Lengkap - 60+ Contoh Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru

60+ Contoh Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru - Adik adik dimana saja berada, pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan contoh soal Essay dari mata pelajaran Geografi yang disusun khusus untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Soal ini kakak susun sebanyak 60 soal yang disertai dengan kunci jawaban. Semoga dengan adanya soal ini bisa membantu adik adik dalam mencari refrensi soal latihan


Pengertian Geografi
Apa pengertian geografi? Terdapat banyak tafsir dan pendapat mengenai pengertian geografi. Beberapa penjelasan pengertian geografi memang hampir sama dan identik, meski ada juga pendapat yang berbeda dan tidak selaras. Kali ini akan dijelaskan pengertian geografi beserta definisi dan penjelasannya lengkap.

Definisi Geografi
Apa sebenarnya definisi geografi? Untuk menjawabnya bisa dilihat dari pengertian geografi menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berdasarkan KBBI, definisi geografi adalah ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.


Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA

60+ Contoh Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru  - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

1. Bagaimana upaya mengatasi masalah rendahnya tingkat kesehatan di Indonesia?
Jawaban: meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan, memberikan penyuluhan pada masyarakat tentang arti pentignya menjaga kesehatan, dan lain-lain.

2. Jelaskan pengertian indeks pembangunan manusia!
Jawaban: pengertian indeks pembangunan manusia (IPM) atau Human Development Indeks (HDI) adalah pengukuran perbandingan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia.

3. Jelaskan berbagai permasalahan kependudukan di Indonesia dilihat dari segi kualitas!
Jawaban: berbagai permasalahan kependudukan di Indonesia dilihat dari segi kualitas antara lain tingkat kesehatan dan tingkat pendidikan yang rendah.

4. Sebutkan beberapa dampak dari jumlah penduduk yang besar!
Jawaban: permasalahan penduduk yang timbul dari jumlah penduduk yang terlalu besar, yatu diantaranya:
a. Jumlah lapangan pekerjaan yang minim sehingga tidak sebanding dengan jumlah penduduk di Indonesia. Hal ini mengakibatkan banyaknya pengangguran tersebar luas di Indonesia.
b. Kebutuhan hidup yang semakin tinggi sementara kemampuan pemerintah dalam penanggulangan masalah masih terbatas mengakibatkan adanya pemukiman kumuh dan penduduk yang kekurangan gizi.

5. Apakah yang dimaksud mobilitas penduduk?
Jawaban: mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya.

6. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi dinamika penduduk!
Jawaban: kelahiran, kematian, dan migrasi

7. Migrasi terbagi menjadi beberapa jenis. Sebutkan!
Jawaban:
a. Emigrasi adalah keluarnya penduduk dari dalam negeri ke luar negeri untuk menetap.
b. Imigrasi adalah perpindahan penduduk negara lain ke negara tertentu untuk menetap
c. Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain dalam suatu negara
d. Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota.

8. Jelaskan pengertian angkatan kerja!
Jawaban: angkatan kerja adalah mereka yang mempunyai pekerjaan, baik sedang bekerja maupun yang sementara tidak sedang bekerja karena suatu sebab, seperti petani yang sedang menunggu panen/hujan, pegawai yang sedang cuti, sakit, dan sebagainya.

9. Sebutkan ciri-ciri piramida penduduk muda!
Jawaban:ciri-ciri komposisi penduduk ekspansif (muda) antara lain sebagai berikut.
a. Jumlah penduduk usia muda (0-19 tahun)
b. Angka kelahiran jauh lebih tinggi juka dibandingkan dengan angka kematian.
c. Pertumbuhan penduduk relative tinggi.
d. Sebagian besar terdapat di negara-negara berkembang, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Republik Rakyat Cina (RRC), India, dan Mesir.

10. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi kualitas penduduk!
Jawaban: tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan

11. Dinamika penduduk atau perubahan jumlah penduduk dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu….
Jawaban: kelahiran, kematian, dan migrasi

12. Munculnya peperangan, wabah penyakit, pembunuhan merupakan faktor…. Kematian
Jawaban: penunjang, pendorong

13. Perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain dalam suatu negara disebut….
Jawaban: transmigrasi

14. Persebaran penduduk dapat dikenali dari….
Jawaban: kepadatan penduduk

15. Pengelompokkan atau susunan penduduk suatu negara atau suatu wilayah berdasarkan kriteria-kriteria tertentu disebut….
Jawaban: komposisi penduduk

16. Suatu wilayah yang memiliki angka kelahiran yang tinggi dan angka kematian yang rendah sehingga daerah ini mengalami pertumbuhan penduduk yang cepat dan digambarkan dengan tipe piramida….
Jawaban: piramida penduduk muda

17. Perpindahan penduduk yang sifatnya sementara pada hari yang sama disebut….
Jawaban: komutasi

18. Makin sempitnya lahan pertanian di pedesaan karena semakin banyaknya penduduk dan permukimannya mernjadi faktor pendorong penduduk melakukan…..
Jawaban: urbanisasi

19. Untuk mengukur dimensi hidup layak digunakan indicator berupa….
Jawaban: angka harapan hidup dan tingkat pendidikan

20. Permasalahan penduduk di Indonesia dari segi kuantitas berupa….
Jawaban: jumlah penduduk yang besar dan persebaran penduduk yang tidak merata

21. Faktor penunjang kematian penduduk diantaranya adalah….
Jawaban: terjadinya bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi, banjir

22. Perpindahan penduduk negara lain ke negara tertentu untuk menetap disebut…
Jawaban: imigrasi

23. Pulau di Indonesia dengan kepadatan penduduk yang tinggi adalah….
Jawaban: Jawa

24. Suatu wilayah yang memiliki angka kelahiran yang tinggi dan angka kematian yang rendah sehingga daerah ini mengalami pertumbuhan penduduk yang cepat, adalah gambaran dari….
Jawaban: piramida penduduk muda

25. Salah satu faktor penarik urbanisasi adalah….
Jawaban: lapangan kerja di kota jauh lebih beragam dibandingkan dengan di desa yang umumnya hanya pertanian.

26. Sebutkan faktor yang memengaruhi indeks pembangunan manusia!
Jawaban: umur panjang dan sehat, pengetahuan, dan kehidupan yang layak.

27. Persebaran penduduk yang tidak merata mengakibatkan munculnya masalah baru. Sebutkan!
Jawaban:
a. lahan pertanian di pulau Jawa dan Madura semakin sempit karena banyak beralih fungsi menjadi perumahan dan industri.
b. banyak lahan dan area di luar pulau Jawa dan Madura yang belum dapat dimanfaatkan secara maksimal karena minimnya sumber desa manusia yang mumpuni untuk mengelola lahan tersebut.
c. Ketimpangan dalam pembangunan infrastruktur, karena orientasi pembangunan lebih terpusat di wilayah yang lebih banyak penduduknya, sehingga satu wilayah semakin maju sedangkan wilayah lainnya semakin terbelakang.

28. Bagaimana upaya mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata?
Jawaban:
a. menggalakkan program transmigrasi dengan menyediakan fasilitas bagi transmigran, seperti tempat tinggal, penyediaan lahan dan mempermudah proses pelaksanaan transmigrasi.
b. mempermudah pelayanan kepada penduduk yang akan bertransmigrasi.
c. untuk mengatasi kepadatan penduduk terutama di kota-kota besar pemerintah melaksanakan pembangunan dengan membuka lapangan kerja di daerah pedesaan.

29. Sebutkan berbagai usaha untuk memperbaiki tingkat kesehatan penduduk!
Jawaban:
a. peningkatan gizi keluarga melalui pemberian subsidi kesehatan, berbagai penyuluhan dan pengobatan secara cuma-cuma
b. peningkatan kesehatan terutama ditujukan pada peningkatan kualitas permukiman. Di sini tersirat perlunya usaha penyediaan dan pemasyarakatan penggunaan jamban keluarga, tersedianya air bersih, dan pola hidup sehat serta upaya penanganan medis.
c. memasyarakatkan penggunaan obat murah yang bermutu (generik) dan pemberian Asuransi Kesehatan (Askes) bagi masyarakat kurang mampu.
d. menempatkan tenaga medis ke seluruh rumah sakit dan puskesmas yang tersebar ke seluruh pelosok tanah air.

30. Jelaskan dampak rendahnya tingkat kesehatan terhadap pembangunan!
Jawaban:
a. terhambatnya pembangunan fisik karena perhatian tercurah pada perbaikan kesehatan yang lebih utama karena menyangkut jiwa manusia.
b. jika tingkat kesehatan manusia sebagai objek dan subjek pembangunan rendah, maka dalam melakukan apa pun khususnya pada saat bekerja, hasilnya pun akan tidak optimal.

31. Jelaskan pengertian komposisi penduduk?
Jawaban: komposisi penduduk adalah pengelompokkan atau susunan penduduk suatu negara atau suwatu wilayah berdasarkan kriteraia-kriteria tertentu.

32. Bagaimana manfaat mengetahui komposisi penduduk berdasarkan usia?
Jawaban: manfaat adanya komposisi penduduk:
a. untuk mengklasifikasikan penduduk dengan berbagai kriteria
b. sebagai arah dalam pencapaian pembangunan nasional
c. sebagai tolok ukur penilaian struktur ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan suatu bangsa atau negara
d. supaya mengetahui bagaimana potensi sumber daya manusia (aspek pendidikan)
e. berdasarkan umur dan jenis kelamin dapat digunakan untuk mengetahui angka ketergantungan
f. bisa mengetahui tingkat kepadatan penduduk

33. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas penduduk di Indonesia?
Jawaban: tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan lain-lain.

34. Bagaimana cara mengendalikan pertumbuhan penduduk di Indonesia?
Jawaban:
a. Mensosialisasikan program keluarga berencana dari masyarakat desa sampai masyarakat kota
b. Pengingkatan proaduksi pertanian dengna pemberian bantuan bibit, obat-obat, serta pupuk.
c. Menyebarluaskan pendidikan kependudukan ke berbagai jenjang pendidikan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap permasalahan yang dihadapi pemerintah dalam bidang kependudukan.

35. Bagaimana pengaruh kualitas penduduk terhadap pembangunan nasional bangsa Indonesia?
Jawaban: penduduk yang berkualitas dapat meningkatkan proses berlangsungnya pembangunan nasional

36. Sebutkan faktor-faktor yang menghambat tingginya angka kelahiran!
Jawaban: pelaksanaan program keluarga berencana (KB), penundaan usia perkawinan denga alasan menyelesaikan pendidikan, semakin banyak wanita karir.

37. Sebutkan ciri-ciri piramida penduduk stasioner!
Jawaban:
a. perbandingan jumlah penduduk pada kelompok usia muda dan dewasa relative seimbang
b. tingkat kelahiran umumya tidak begitu tinggi, demikian pula dengan angka kematian relative lebih rendah.
c. pertumbuhan penduduk kecil
d. terdapat di beberapa negara maju antara lain Amerika Serikat, Belanda, dan Inggris

38. Jelaskan perbedaan komutasi dan sirkulasi!
Jawaban: komutasi adalah perpindahan penduduk yang sifatnya sementara pada hari yang sama. Sedangkan sirkulasi adalah mobilitas penduduk sementara ada juga yang melakukannya dengan menginap di tempat tujuan atau sering disebut mobilitas non permanen musiman.

39. Apa saja dampak negatif dari urbanisasi!
Jawaban: dampak negatif dari urbanisasi adalah sebagai berikut:
a. Berkurangnya tenaga kerja di desa yang masih produktif dan mau bekerja dalam bidang pertanian
b. Berkurangnya tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan pendidikan yang tinggi di desa
c. Aktivitas pertanian cenderung kurang berkembang karena kurangnya tenaga kerja muda yang masih produktif dan berpendidikan.
d. Banyaknya tindak kejahatan di perkotaan
e. Meningkatnya pengangguran di kota karena sebagian besar urbanisan kesulitan memperoleh pekerjaan di kota
f. Berkembangnya permukiman kumuh di kota
g. Munculnya masalah kemacetan karena makin banyaknya orang yang melakukan mobilitas
h. Munculnya masalah lingkungan seperti masalah sampah karena sebagian penduduk yang pindah ke kota belum bisa menyesuaikan diri dengan cara hidup di kota.

40. Apa saja faktor penyebab rendahnya tingkat pendidikan pada penduduk Indonesia?
Jawaban:
a. tingkat pendapatan penduduk rendah
b. tidak seimbangnya jumlah murid dengan sarana dan prasarana pendidikan
c. masih kurangnya kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya.

41. Proses pembentukan identitas nasional di Indonesia memerlukan proses cukup panjang yang diwakili oleh….
Jawaban: adanya perasaan senasib sepananggungan “bangsa Indonesia” akibat kekejaman penjajah Belanda, kemudian memunculkan komitmen bangsa (tekad, dan kemudian menjadi kesepakatan bersama) untuk berjuang dengan upaya yang lebih teratur melalui organisasi-organisasi perjuangan (pergerakan) Kemerdekaan mengusir penjajah sampai akhirnya Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 dan membentuk negara.

42. Bentuk negara kita setelah memperoleh kemerdekaan dari Belanda adalah….
Jawaban: Negara Kesatuan Republik Indonesia

43. Dalam konsepsi wawasan nusantara, identitas bangsa Indonesia tercermin dari kesatuan wilayah pulau-pulau di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu faktor pembentuk identitas nasional yang terwujud dari….
Jawaban: kondisi geografis wilayah Indonesia

44. Nilai-nilai esensial yang terkandung dalam Pancasila adalah….
Jawaban: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan serta Keadilan

45. Akar-akar nasionalisme Indonesia yang berkembang dalam perspektif sejarah sekaligus juga merupakan unsur-unsur identitas nasional adalah….
Jawaban: Nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam sejarah terbentuknya bangsa Indonesia.

46. Dimanakah suku bangsa Toraja bertempat tinggal?
Jawaban: Sulawesi Selatan

47. Apakah yang dimaksud dengan multikulturisme itu? Jelaskan!
Jawaban: multikulturisme adalah istilah yang diunakan untuk menjelaskan pandangan seseorang tentang ragam kehidupan di dunia, atuapun kebijakan kebudayaan yang menekankan tentang penerimaan terhadap realitas keragaman, dan berbagai macam budaya (multicultural) yang ada dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai, sistem, budaya, kebiasaan, dan politik yang mereka anut.

48. Berasal dari rumpun manakah bahasa Indonesia dan Melayu?
Jawaban: Austronesia barat

49. Sebutkan macam-macam alat pemersatu bangsa yang Anda ketahui!
Jawaban:
a. Dasar Negara Pancasila
b. Bendera Merah Putih sebagai bendera kebangsaan
c. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan
d. Lambang Negara Burung Garuda
e. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
f. Lagu-lagu perjuangan

50. Sebutkan sikap yang harus dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa!
Jawaban:
a. tidak memandang rendah suku atau budaya yang lain.
b. tidak menganggap suku dan budayanya paling tinggi dan paling baik
c. menerima keragaman suku bangsa dan budaya sebagai kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya.
d. lebih mengutamakan negara daripada kepentingan daerah atau suku masing-masing.

51. Sebutkan definisi kebudayaan tradisional secara etimologis menurut para ahli! Jelaskan!
Jawaban:
a. Superculture, adalah kebudayaan yang berlaku bagi seluruh masyarakat. Contoh: kebudayaan nasional.
b. Culture, lebih khusus, misalnya berdasarkan golongan etnik, profesi, wilayah atau daerah. Contoh: budaya Sunda.
c. Subculture, merupakan kebudayaan khusus dalam sebuah culture, namun kebudayaan ini tidak bertentangan dengan kebudayaan induknya. Contoh: budaya gotong-royong.
d. Counter-culture, tingkatannya sama dengan sub-culture yaitu merupakan bagian turunan dari culture, namun counter-culture ini bertentangan dengan kebudayaan induknya. Contoh: budaya individualisme.

52. Sebutkan jenis-jenis kebudayaan tradisional beserta contohnya!
Jawaban:
a. pakaian adat: kebaya pada masyarakat Jawa dan Sunda, Baju Bodo pada masyarakat Bugis, ulos dari Batak dan lain-lain.
b. rumah adat: joglo/limasan pada suku Jawa, rumah gadang pada suku Minangkabau, Tongkonan pada masyarakat bugis, Honai pada suku di Papua.
c. senjata: keris pada suku Jawad an Bali, Badik pada suku Bugis, Mandau pada suku Dayak, Rencong pada suku Gayo/Aceh, dan lain-lain.
d. Kesenian: Tari Seudati dan Saman dari Aceh. Tari Tor-tor dari Tapanuli, Tari Piring dari Minang, Kethoprak dari Jawa Tengah dan DIY, Ludruk dari Jawa Timur, dan lain-lain.

53. Sebutkan jenis perayaan/upacara yang ada di Indonesia beserta asalnya!
Jawaban:
a. Upacara sekaten
Upacara sekaten merupakan perayaan keraton kasunanan di Surakarta dan Kasultanan di Yogyakarta yang diadakan untuk memperingati maulid Nabi Muhammad saw. Perayaan ini biasanya diadakan satu bulan penuh yang diakhiri dengan prosesi kirab hasil bumi yang banyak diperbutkan wisatawan domestik dan asing.
b. Perayaan satu sura
Hampir sama denga perayaan sekaten tetapi proses upacaranya yang berbeda. Perayaan satu sura biasanya di isi dengan upacara jamasan benda-benda pusaka keraton dan kirab kerbau Kyai Slamet mengelilingi kota
c. Upacara tabot
Upacara Tabot atau Tabuik dalam bahasa Minang merupakan perayaan satu sura pada masyarakat Minangkabu dan Bengkulu. Perayaan ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME atas limpahan berkah dan karunia kepada masyarakat.
d. Upacara Ngaben
Upacara Ngaben merupakan upacara pembakaran mayat umat Hindu di Bali. Upacara ini diadakan apabila ada seseorang yang meninggal dan pihak keluargalah yang bertanggung jawab atas upacara ini. Ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Pulau Bali.
e. Upacara Ruwat Rambut Gembel
Upacara ini terdapat di masyarakat lereng Gunung Sindoro dan Sumbing. Keunikan dari ritual ini adalah setiap anak yang berambuat gembel/gimbal akan diruwat agar agar terhindar dari mara bahaya.

54. Sebutkan bagaimana peran siswa dalam melestarikan budaya tradisional!
Jawaban:
a. Mempelajari dan memahami berbagai keberagaman budaya yang ada di Indonesia
b. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan budaya, misal: ikut sanggar tari, kesenian karawitan, dan lain-lain.
c. berpartisipasi dalam promosi kebudayaan tradisional Indonesia dengan cara mengikuti festival budaya daerah, misal: ikut berpartisipasi dalam batik carnival, festival reog, dan lain-lain.
d. Senantiasa menjaga nilai-nilai luhur dsari kebudayaan tradisional.

55. Jelaskan mengapa budaya tradisional merupakan akar dari kebudayaan nasional!
Jawaban: karena kebudayaan tradisional bersumber dari nilai-nilai kepribadian rakyat Indonesia yang beraneka ragam dan termanifestasikan dalam semangat kebhinekaan sebagai kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya.

56. Sebutkan dampak positif dari globalisasi!
Jawaban:
a. mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
b. mudah melakukan komunikasi, karena sudah tersedianya berbagai alat komunikasi
c. mobilitas tinggi
d. mudah memenuhi kebutuhannya masing-masing
e. terjadinya peningkatan kualitas diri SDM karena individu harus memiliki kualitas diri yang baik dlaam menghadapi persaingan global

57. Pada intinya secara umum permasalahan globalisasi memeliki dua sifat, sebutkan dan jelaskan!
Jawaban: unsur interrelasi yang sangat kuat dan dan keterjangkauan berskala global.
Unsur interrelasi yang sangat kuat, artinya permasalahan globalisasi itu, sangat berpautan erat antara satu negara dengan negara lain. Sedangkan keterjangkauan adalah menyangkut segala aspek kehidupan manusia.

58. Bagaimana pengaruh globalisasi di bidang ekonomi dewasa ini? Jelaskan!
Jawaban: aspek globaliasi ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. Dampak negatifnya, masyarakat cenderung konsumtif, SDM Indonesia yang kurang kompeten akan tergilas oleh tenaga asing yang bekerja di Indonesia. Sehingga, pengangguran makin meningkat, dan hal ini juga menyebabkan tindak kejahatan makin meningkat.

59. Sebutkan pengaruh negatif globalisasi terhadap nasionalisme bangsa!
Jawaban:
a. Globalisasi mampu menyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Hal ini membuat bangsa Indonesia cenderung menerapkan asas liberalisme daripada asas Pancasila.
b. Dari aspek ekonomi, hilangnya rasa cinta terhadap produk dlaam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc. Donald, Coca Cola, dan Pizza Hut) membanjiri Indonesia. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukkan gejala berkurangnya rasa nasionalisme.
c. Masyarakat kita, khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dianggap sebagai kiblatnya.
d. Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi.

60. Bagaimana cara mengatasi pengaruh negatif terhadap nasionalisme bangsa? Sebutkan!
Jawaban:
a. menumbuhkan semangat nasionalisme melalui penanaman dan pengalaman nilai-nilai Pancasila dengan sebaik-baiknya, misal semangat mencintai produk dalam negeri
b. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik-baiknya
c. Mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakkan huku dalam arti sebenar-benarnya dan seadil-adilnya.
d. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa.
e. Menanamkan sejak dini rasa bangga dan penghargaan terhadap segala kebudayaan Indonesia.
f. Mendidik anak sedini mungkin dengan kebudayaan Indonesia, sehingga mereka dapat mencintai kebudayaan Indonesia.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 60+ Contoh Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar