa. Kompetisi yang terlalu ketat justru dapat mengakibatkan kecemasan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Kompetisi yang berat juga dapat menumbuhkan sikap egoisme dan tak acuh. Sebaliknya, terangkan kepada siswa bahwa seisi kelas merupakan calon pemimpin masa depan yang akan saling membutuhkan satu sama lain. Dengan begitu, seorang siswa dengan siswa lainnya dapat saling menularkan motivasi positif.
Ungkapan yang bermakna konotatif dalam teks adalah ….

SOAL 8
Kalimat teks editorial manakah di bawah ini yang mengandung ungkapan bermakna perbuatan yang sia-sia ….

SOAL 9
Contoh pemanfaatan synchronous presentation tools antara lain melalui audio/video streaming, dan polling. Selain itu, masih tersedia teknologi lain yaitu teknologi wireless dan mobile technologies. Melalui apa yang disebut information superhighway, kini tersedia infrastruktur yang mampu memberikan layanan yang luar biasa kecepatannya. Tersedianya satelit generasi baru dengan orbit bumi yang rendah telah memungkinkan timbulnya frekuensi baru untuk komunikasi terrestrial. Secara wireless pertukaran informasi berupa teks, audio dan video dapat dilakukan dengan mudah.
Pengindonesiaan istilah wireless adalah ….

SOAL 10
Perhatikan teks berikut
Web yang dibuat secara khusus ini mengikuti sistem dan pola yang dinamis, sehingga semua isi –dari berita, gambar, video, sampai animasi, dapat adiluhung sekehendak user. Tidak hanya itu, user juga dapat berinteraksi langsung dengan pihak penyelenggara pendidikan. Dengan begitu, diharapkan masyarakat didik, terutama orang tua siswa, dapat memantau perkembangan pendidikan anak mereka dan kualitas pendidikan sekolah secara umum, langsung dari komputer rumah yang terkoneksi dengan internet.
Istilah yang tepat untuk pengindonesiaan kata yang dicetak miring adalah ….
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar