BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
Indikator soal: Disajikan paragraf dengan beberapa kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
2. mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
3. mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
4. mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
Indikator soal: Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Indikator soal: Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang diawali huruf k, p, t, s), peserta didik dapat menentukan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapinya
Menggunakan kata ulang
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, peserta didik dapat menentukan kata ulang yang tepat untuk melengkapinya
2. mengisi dengan konjungsi yang sesuai
Indikator soal: Disajikan paragraf yang belum lengkap kata penghubung temporal (urutan waktu), peserta didik dapat menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapinya
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik dapat menentukan cara perbaikan kalimat tersebut
2. memperbaiki kesalahan paragraf
Disajikan paragraf deskripsi yang menggunakan tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), peserta didik dapat menentukan frasa adjektiva yang tepat untuk memperbaikinya.
3. menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya menggunakan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar