Contoh Soal Menulis Teks Iklan

Contoh Soal Menulis Teks IklanMenulis teks iklan bukanlah hal yang sederhana. Penyampaian informasi yang harus diketahui oleh konsumen perlu diungkapkan dengan gaya yang menarik. Penggunaan bahasa yang komunikatif pun perlu diperhatikan dengan baik karena teks iklan bertujuan untuk mengajak khalayak dalam mengenali suatu produk dan tertarik untuk membelinya. 
      Melalui teks iklan ini, produk yang akan ditawarkan kepada konsumen dikemas dengan rapi dalam bahasa yang persuasif. Walaupun tidak langsung membuat konsumen membeli tetapi dengan menawarkan sesuatu dan konsumen dapat memperhatikan produk yang diiklankan tersebut. Hal ini menjadi langkah awal yang cukup baik bagi penjual. 
      Sebagai cara awal untuk memulai penulisan teks iklan, kalian dapat melihat berbagai contoh teks iklan yang ada dalam majalah dan koran. Biasanya, kolom khusus untuk iklan selalu disediakan oleh media massa. Selain itu, penampilan iklan dalam media massa beraneka ragam. Hal itu dapat dilihat secara jelas melalui besar kolom yang digunakan iklan, penuh warna atau hanya hitam-putih. dan desain iklan yang sangat memperhatikan komposisi gambar dan tulisan. 
      Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh iklan dan hal ini penting dalam penulisan teks iklan. Apa saja kriteria tersebut? Perhatikan penjelasannya berikut ini.
1. Perhatian (Attention)
Dalam kriteria perhatian ini atau dikenal dengan istilah attention, iklan harus mampu menarik perhatian khalayak yang menjadi sasaran iklan. Agar menarik, iklan memerlukan penampilan yang menawan, yaitu dengan penentuan ukuran iklan, penggunaan warna, tata letak, atau suara-suara khusus (jika dimuat dalam audio atau audio-visual). 
2. Minat (Interest)
Pada kriteria ini, iklan harus mengajak agar konsumen dapat berminat dan memiliki rasa keinginan lebih jauh terhadap produk yang ditawarkan. Khalayak/konsumem harus tertarik untuk membaca, menonton, dan mendengar informasi yang disampaikan tentang produk yang diiklankan. 
3. Kebutuhan (Desire)
Setelah memiliki minat, yaitu tertarik untuk membaca, menonton, dan mendengar informasi tentang produk yang ditawarkan, konsumen/khalayak akan tergerak untuk memiliki dan menikmati produk tersebut. Jadi, iklan perlu memiliki kemampuan agar konsumen dapat seperti itu. 
4. Kenyakinan (Conviction)
Iklan harus mampu memberikan keyakinan bahwa kebutuhan calon konsumen dapat terpenuhi. Keyakinan ini sampai pada konsumen yang mulai berpikir untuk membeli produk yang ditawarkan. 
5. Tindakan (Action)
Pada kriteria terakhir ini, iklan menunjukkan kemampuannya dalam membujuk konsumen/khalayak untuk melakukan tindakan yaitu dengan membeli produk tersebut. Maka dari itu, dalam iklan perlu menggunakan kata yang merujuk pada tindakan, seperti beli, hubungi, ambil, gunakan, rasakan, dan sebagainya. 


Contoh Soal Menulis Teks Iklan


SOAL 1
Berikut ini beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam menulis teks iklan, kecuali ....

SOAL 2
Bacalah teks berikut ini dengan saksama.
Pemilik rumah siap pakai akan menjual rumahnya tersebut di Jalan Kuningan 5 Antapani. Rumah tersebut memiliki luas tanah 90 m2 dan luas bangunan 70 m2. Jika berminat silakan hubungi 0800-010-560.
Penulisan iklan baris yang sesuai dengan keterangan tersebut adalah ....

SOAL 3
Berikut ini aspek-aspek yang perlu diungkapkan dalam penulisan teks iklan, kecuali ....

SOAL 4
Berikut ini yang termasuk iklan adalah, kecuali ....

SOAL 5
Perhatikan iklan berikut ini.


Pernyataan berikut ini sesuai dengan iklan tersebut, kecuali ....

SOAL 6
Unsur yang tidak perlu dipromosikan saat memasang iklan cat serbaguna adalah ....

SOAL 7
Perhatikan iklan berikut. 

Kalimat yang menunjukkan keunggulan produk yang ditawarkan adalah ...

SOAL 8

Kerangka yang tepat untuk teks iklan tersebut adalah ....

SOAL 9
Bacalah teks iklan berikut ini. 

Kini, Shine Microwave tipe Q-57A1 hadir dengan teknologi yang mutakhir. Microwave ini dapat menghangatkan makanan dengan cepat dan dilengkapi dengan sensor yang mampu mendeteksi kadar air pada makanan. Tidak usah repot-repot dalam mengatur waktu untuk menghangatkan makanan karena semuanya sudah dilakukan secara otomatis oleh microwave pintar ini. Sajian makanan pun cepat walaupun microwave ini tidak hemat energi. 
Pernyataan yang sebaiknya tidak dicantumkan dalam teks iklan tersebut adalah ....

SOAL 10
Iklan itu perlu memiliki kriteria berupa attention atau perhatian yang dilakukan oleh pembuat iklan dengan cara ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar