PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP TAHUN PELAJARAN 2017/2018



2. Bacalah teks Berikut
(1) Ajakan Pemerintah Provinsi DKI untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta menimbulkan perdebatan di masyarakat. (2) Kedatangan masyarakat untuk bermain permainan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. (3) Namun demikian, muncul kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif dari permainan itu. 
Maksud kalimat nomor (1) pada teks tersebut adalah
A. Masyarakat DKI sangat antusias menyambut permainan Pokemon Go
B. Permainan Pokemon Go dapat dilakukan di Balai Kota Jakarta saja.
C. Tidak semua masyarakat setuju dengan ajakan untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta.
D. Pemerintah DKI Jakarta melarang masyarakat untuk bermain Pokemon Go di balai Kota Jakarta.
Kunci Jawaban: C
Kata perdebatan memiliki arti perbantahan. Kata perdebatan memiliki kata dasar debat yang artinya  pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing (https://kbbi.web.id/debat) . 
Dalam debat atau perdebatan terdapat dua pihak yang berbeda pendapat, yaitu pihak yang mendukung atau setuju atau pro dan pihak yang menentang atau menentang atau kontra.
Dengan demikian jawaban yang benar adalah opsi C. Tidak semua masyarakat setuju dengan ajakan untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta.  Opsi A tidak tepat karena ada kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif dari permainan itu. Opsi B tidak tepat karena Permainan Pokemon Go tidak hanya dapat dilakukan di Balai Kota Jakarta saja. Opsi D tidak tepat karena Pemerintah DKI Jakarta mengajak masyarakat untuk bermain Pokemon Go di balai Kota Jakarta.  

RINGKASAN MATERI
KALIMAT PENDAPAT PENDUKUNG/PRO DAN PENENTANG/KONTRA
Pendukung memiliki arti orang yang mendukung;penyokong; pembantu; penunjang; (https://kbbi.web.id/dukung). Kalimat yang merupakan pendapat pendukung adalah kalimat yang berisi pernyataan mendukung, menunjang atau menyokong pendapat orang lain. Pernyataan pendapat pendukung disebut juga kalimat persetujuan atau pendapat pro. Kalimat persetujuan adalah kalimat yang berisi persetujuan, dukungan, dan keberpihakan seseorang atas suatu ide atau gagasan. Sebaliknya, kalimat yang berisi penentangan atau ketidaksetujuan terhadap suatu pendapat disebut dengan pendapat kontra. 
Contoh pendapat/gagasan, pendapat pro dan kontra
Pendapat /Gagasan: Wali kota Bandung, Ridwal Kamil, berharap kegiatan ini menjadi budaya rutin
Pendapat pendukung/Pro: Masyarakat Bandung menyambut ide GPS ini dengan melakukannya setiap hari
Pendapat penentang/kontra: Akan tetapi, ada juga orang yang beranggapan GPS hanya gerakan sesaat saja.
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar