Contoh Soal Identifikasi Teks Rekaman Percobaan

Contoh Soal Identifikasi Teks Rekaman Percobaan Topik kali ini berkenaan dengan cara mengidentifikasi teks rekaman percobaan. Kalian dapat mengidentifikasi teks tersebut dengan memahami kekurangan dalam teks rekaman percobaan. Kekurangan teks tersebut dapat berkaitan dengan isi, struktur, dan ciri-ciri kebahasaannya. 
      Kekurangan teks rekaman percobaan yang berkaitan dengan isi, misalnya dalam penyajian tujuan, teori, dan langkah kegiatan yang tidak jelas. Adapun kekurangan teks rekaman percobaan yang berkaitan dengan struktur, yaitu teks yang memiliki bagian struktur yang tidak sistematis. Selain itu, kekurangan teks yang berkenaan dengan bahasa dapat dilihat dari penggunaan kalimat-kalimat yang tidak efektif, penggunaan kata-kata yang tidak tepat, dan ejaan yang tidak baku. 

Perhatikanlah penggalan teks berikut ini

Pendahuluan
Rumusan Masalah 
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.


a. Bagaimana pengaruh kelembapan tanah terhadap pertumbuhan bawang daun?

b. Bagaimana cara menentukan kelembapan tanah yang baik untuk menanam bawang daun?

c. Bagaimana cara menanam bawang daun?
Tujuan Penelitian
Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.

a. mengetahui pengaruh kelembapan tanah terhadap pertumbuhan bawang daun 

b. mengetahui kelembapan tanah yang baik untuk pertumbuhan bawang daun 

c. memahami cara menanam bawang daun dengan benar 
      Rumusan masalah dan tujuan penelitian tersebut termasuk ke dalam bagian pendahuluan. Dari penggalan teks tersebut, kalian dapat melihat, apakah bagian pendahuluan dalam teks rekaman percobaan tersebut sudah disajikan dengan tepat? 
      Pada teks tersebut pendahuluan hanya ada rumusan masalah dan tujuan penelitan. Padahal, pendahuluan tidak hanya disusun oleh kedua bagian tersebut tetapi perlu adanya latar belakang. Latar belakang memberikan penjelasan tentang penelitian yang akan dilakukan. Selain itu, rumusan masalah dan tujuan penelitian pun dirumuskan berdasarkan latar belakang tersebut. Jadi, kekurangan pada pendahuluan teks tersebut perlu diperbaiki dengan menyajikan latar belakang. 
      Pengidentifikasi kekurangan teks rekaman percobaan tidak hanya pada bagian pendahuluan tetapi pada setiap struktur yang menyusun teks tersebut. Selain struktur, kalian dapat memperhatikan penggunaan kata, istilah, ejaan, termasuk kalimat dalam penyusunan teks. Misalnya, kalian menemukan kalimat seperti berikut ini. 
Dalam penelitian ini, saya akan membuktikan tentang pengaruh pupuk urea terhadap tanaman cabai. 
      Teks rekaman percobaan menjadi bentuk teks yang memuat penelitian/percoban secara ilmiah. Karena itulah, penulisan teks rekaman percobaan menggunakan gaya formal. Artinya, penggunaan kata ganti kami, saya, dan penulis tidak digunakan dalam jenis teks ini. Hal ini agar teks rekaman percobaan khususnya penelitian ilmiah perlu disampaikan secara objektif. Jika kata ganti digunakan, maka keobjektifan itu dapat diragukan karena bersifat subjektif.



Contoh Soal Identifikasi Teks Rekaman Percobaan

Kekurangan dari pendahuluan teks rekaman percobaan tersebut adalah ....
Penjelasan yang perlu dilengkapi dalam penggalan teks rekaman percobaan tersebut adalah ....
Berdasarkan hasil penelitian, bobot total ikan mas (bibit) yang ada dalam akuarium gelap adalah 67 g dan akuarium terang 80 g (1) Selain itu, analisis dalam laju pertumbuhan dan pengukuran bobot ikan mas di dalam akuarium gelap rata-rata 16,5 g dan 20 g untuk akuarium terang (2) Bobot ikan mas yang ada dalam akuarium terang lebih tinggi karena akuarium mendapatkan cahaya matahari yang cukup dan memudahkan ikan dalam mencari makan (3) Makanan sudah sulit diperoleh oleh plankton karena sungai penuh dengan limbah berbahaya (4)
Kalimat yang tidak tepat dalam teks yang berisi tentang hasil penelitian tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ukuran kolam ikan lele yang benar adalah panjang 5 m dan lebar 2,5 m dengan kedalaman 2 m. Dalam pemeliharaannya ikan lele harus diberi pakan secara teratur, yaitu sebanyak 3 kali sehari dengan jumlah 2 kg/kolam. Selain itu, hal penting dalam pembudidayaan ikan lele adalah memahami penyakit yang sering menyerang ikan lele tersebut. 
Berikut ini pernyataan yang sesuai dengan simpulan penelitian tersebut, kecuali ....
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut.
1. membandingkan kadar kalium dan natrium yang terkandung dalam air kelapa hijau dengan air kelapa gading.
2. mengetahui kesesuaian kadar kalium dan natrium yang terkandung dalam air kelapa hijau dan kelapa gading. 
3. menambah wawasan dalam perkembangan ilmu pengetahuan.
Hal yang membuat penulisan tujuan penelitian tersebut kurang tepat adalah ....
Grafik tersebut menunjukkan tinggi tanaman kacang merah dari hari ke hari. Pengukuran pertama dilakukan pada hari ke-4 yang menunjukkan bahwa rata-rata tinggi tanaman kacang merah tersebut berbeda-beda. Pada pot 1, tanaman kacang merah rata-rata memiliki tinggi 1,5 cm dan 1,1 cm pada pot 2. Adapun pada pot 3, rata-rata tinggi tanaman tersebut sebesar 1,1 cm.
Cuplikan teks tersebut lebih tepat ditempatkan pada bagian ....
Dalam penelitian langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
1. Isi pot tersebut dengan tanah dalam volume yang sama
2. Siapkan satu pot plastik ukuran sedang 
3. Lubangi bagian bawah ketiga pot tersebut 
4. Tanam bibit kacang merah dan simpan di tempat yang tersinari cahaya matahari
5. Siram bibit tersebut secara rutin 1 kali sehari 
Pernyataan yang tepat untuk memperbaiki teks yang berisi langkah-langkah penelitian tersebut adalah ....
Berikut ini rumusan masalah dalam penelitian yang benar, kecuali ....
Perkecambahan benih jagung dimulai dengan penyerapan air oleh benih melalui proses imbibisi. Melalui proses ini, benih menjadi bengkak karena peningkatan aktivitas enzim. Koleoriza memanjang dan menembus pericarp sedangkan radikula menembus koleoriza. Selain itu, ada empat akar seminal lateral yang ikut tumbuh.
Berdasarkan konjungsi yang digunakan, teks tersebut tidak disusun dengan pola ....
Pembuangan limbah ke sungai akan membuat tingkat polutan yang tinggi dan memengaruhi kesesuaian air sungai untuk digunakan oleh manusia, ikan, termasuk pertumbuhan alga dan tanaman air lainnya. Misalnya, limbah air detergen yang menjadi salah satu jenis limbah yang membahayakan makhluk hidup yang tinggal di sungai terutama ikan. 
Penelitian ini akan mencari tahu tentang pengaruh limbah air detergen terhadap kelangsungan hidup ikan mas. ..... 
Berikut ini kalimat yang dapat melengkapi bagian pendahuluan teks rekaman percobaan tersebut adalah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar