Contoh Soal Pola Gillir dan Persandingan dalam Teks Negoisasi

Contoh Soal Pola Gillir dan Persandingan dalam Teks Negoisasi -
  1. Teks negosiasi ialah teks yang berisi kesepakatan antara dua belah pihak untuk menyelesaikan perbedaan dalam sebuah dialog atau percakapan sehari-hari.
  2. Pola pada teks negosiasi dinamakan pola gilir yaitu pola yang dipakai agar pembicaraan berjalan dua arah.
  3. Tujuan pemakaian pola gilir ialah untuk saling menghargai, tidak menjadi pembicara dominan, dan memilih pilihan kata yang tepat agar tidak menimbulkan gesekan.
  4. Model percakapan pada teks negosiasi dinamakan persandingan. Model ini memiliki 8 macam yaitu sapa–menyapa, panggilan–jawaban, keluhan–bantahan, keluhan–permintaan, permintaan–mempersilakan, permintaan – informasi, penawaran – penerimaan, dan penawaran – penolakan.

Contoh Soal Pola Gillir dan Persandingan dalam Teks Negoisasi


SOAL 1
Perhatikan percakapan di bawah ini dengan cermat!
Pelayan :Mari Mbak lihat-lihat sepatunya mumpung promo beli 2 gratis 1!
Pembeli : Wah menarik sekali. (tersenyum dan melihat beberapa sepatu)
Pelayan : Silakan dicoba gratis kok Mbak!
Pembeli : Modelnya bagus-bagus. Saya pilih ini warna hitam no 40 ya Mbak!
Pelayan : Mohon maaf Mbak barang hanya ada di display.
Pembeli : ....
Kalimat yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas sesuai dengan pola gilir ialah ....

SOAL 2
Perhatikan percakapan di bawah ini dengan cermat!
(1) Amar : Bob makan di sini saja ya, ayam gorengnya mak nyuss.
(2) (Belum mendapat respon dari Bobi, Amar segera menarik lengannya menuju kedai ayam goreng)
(3) Pelayan : Silakan mau pesan apa Mas?
(4) Amar : Ayam gorengnya dua Mbak!
(5) Bobi : Satu saja Mbak saya alergi ayam.
Peristiwa yang menunjukkan tidak terjadinya pola gilir pada teks negosiasi di atas ialah ....

SOAL 3
Perhatikan percakapan berikut

Penjual : Haduh bisa bangkrut saya Bu kalau setiap hari ngutang.
Pembeli : Halah Bang yang penting kan selalu saya lunasi awal bulan.
Penjual : Iya sih Bu, Cuma sekarang harga barang naik semua jadi gak bisa muter.
Pembeli : Saya kan sudah langganan Bang masak gak dikasih juga
Teks negosiasi di atas memakai bentuk ....

 SOAL 4
Perhatikan percakapan berikut!
Model persandingan pada teks negosiasi di atas ialah ...

SOAL 5
(1) Moderator : Itulah tadi paparan dari narasumber tentang pentingnya disiplin. Acara selanjutnya
adalah tanya jawab. Saya buka dua penanya untuk termin pertama.
(2) (peserta banyak yang mengajukan pertanyaan)
(3) Moderator : Silakan mengajukan satu pertanyaan saja karena banyak yang ingin bertanya!
(4) Penanya I : Mengapa kita harus menerapkan budaya antre dalam kehidupan sehari-hari? Kira-kira filosofi tersebut didapat dari siapa? Negara mana yang sudah menerapkan budaya tersebut? Sejak usia berapa budaya itu sebaiknya dibiasakan?
(5) Moderator : Wahh banyak sekali pertanyaannya ya.. silakan dilanjut penanya II.
Pelanggaran pola gilir pada teks negosiasi di atas terdapat pada nomor ....

SOAL 6
Perhatikan diagram di bawah ini dengan cermat!
Pola gilir antara pembicara dan pendengar di atas dapat terjadi dengan baik apabila ....

SOAL 7
Model persandingan permintaan-mempersilakan yang tepat pada komunikasi di bawah ini ialah ....

SOAL 8
(1) Sarah : Hen... saya mau bertanya tapi kamu jangan tersinggung ya?
(2) Heni : Iya ada apa Sar?
(3) Sarah : Sepatuku yang kamu pinjam minggu lalu kok belum dikembalikan?
(4) Heni : O iya saya lupa membawanya padahal sudah saya siapkan. Maaf ya.... besok pasti 
saya bawa
(5) Sarah : Iya besok jangan lupa karena saya olahraga
Nomor yang menunjukkan model persandingan keluhan-permintaan maaf ialah ....

SOAL 9
Perhatikan percakapan di bawah ini!
Tari : Berapa waktu yang diperlukan untuk merebus telur ayam agar matang ya Din?
Dina : ...
Tari : Wah terima kasih informasinya saya mau coba ah nanti di rumah
Dina : Iya sama-sama
Kalimat yang tepat untuk melengkapi percakapan model permintaan-informasi ialah ...

SOAL 10
Percakapan terjadi di kantin sekolah.
Anita       : Pak bakso dua ya!
Pedagang bakso : Habis Mbak tinggal gado-gado. Saya kasih potongan Rp1000 deh karena 
kehabisan
Anita       : Wah boleh juga tuh. Dua ya Pak!
Pedagang bakso : Baik tunggu bentar ya!
Model persandingan yang nampak ialah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar