Cara Melakukan Pukulan Voli pada Tenis Lapangan

Pengertian dan cara melakukan pukulan voli dalam permainan tenis lapangan. Pukulan volley dalam permainan olahraga tenis lapangan adalah teknik pukulan yang memukul bola dilakukan sebelum bola memantul dilapangan, pukulan voli ini dilakukan dalam posisi menguntungkan untuk menyerang atau mematikan lawan. Pukulan voli adalah pukulan yang sulit untuk dikuasai terutama bagi seorang pemain tenis pemula karena untuk dapat meguasai teknik pukulan ini memerlukan konsentrasi atau fokus yang lebih serta reaksi yang cepat (agresif). Bagi anda yang suka bermain ganda, pukulan voli ini sangat wajib atau harus dikuasai.
Bagaimanakah teknik atau cara melakukan pukulan voli dalam permainan tenis lapangan ini, berikut simak penjelasan dibawah ini.
Siapkan posisi badan anda dengan cara:
  • Untuk pukulan voli pegangan raket pada grip adalah continental. 
  • Untuk memperoleh titik keseimbangan yang baik, kaki direntangkan selebar bahu dan agak sedikit ditekuk. 
  • Gerakan tubuh secara rileks dan dinamis seperti penjaga gawang yang akan menghadang bola. Lakukan gerakan dengan menjinjit. 
  • Posisikan siku anda berada di depan badan dan peganglah raket diatas, atau setidaknya berada di atas pergelangan anda. 
  • Tangan yang tidak memegang raket (pasif) berfungsi sebagai penyeimbang, biasakan memposisikan tangan yang pasif tersebut dengan memegang leher raket.

http://www.tutorialolahraga.com/2016/10/pukulan-voli-tenis-lapangan.html
Ketika bola datang, arahkan tangan dan badan anda menjemput bola, dengan diikuti langkah kaki.
http://www.tutorialolahraga.com/2016/10/pukulan-voli-tenis-lapangan.html

Cara melakukan pukulan voli adalah dengan ayunan pendek. Yaitu bola yang datang dan berada di depan badan dipukul sehingga terjadi perpindahan berat badan ke depan. Anggap saja seperti melakukan pukulan jab dalam olahraga tinju, dimana pukulan yang dilakukan pendek namun menghasilkan momentum yang besar.
http://www.tutorialolahraga.com/2016/10/pukulan-voli-tenis-lapangan.html

Dalam memukul bola gunakanlah pergelangan tangan anda, posisi raket agak terbuka, ayunan pendek dengan cepat dari atas ke bawah, lakukan seperti gerakan membacok sehingga memberikan efek spin pada bola.
http://www.tutorialolahraga.com/2016/10/pukulan-voli-tenis-lapangan.html

Bagi seorang pemula yang baru belajar bermain tenis, bisa latihan pukulan voli yang sifatnya hanya memblock laju bola. Apabila sudah mencapai tahap konsistensi, anda dapat sedikit memberikan gerakan ayunan sehingga bola akan lebih menekan.
http://www.tutorialolahraga.com/2016/10/pukulan-voli-tenis-lapangan.html

Gerakan pukulan voli yang baik adalah gerakan yang memukul dalam keadaan bergerak atau tidak diam (statis). Itu berarti dalam melakukan pukulan voli ini usahakan anda bergerak menjemput bola dengan bergerak ke depan atau diagonal.
Lakukan pukulan bola ke arah yang anda inginkan, kemudian kembalilah ke posisi tengah untuk bersiap melakukan pukulan selanjutnya.
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar