Contoh Soal Evaluasi Struktur, Kaidah, dan Isi Teks Editorial , Opini

Contoh Soal Evaluasi Struktur, Kaidah, dan Isi Teks Editorial , OpiniSebelumnya kamu sudah mempelajari struktur, kaidah, dan isi teks editorial. Struktur teks editorial adalah sebagai berikut.
1. Tesis atau teks opini diawali dengan pernyataan pendapat terhadap sebuah permasalahan. Pada bagian ini penulis mengungkapkan opininya secara umum terhadap sebuah permasalahan.
2. Argumentasi
3. Pernyataan ulang
      Selain struktur, teks editorial/ opini juga memiliki kaidah. Kaidah-kaidah yang harus ditaati dalam penulisan teks editorial adalah sebagai berikut.
  1. Memiliki kalimat utama pada setiap paragrafnya.
  2. Menggunakan adverbial frekuensi, seperti sering, kadang-kadang, jarang, dan kerap.
  3. Menggunakan konjungsi yang digunakan untuk menata argumentasi, seperti pertama, kedua, kemudian, dan berikutnya.
  4. Menggunakan konjungsi untuk memperkuat argumentasi, seperti bahkan, juga, selain itu, lagi pula, serta justru.
  5. Menggunakan konjungsi yang menyatakan harapan, seperti agar.
  6. Menggunakan kata kerja material, relasional, dan mental.
  7. Menggunakan kosakata ilmiah, seperti implementasi, inflasi, dan kredibilitas.       Setelah memahami struktur dan kaidah, tiba saatnya kamu mengevaluasi struktur, kaidah, dan isi teks editorial/ opini. Dalam mengevaluasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
  1. Dari segi isi, kamu harus mengecek apakah tulisan editorial sudah mencakup pernyataan pendapat, argumentasi, dan pernyataan ulang.
  2. Berkaitan dengan bagian argumentasi, apakah dalam uraian tersebut sudah ada data dan fakta pendukung untuk memperkuat pendapat penulis.
  3. Dari segi kaidah, kamu harus mengecek hal-hal yang berkaitan dengan kaidah teks editorial/ opini. Apakah penulis sudah menguraikan teks editorial/ opini sesuai dengan kaidah yang dijabarkan dalam teks editorial/ opini.

Contoh Soal Evaluasi Struktur, Kaidah, dan Isi Teks Editorial , Opini


SOAL 1
Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Setiap wilayah di Nusantara ini memiliki keunikan dalam budayanya. Contohnya, tarian Papua dan Jawa yang memiliki karakteristiknya masing-masing. Tarian Papua terkenal dengan gerakannya yang energik, serta ornamen hiasan muka yang memiliki banyak simbol. Sedangkan tarian Jawa lebih mengutamakan keluwesan dalam gerakan. Namun sayang, kekayaan tarian Nusantara itu hampir terlupakan.
Kalimat yang merupakan pernyataan pendapat adalah .…

SOAL 2
Budaya bullying harus segera dihapuskan. Budaya ini sangat berbahaya. Pihak sekolah, terutama guru dan kepala sekolah harus peka terhadap kemungkinan bullying yang terjadi di sekolah. Jangan sampai pihak sekolah mengalami kecolongan. Karena korban-korban bullying akan mengalami traumatik yang berkepanjangan. Selain itu, korban bullying juga akan mengalami stres, depresi, bahkan bunuh diri.
Dalam struktur teks editorial/ opini, teks di atas termasuk dalam .…

SOAL 3
Di bawah ini yang termasuk dalam penyataan pendapat adalah .…

SOAL 4
Anak-anak yang mengalami masalah dalam konsentrasi bisanya memilliki ciri-ciri yang khas. Umumnya mereka tidak mampu duduk diam dalam jangka waktu yang lama. Mereka juga tidak bisa memusatkan perhatian ke depan dalam jangka waktu tertentu. Di saat belajar, mereka biasanya akan berlari-larian dan mengganggu teman. Bahkan, tugas mereka sendiri tidak pernah mereka perdulikan.
Bagian argumentasi pada teks soal mengungkapkan fakta-fakta tentang, kecuali .…

SOAL 5
Indonesia sebagai negara yang kaya ternyata saat ini mengalami sakit. Negara ini digerogoti oleh para koruptor. Kemiskinan dan kerapuhan yang terjadi di negara ini karena ulah para koruptor. Hal itu dibuktikan adanya catatan dari Badan organisasi dunia, transparency.org yang merilis ada 10 negara terkorup di dunia pada tahun 2013. Indonesia menempati urutan ke-5. Namun di wilayah Asia Pasifik, Indonesia merupakan negara terkorup.
Informasi yang disampaikan pada bagian pernyataan pendapat adalah ….

SOAL 6
Tindakan korupsi di Indonesia sudah taraf memprihatinkan. Mereka yang duduk di parlemen bukan rahasia lagi banyak yang terlibat kasus korupsi. Tercatat dalam 10 tahun terakhir, ada sekitar 65 orang anggota parlemen yang terlibat korupsi. Mungkin fenomena ini terjadi karena mereka dahulunya harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit ketika harus bertarung dalam proses pemilu. Berbagai cara mereka lakukan di saat menjabat, seperti gratifikasi, mark-up anggaran, dan praktik-praktik korupsi lainnya.
Berdasarkan kaidah teks editorial/ opini, kata yang seharusnya diganti menjadi istilah bahasa Indonesia adalah .…

SOAL 7
Kebudayaan Indonesia sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bukan hanya tarian, upacara adat pun memiliki daya tarik tersendiri. Namun kekayaan kebudayaan Indonesia ini tidak dipandang sebagai warisan kekayaan yang harus dipelihara oleh generasi mudanya. Bahkan generasi mudanya lebih tertarik dengan kebudayaan asing yang justru menggempur kebudayaan asli Indonesia. Mereka justru memandang aneh kekhasan yang dimiliki kebudayaan asli Nusantara ini.
Dalam teks editorial/ opini di atas, kalimat yang menunjukkan kekuatan argumentasi penulisnya adalah .…

SOAL 8
Dewasa ini bahasa Indonesia mengalami banyak perkembangan. Bahasa ini bukan lagi hanya digunakan di wilayah perkotaan saja. Kesadaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik sudah mulai berkembang. Terbukti di kalangan masyarakat, banyak para orang tua yang kerap menggunakan bahasa Indonesai yang baik kepada anak-anaknya. Dengan begitu, kemampuan bahasa Indonesia anak-anak pun semakin berkembang.
Kalimat yang mengandung adverbial frekuensi adalah…

SOAL 9
Dewasa ini penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di kalangan remaja sangat menurun. Hal ini yang menjadi kekhawatiran bagi para pemerhati bahasa Indonesia. Remaja cenderung lebih suka menggunakan bahasa Inggris dibandingkan bahasa negaranya sendiri.Hal ini berbanding terbalik dengan para pengguna bahasa Indonesia dari penutur asing. Apresiasi mereka begitu tinggi terhadap bahasa Indonesia. Bahkan mereka rela datang ke Indnesia untuk belajar bahasa Indonesia. Selain itu, inilah yang paling membanggakan, bahasa Indonesia sendiri telah diajarkan di sekolah-sekolah SD hingga perguruan tinggi di Australia.
Jika ditinjau dari kaidah teks editorial, teks di atas termasuk dalam teks editorial karena .…

SOAL 10
Semua orang dapat menjadi wirausaha. Seseorang yang memutuskan menjadi wirausaha adalah orang yang berani. Tentu saja, menjadi wirausaha berarti berani mengambil risiko. Risiko bangkrut jika ia gagal mengelola bisnisnya. Selain itu, tidak banyak orang yang mau memilih sebagai wirausaha. Selain karena malu, mereka masih merasa aman dengan mendapatkan gaji tiap bulan dari orang lain.
Berdasarkan kaidah teks editorial, kaidah yang dominan terdapat pada teks di atas adalah….
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar