Contoh Soal Mengidentifikasi Karakteristik Teks Iklan

Contoh Soal Mengidentifikasi Karakteristik Teks IklanSeperti telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya, sasaran periklanan dapat ditentukan berdasarkan karakteristik tujuan iklan tersebut. Ada tiga tujuan periklanan, yaitu:
1) Menginformasikan
Setiap iklan pada dasarnya merupakan bentuk lain dari berita yang isinya menginformasikan sesuatu, dalam hal ini produk. Pada teks iklan yang baik terdapat kalimat-kalimat tertentu yang menonjolkan aspek manfaat dari produk / jasa yang ditawarkan. Namun demikian, untuk jenis iklan layanan masyarakat menggarisbawahi tujuan pertama ini.
Mari kita perhatikan contoh iklan berikut ini!
- Tubuh manusia dua pertiganya merupakan air.
Dalam kalimat teks iklan tersebut pengiklan menginformasikan bahwa betapa pentingnya air bagi kebutuhan tubuh manusia.
2) Membujuk
Bukan rahasia lagi, bahwa dunia persaingan bisnis mengharuskan setiap pelaku usaha mengagulkan produk mereka di atas produk lain yang sejenis. Dengan cara membandingkan kelebihan produk yang mereka tawarkan dengan produk lain yang sejenis, pengiklan berharap produk mereka paling diminati. Kita sebagai calon konsumen dituntut jeli dengan berbagai cara yang pengiklan lakukan demi membujuk kita. Jangan sampai rayuan-rayuan tersebut menyesatkan calon pembeli.
Mari kita perhatikan contoh iklan berikut ini!
- Berbukalah dengan yang manis.
Pernyataan ini diungkapkan sebuah iklan minuman demi membujuk calon konsumen mereka agar membeli produk mereka di bulan puasa. Pengiklan sengaja mengalihkan fakta seolah-olah berbuka memang harus dengan yang manis. Padahal secara medis atau aturan, tidak dibenarkan berbuka dengan sesuatu yang kadar glukosanya tinggi.
3) Mengingatkan
Pengiklan berusaha mengingatkan konsumen baik yang sudah menjadi langganan maupun tidak untuk terus mengikuti produk-produk mereka sebelumnya. Misalnya saja, iklan sirup selalu diingatkan kembali ketika menjelang bulan Ramadhan atau iklan pembasmi obat serangga selalu muncul kembali di jelang perubahan musim. Di lain sisi, untuk iklan-iklan layanan masyarakat tujuan iklan ini dilakukan agar masyarakat peduli dan sadar terhadap sesuatu di sekitar kita yang seringkali diabaikan.
Contoh Soal Mengidentifikasi Karakteristik Teks Iklan

SOAL 1
Perhatikan teks iklan sosial berikut ini!
Rata-rata pemakaian kantung plastik per orang di Indonesia mencapai hampir 700 kantung plastik pertahun atau sekitar tiga kantung plastik per hari.
Karakteristik tujuan iklan di atas adalah ....

SOAL 2
Perhatikan iklan berikut ini!
Matikan lampu selama 60 menit saja untuk mengubah dunia dalam satu jam.
Pelaksanaan: Sabtu, 19 September 2015 Pukul 20.00 – 21.00 waktu setempat.
Majas yang muncul dalam iklan sosial di atas adalah ….

SOAL 3
Agar kondisi tubuh Anda stabil ketika berpuasa, minumlah 2-2-4 yakni dua gelas air ketika sahur, dua gelas air ketika berbuka, dan empat gelas air di malam hari.
Unsur berita yang muncul dalam teks iklan tersebut adalah ….

 SOAL 4
Perhatikan audio iklan berikut ini.
Karakteristik tujuan iklan yang paling menonjol dalam cuplikan audio adalah ...

SOAL 5
Iklan di bawah ini mempunyai karakteristik tujuan iklan untuk menginformasikan hal positif, kecuali ….

SOAL 6
Perhatikan teks iklan berikut ini!
1) Rumah binatu “Berkah”.
2) Berkah sempurna membersihkan segala noda di pakaian Anda.
3) Bau di karpet atau selimbut berganti dengan wangi parfum import.
4) Rumah binatu Berkah lebih bisa diandalkan dari tempat binatu lainnya.
Kaidah yang dihasilkan dari isi bunyi teks iklan nomor (4) adalah ....

SOAL 7
Perhatikan iklan berikut.
(1) Desember tahun 2015 ini akan ada Pilkada serentak di Indonesia. (2) Masih ingat cara memilih calon pemimpin Anda ketika masuk bilik suara? (3) Caranya dengan mencoblos gambar nama calon pemimpin kita. (4) Gunakanlah hak pilih Anda. (5) Satu suara Anda sangat berarti bagi pembangunan demokrasi Indonesia.
Karakteristik iklan untuk membujuk pada teks iklan di atas muncul pada nomor .…

SOAL 8
Contoh teks iklan dengan karakteristik pernyataan berisi suruhan adalah ....

SOAL 9
Perhatikan teks iklan layanan masyarakat berikut ini!
Bencana terus terjadi di negeri ini. Semua datang dan pergi tanpa diminta. Badai pasti berlalu, kawan. Jadikan Hari Kebangkitan Nasional ini sebagai tonggak kemenangan yang tak terlupakan.
Karakter gaya bahasa di dalam teks muncul dalam wujud peristiwa bahasa berupa ….

SOAL 10
Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Pak Rio mempunyai sebuah rumah yang terdiri atas dua lantai dengan luas bangunan 140 meter dan luas tanah 200 meter. Rumah tersebut posisina di pertigaan Jalan Cibodas no. 134 Bogor. Sayangnya masih hak guna bangunan belum menjadi hak milik. Karena butuh uang mendesak, Pak Rio berencana menjual rumah tersebut melalui iklan di koran. Agar memudahkan komunikasi Pak Rio sengaja memberikan nomor telepon selulernya yakni 08234567890.
Iklan baris yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ….
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar