Contoh Soal Pengenalan tentang Energi

Contoh Soal Pengenalan tentang EnergiKonsep energi adalah salah satu dari pengertian paling mendasar di dalam ilmu fisika. Ada banyak sekali definisi, namun, yang paling banyak digunakan adalah bahwa ‘energi adalah kapasitas dari sebuah sistem untuk melakukan kerja’. 

Mengesampingkan itu, energi adalah sebuah konsep abstrak yang hanya dapat kita pahami secara tidak langsung dan, oleh karena itu, kita dapat membedakan bentuk-bentuknya yang berbeda menurut asal-usulnya dan cara kita menggunakannya. Misalnya, energi kinetik secara langsung terkait dengan massa dan kecepatan benda. 

Bentuk lain dari energi adalah energi potensial yang dimiliki sebuah benda sebagai hasil dari posisinya (energi potensial gravitasional) atau karena perubahan bentuknya seperti pegas (energi potensial elastis). Contoh umum dari energi potensial adalah sebuah kereta luncur yang berada pada puncak bukit dan siap untuk bergerak turun. Di dalam contoh ini, kereta luncur ini memiliki energi potensial gravitasional awal, karena posisinya, namun, ketika kereta ini sudah mulai bergerak energi ini akan secara bertahap diubah menjadi energi kinetik. Energi potensial awal menjadi nol ketika kereta luncurnya sudah mencapai tanah, sementara energi kinetiknya naik pada nilai maksimalnya. Jika kita menganggap bahwa tidak ada gesekan atau resistensi dari udara maka energi kinetik maksimum ini sama dengan nilai awal dari energi potensialnya. Hal ini berarti bahwa energi, mengesampingkan bentuk atau asalnya, pun kekal. Secara umum, energi tidaklah diciptakan juga tidak dihancurkan  energi adalah kekal dan hanya sekedar diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Contoh lain energi mencakup energi kimia dan energi listrik. Energi kimia terdapat di dalam sebuah zat dan dilepaskan atau diserap selama reaksi-reaksi kimia, sebuah contoh umum dari energi jenis ini adalah makanan!  

Secara umum, energi diukur dalam  Joule yang sama dengan  Kg (m/sek)2. Lebih lanjut, energi dapat diukur dalam cara yang lebih praktis dan umum, dalam kalori (dalam kimiawi makanan) atau eV (dalam listrik).

Energi listrik 

Energi termal adalah energi yang mengalir (disampaikan) dari satu benda ke benda lainnya karena adanya perbedaan temperatur seperti lampu atau radiator. 

Contoh lain dari kekekalan energi adalah ketika energi potensial kimia dari sebuah baterai diubah menjadi energi panas ketika terhubung pada sebuah sirkuit yang mencakup sebuah lampu. Energi kimia awal tidak akan hilang tapi akan diubah menjadi termal. 

Contoh lain dari bentuk energi mencakup energi listrik dan energi elektromagnetis, energi suara, energi nuklir dan energi radian. Energi listrik relevan terhadap listrik dan tanpanya, mungkin, dunia kita akan sangat jauh berbeda dari sekarang. Energi elektromagnetis mengacu pada pemakaian listrik dan magnetisme sedangkan, energi suara adalah energi yang dibawa oleh suara itu sendiri. Selain itu, nuklir adalah bentuk kontroversial dari energi, karena sangat kuat. Energi nuklir terikat di dalam nukleus dari atom-atom dan dilepaskan oleh sebuah proses yang disebut dengan fisi nuklir. Terakhir, kita memiliki energi radian yaitu energi yang dibawa oleh cahaya.

Contoh Soal Pengenalan tentang Energi


Anggap sebuah benda yang bergerak sepanjang sumbu horisontal. Namun, sumbu tersebut memiliki gesekan. Ini berarti bahwa setelah beberapa waktu benda akan berhenti bergerak kecuali gaya lain diberlakukan padanya. Gesekan adalah gaya yang menghasilkan energi jenis apa?
Fotosintesis adalah sebuah proses dasar pada tanaman yang melibatkan pertukaran energi-energi jenis apa?
Bensin (atau minyak) masih merupakan sarana umum yang digunakan pada mobil-mobil. Tipe konversi/perubahan energi apa yang terjadi ketika sebuah mobil menggunakan bensin?
Jenis perubahan energi apa yang berlangsung selama gerakan dari sebuah roller coaster?
Energi TIDAK diukur dengan satuan manakah dari pilihan berikut ini?
Manakah dari pilihan berikut ini yang hanya dapat menerima energi dan tidak dapat menyediakan energi?
Jenis konversi energi apa (tahap awal dan akhir) yang terjadi di dalam sebuah pembangkit listrik hidroelektrik?
Manakah yang merupakan contoh dari energi potensial gravitasional yang diubah menjadi energi kinetik?
Jenis energi apa yang dimiliki oleh granat-tangan (sebelum menjadi aktif)?
Sebuah benda dibiarkan jatuh ke tanah dimana sebuah pegas telah dipasang. Jenis perubahan energi apa yang akan terjadi ketika benda tersebut bertemu dengan pegas dan mulai menekannya?
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar