KISI-KISI SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA 2017/2018 KURIKULUM 2006 (KTSP)



KISI-KISI SOAL USBN
MATA PELAJARAN BAHASAINDONESIA SMA/MA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
KURIKULUM 2006

I.                  PILIHAN GANDA
A.   Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna istilah .
  2. menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi paragraf .
  3. menentukan kalimat jawab  sesuai isi paragraf .
  4. menentukan pokok isi paragraf  .
  5. menemukan ide pokok paragraf .
  6. menemukan inti kalimat .
  7. menyimpulkan isi tersirat paragraf .
  8. merangkum isi informasi paragraf .
  9. membandingkan dua paragraf (induktif dan deduktif) .
  10. menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi dua paragraf .
  11. membandingkan bahasa dua paragraf .
  12. meringkas isi teks .
  1. MEMBACA SASTRA
  1. menentukan makna simbol dalam puisi .
  2. menentukan  tema puisi kontemporer .
  3. menyimpulkan konflik cerita .
  4. menyimpulkan penyebab konflik .
  5. menentukan nilai moral cerita .
  6. membandingkan unsur intrinsik (latar dan amanat) dua kutipan (novel dan hikayat) .
  7. menilai keunggulan karya sastra .
  8. membandingkan isi dan bahasa dua kutipan (cerita pendek dan hikayat) .
  9. mengaitkan isi cerita dengan kehidupan sekarang .
  10. meringkas isi cerita .
  1. MENULIS TERBATAS
  1. melengkapi bagian rumpang dengan kata yang tepat.
  2. menyusun kalimat acak menjadi paragraf padu .
  3. melengkapi bagian rumpang paragraf eksposisi, narasi, atau deskripsi dengan kalimat yang tepat.
  4. merumuskan kalimat latar belakang proposal kegiatan . 
  1. memvariasikan kata yang bermakna sama .
  2. memvariasikan kalimat dengan tujuan yang sama .
  3. melengkapi bagian rumpang puisi dengan baris bermajas .
  1. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF  
  1. mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata .
  2. melengkapi bagian rumpang paragraf dengan istilah yang tepat.
  3. melengkapi bagian rumpang paragraf dengan kata berimbuhan .
  4. memperbaiki kesalahan kata tidak baku .
  5. memperbaiki kesalahan penggunaan kata .
  6. memperbaiki kesalahan kalimat tidak efektif .
  7. memperbaiki kesalahan penggunaan kata serapan . 
  1. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
  1. menentukan penulisan judul sesuai ejaan yang benar.
  2. menentukan kesalahan tanda baca.
  3. menggunakan tanda baca yang  tepat.
  4. menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca .
II.                URAIAN
  1. mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata .
  2. menggunakan ejaan dan tanda baca .
  3. menganalisis unsur intrinsik cerita .
  4. menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kalimat dan memperbaiki kalimat dengan tepat.
  5. Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca serta memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca .
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar