Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Iklan

Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks IklanPenulisan teks iklan yang baik akan memudahkan pembuat iklan dalam menyampaikan berbagai informasi penting tentang produk yang akan diiklankan. Ada beberapa langkah dalam penulisan teks iklan yang perlu kalian perhatikan dengan baik, yaitu sebagai berikut. 
1. Menentukan Tema 
Tema iklan dapat ditentukan dengan jenis barang atau jasa yang akan diiklankan. Tema dapat dimulai dengan keunggulan barang yang akan diiklankan. Misalnya barang yang akan diiklankan adalah barang elektronik berupa televisi. Kalian pasti perlu menentukan hal yang membedakan televisi tersebut dari televisi lainnya. Penampilan iklan pun harus jauh lebih menarik dan harus lebih unggul dari iklan yang sudah ada. Tidak hanya sebatas informasi saja, iklan pun menjadi cara untuk mempromosikan barang tertentu kepada konsumen dan menarik hati konsumen untuk dapat membeli barang tersebut. 
2. Mengumpulkan Bahan 
Bahan yang diperlukan untuk membuat iklan tentu yang berhubungan dengan barang atau jasa yang akan diiklankan. Sebagai contoh, jika kalian akan mengiklankan sepeda motor, maka kalian memperlukan informasi tentang merek, penampilan (body), teknologi mesin, dan kapasitas mesin, serta irit dalam penggunaan bahan bakar jika dibandingkan dengan sepeda motor merek lainnya. 
3. Menyusun Kerangka 
Sebelum menyusun kerangka, kalian perlu menentukan media iklan yang akan digunakan. Media tersebut adalah media cetak dan media elektronik. Jika penentukan media sudah dilakukan, maka kalian perlu memperhatikan jenis iklan yang dibuat. Jenis iklan dapat berupa iklan baris atau bentuk ragaan. Setiap jenis iklan dan pemilihan media mempengaruhi penggunaan bahasa dan strukturnya. 

Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Iklan


SOAL 1
Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam langkah-langkah menulis teks iklan, kecuali ..

SOAL 2
Kita perlu menampilkan beberapa informasi berikut ini saat mengiklankan sebuah mobil, kecuali ....

SOAL 3
Perhatikan teks iklan berikut ini.
Jl. Cpt. Mega Pro ’08, terawat, hitam, 11,2jt nego, Roni jl. Asri 27 Banjar.
Isi iklan baris tersebut yang paling tepat adalah ....

SOAL 4
Perhatikanlah iklan berikut ini dengan cermat. 
1) Terbukti, MilkHealty memang susu sapi murni asli
2) Berasal dari sapi yang dirawat dengan baik dan berkualitas
3) Diproses dengan teknologi UHT 
4) Minumlah setiap hari MilkHealty untuk kesehatan tubuh yang optimal
5) Pemesanan dapat menghubungi call center di 022-9876560
Kalimat fakta pada iklan tersebut adalah ....

SOAL 5
Saat menyusun kerangka iklan ragaan tentang rumah, ada beberapa hal yang sesuai untuk dicantumkan pada bagian isi (body text) iklan tersebut, kecuali ....

SOAL 6
Perhatikanlah teks iklan berikut ini.
                    Ultra Lampu Hemat Energi
                    Produk Berkualitas dan Efisien
Ultra menjadi lampu berukuran besar yang dapat menghemat listrik hingga 80 persen. Teknologi modern 3Band Phospor digunakan Ultra untuk menghasilkan sinar yang terang dan menjangkau penyinaran yang jauh. Ultra 65 watt (daya terang 325 watt) dapat digunakan pada tegangan 170 volt-250 volt selama lebih dari 8000 jam dan bergaransi 1 tahun. Ultra ini pilihan yang tepat untuk penerangan pabrik, gudang, supermarket, lapangan olahraga, dan ruang terbuka lainnya.
Berikut ini aspek yang dijelaskan pada iklan tersebut, kecuali ....

SOAL 7
Perhatikanlah teks iklan berikut ini.
                    Sun-Star Shower
                    Pancaran Air Cepat dan Hemat
..................................................
Diameter lubang yang diperkecil, yaitu 0,7 milimeter membuat air dari kepala shower memancar dengan baik walaupun kondisi tekanan air kurang kuat. Selain itu, Sun-Star Shower ini dapat menghemat konsumsi air untuk mandi. 
Iklan tersebut lebih mengutamakan penjelasan tentang aspek ....

SOAL 8
Bacalah teks iklan berikut ini.
                    Shine: Penjernih Udara
...................................................
Polusi udara menjadi hal yang berbahaya untuk kesehatan. Polusi udara di luar dan di dalam ruangan dapat mengandung virus, alergen, dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Untuk mengatasi hal itu, Shine hadir sebagai penjernih udara yang mampu memurnikan udara di ruangan. Plasmacluster (high-density 7.000 cm3) menjadi teknologi yang mampu menonaktifkan virus, alergen, bakteri, bau yang menempel, dan menjaga udara tetap jernih dan sehat.
Subjudul yang sesuai dalam teks iklan tersebut adalah ....

SOAL 9
Perhatikan teks iklan berikut ini.
Produk yang ditawarkan dalam teks iklan tersebut adalah ....

SOAL 10
Berikut ini pernyataan yang berkaitan dengan teks iklan, kecuali ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar