Contoh Soal Evaluasi Teks Berita Berdasarkan Struktur dan Isi

Contoh Soal Evaluasi Teks Berita Berdasarkan Struktur dan IsiEvaluasi secara struktur
1. Headline tidak mencerminkan isi.
2. Pengantar dan isi kurang koheren. Jika kalian amati, pada pengantar disebutkan bahwa angin terjadi di Filipina. Pada bagian isi disebutkan berhembus di Surabaya. Dalam hal ini, tidak terdapat kepaduan antara pengantar dan isi berita.
3. Teks berita sudah memuat by-line, yaitu Queeper.com dan juga tail pada bagian akhir.
Jadi, secara struktur, teks berita di atas masih harus diperbaiki.
Evaluasi secara isi (bahasa)
1. Pada headline disebutkan bahwa ribuan nelayan menghilang di dermaga. Kata menghilangkan menimbulkan makna ambigu. Apakah menghilang karena musibah atau hal lain. Dalam teks berita, kata-kata ambigu harus dihindari.
2. Bila kita perhatikan kutipan teks berita di atas, maka ada dua pernyataan yang ada yaitu:
a. Pernyataan fakta : pernyataan yang telah terjadi
Contohnya:
• Akibat Badai Nangka di Filipina, ribuan nelayan terpaksa tinggal di rumah.
• Gelombang air laut daerah pesisir pantai dapat mencapai ketinggian hampir 2-4 meter.
b. Pernyataan opini : pernyataan yang belum terjadi, masih berupa pendapat dan usulan
Contohnya :
• Angin kencang yang berhembus di Surabaya dan sekitarnya diprediksi akan terus berlangsung sampai lima hari ke depan.
• Kepala BMKG Surabaya mengimbau seluruh warga untuk menghindari berteduh di bawah pohon dan papan reklame.
• Dia juga berharap para nelayan tetap bersabar untuk tidak melaut sampai kecepatan angin stabil kembali.

Contoh Soal Evaluasi Teks Berita Berdasarkan Struktur dan Isi

SOAL 1


(1) Pagi ini masyarakat berbondong-bondong melihat pertunjukan Reog Ponorogo di lapangan kodam V Brawijaya Surabaya. (2) Pertunjukan ini digelar untuk memperingati hari Armada. (3) Seusai melihat pertunjukan reog, masyarakat dimanjakan dengan bazar murah sembako. (4) Harga yang dibandrol 25% lebih murah dari harga di pasaran. (5) Ketua panitia Rusli Shahab mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat Surabaya.


Kalimat yang tidak memenuhi kaidah dalam bahasa Indonesia ialah kalimat ke ....

SOAL 2


(1) Kamis dini hari terjadi pembobolan toko emas wahyu mukti di jalan kalidoso no. 5 Surabaya. (2) Kerugian ditaksir 2 Milyard Rupiah. Polisi masih menyelidiki kasus ini lebih dalam. (3) Namun, bila dilihat dari kerapian pembobolan diduga ada orang dalam yang terlibat dan mengetahui seluk-beluk toko. (4) Kejadian ini juga baru diketahui warga sekitar karena kondisi hujan deras semalam sehingga tidak ada orang yang keluar rumah.


Kalimat yang berisi opini pada teks berita di atas terdapat pada kalimat ke ....

SOAL 3


Pemerintah Kota Surabaya akan mengadakan acara rutin tahunan memperingati hari pahlawan dengan lomba gerak jalan Suroboyo-Mojokerto. Meski masih beberapa bulan dilaksanakan, puluhan warga telah mendaftar untuk menjadi peserta. Panitia memprediksi peserta lomba akan melebihi target. Alasan utama tentu hadiah berupa satu buah mobil. Semoga acara ini dapat menyenangkan hati masyarakat ungkap ketua panitia Dahlia Manap.


Kalimat yang berisi pernyataan yang mengandung fakta ialah ....

SOAL 4


Maraknya pemberitaan makanan yang dicampuri bahan pengawet dan pewarna tekstil membuat pedagang makanan yang ‘bersih’ juga ikut merasakan dampaknya. Sebut saja Suhartini pedagang roti yang sudah lima tahun menjual roti di pasar. Dia harus pasrah seandainya sepinya pembeli. Hal tersebut karena rasa ketakutan konsumen yang menjadi-jadi. Lalu siapakah yang harus disalahkan dalam hal ini?


Pemakaian konjungsi yang tidak terdapat pada kata ....

SOAL 5


Sabtu (20/8/15). Sejumlah 100 orang karyawan PT. MINOR mengadakan aksi unjuk rasa menuntut kenaikan gaji. Hal ini dilakukan karena selama dua tahun ini gaji mereka tidak juga berubah. Akibat aksi ini perusahaan rugi sekitar 10 juta.


Proses afiksasi nasal (N) pada teks berita di atas terdapat pada kata ....

SOAL 6


Kebakaran Pasar Induk Menganti menyebabkan pedagang rugi ratusan juta. Hal ini disampaikan oleh ketua pasar Muchtar seusai mengikuti rapat koordinasi bersama pimpinan direksi pengelola pasar se-Surabaya. Muchtar menambahkan apabila Pemkot tidak segera mencari solusi bagi para pedagang, dia khawatir mereka akan menjadi gelap mata dan mengadakan aksi turun ke jalan.


Pertanyaan yang sesuai dengan teks berita di atas ialah ....

SOAL 7


Minggu (9/8/15), Sebaiknya anda berhati-hati ketika mengadakan transaksi online. Seorang ibu yang berusia 42 tahun harus kehilangan uang Rp5 juta karena membeli barang lewat online. Uang sudah terlanjur di transfer. Namun barang tak kunjung tiba dan penjual pun menghilang.


Penulisan kata yang tidak tepat ialah ....

SOAL 8


LAPANGAN DIKONTRAK, WARGA MARAH
(Queeper, YW) Kedatangan warga di lapangan sepak bola tidak untuk bermain bola, tetapi ingin menumpahkan rasa tidak puasnya dengan menyegel lapangan. Warga marah karena Kepala Desa Mismoyo mengontrakkan lapangan tanpa berdiskusi dulu dengan mereka.
Warga Desa Umbulan Surabaya akan terus bertahan menyegel Lapongan Bola sampai Kepala Desa meminta maaf kepada warganya. Aksi ini dilakukan sekelompok warga Desa Umbulan di Lapangan Bola Gogor pada hari Minggu 9/8/2015) pagi.


Struktur penulisan berita di atas kurang tepat karena ....

SOAL 9


Terhitung mulai besok, pengendara yang melewati jalan pusat kota Surabaya wajib menyalakan lampu kendaraannya. Kebijakan ini dilakukan untuk mendeteksi kendaraan yang layak beroperasi . atau tidak. Kendaraan yang melanggar akan dikenakan sangsi berupa penarikan SIM.
Alat pendeteksinya khusus didatangkan dari luar negeri. Pengadaan alat pedeteksi ini beimbas pada kenaikan harga BBM di Surabaya.


Penulisan tail pada teks berita di atas tidak tepat karena ....

SOAL 10


Kekeringan yang melanda Desa Sukodadi amatlah parah. Kekeringan ini dipicu oleh musim kemarau yang panjang dan tidak adanya waduk atau sungai buatan. Untuk itu, Pemerintah akan mengusahakan memasok air dengan mengirimkan 50 tangki air. Para aparat desa pun merapatkan barisan di kelurahan. Secepatnya pemerintah akan membuat waduk buatan agar permasalah air dapat diatasi.


Kalimat yang tidak padu tampak pada kalimat ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar