Contoh Soal Analisis Teks Iklan

Contoh Soal Analisis Teks IklanSetelah belajar menulis teks iklan, materi yang akan dipelajari dalam topik ini adalah analisis teks iklan. Analisis dilakukan terhadap teks iklan dengan melakukan penelaahan dan menguraikan bagian-bagian dalam struktur dan kaidah teks tersebut. Materi tentang struktur dan kaidah teks iklan sepertinya perlu kalian baca atau ingat kembali agar lebih paham saat melakukan analisis teks tersebut.
      Penganalisisan teks iklan dapat dimulai dengan menentukan struktur dan kaidah teks tersebut. Apakah teks itu memenuhi struktur dan kaidah yang benar atau tidak? Selain itu, bagaimana dengan bahasa yang digunakan dalam teks iklan tersebut? 

Contoh Soal Analisis Teks Iklan


SOAL 1
Berikut ini kalimat yang menyatakan keunggulan produk, kecuali ..

SOAL 2
Bacalah teks iklan berikut ini.
Pengobatan Alami Alam sudah tepercaya sejak puluhan tahun. Berbagai rempah-rempah dan tanaman obat yang digunakan Alami Alam selama ini berhasil menyembuhkan berbagai penyakit. Pengobatan dilakukan oleh ahli yang dimiliki pengalaman yang lama dalam dunia pengobatan. Pengobatan ini dijamin akan memberikan perubahan terhadap kesehatan Anda. 
Produk yang diiklankan pada teks tersebut adalah ....

SOAL 3
Berikut ini hal-hal yang dianalisis dalam teks iklan, kecuali ....

SOAL 4
Perhatikan teks iklan berikut ini. 
                  DIJUAL
                  KIOS DI PASAR BARU BANDUNG
                  Jalan Otto Iskandar Dinata Nomor 70
                  Lantai 5 dengan luas 14 m2 
                  Harga 490 jt Bisa Nego Tanpa Perantara!
Informasi penting yang belum dicantumkan dalam teks iklan tersebut adalah ....

SOAL 5
Perhatikan iklan berikut ini.
Butuh Data Entry Part Time di Rumah, Pensiun/IRT bisa Apply Gaji + 2,5jt/bln Tlp346-899
Iklan tersebut berisi tentang ....

SOAL 6
Perhatikan teks iklan berikut ini. 

                  Poly Hair Dryer R-S35
Poly Hair Dryer R-S35 hadir dengan warna emas, merah muda, dan putih. Ketiga warna yang sungguh menawan. Hair dryer ini memiliki fitur berupa slot yang dapat diisi dengan pewangi atau vitamin rambut yang membuat rambut sehat. Hal ini menjadi unggulan baru yang dapat dinikmati oleh konsumen. Selain itu, hair dryer ini memiliki tombol yang berfungsi untuk mengatur suhu dan tekanan angin. Tombol tersebut cukup diatur sesuai keinginan konsumen. 
Jika teks tersebut dianalisis dengan melihat struktur teks iklan, bagian struktur yang tidak ada adalah ....

SOAL 7
Teknologi terbaru dinding HD yang lebih tebal dan lebih padat menjadikan lemari es Freeze lebih cepat dingin dan lebih hemat listrik. Desain pintu kaca yang tampak cantik pada lemari es Freeze mampu memperindah interior rumah Anda. 
Analisis kaidah teks iklan yang sesuai pada teks tersebut adalah ....

SOAL 8

                  Fast Plasmacluster A-1
Fast Plasmacluster A-1 menjadi produk AC yang memberikan konsep dingin untuk kenyamanan Anda. Fast sudah semakin ramah lingkungan dengan freon tipe baru. Fast menghasilkan dingin yang merata ke dalam seluruh ruangan dengan cepat dan Plasmacluster HD7000 pada Fast dilengkapi dengan fitur baby sleep mode yang menjaga suhu ruangan tetap dingin tetapi nyaman bagi bayi. Kenyamanan dalam Fast menjadi mode canggih yang mampu mengatur kipas dan kompresor dengan mudah. Fast dapat dibeli di gerai pusat Sun-Fast yang berada di Jakarta dan Bandung. Info lebih lanjut hubungi 08900-567-888.
Sifat niaga atau komersil dalam teks iklan tersebut tampak pada kalimat ....

SOAL 9
                  Lampu Shinoku F1
                  Semakin Terang dan Hemat Listik
Shinoku F1 menjadi lampu berukuran besar yang dapat menerangi ruangan luas dan lapangan olahraga. Lampu ini mampu menghemat listrik hingga 80% karena didukung dengan teknologi yang modern dan mampu menggantikan lampu merkuri besar. Lampu ini pun memiliki sertifikat SNI dan bergaransi 1 tahun. 
Judul pada iklan tersebut diambil dari ....

SOAL 10
                  Lampu Shinoku F1
                  Semakin Terang dan Hemat Listik
Shinoku F1 menjadi lampu berukuran besar yang dapat menerangi ruangan luas dan lapangan olahraga. Lampu ini mampu menghemat listrik hingga 80% karena didukung dengan teknologi yang modern dan mampu menggantikan lampu merkuri besar. Lampu ini pun memiliki sertifikat SNI dan bergaransi 1 tahun. 
Orientasi pada iklan tersebut berasal dari ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar