Contoh Soal Mengonversi Bentuk Teks Berita Menjadi Puisi

Contoh Soal Mengonversi Bentuk Teks Berita Menjadi PuisiTeks berita ditulis dengan memperhatikan unsur 5W + 1H, yaitu what (apa), where (di mana), who (siapa), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Keenam unsur di atas adalah unsur yang harus muncul dalam sebuah berita. Berita yang lengkap mencakup nama atau peristiwa itu sendiri (what), waktu dan tempat terjadinya (when dan where),orang-orang yang terlibat di dalamnya (who), alasan atau tujuan terjadinya peristiwa tersebut (why), serta proses terjadinya peristiwa tersebut (how).
      Sebagaimana halnya teks lainnya, teks berita juga dapat dikonversi ke dalam bentuk yang lain, di antaranya adalah puisi. Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang tersusun atas bahasa yang indah dan padat makna. Puisi merupakan cerminan kehidupan seseorang, baik kehidupan orang yang menulisnya (penyair) maupun kehidupan siapa pun yang menjadi ide penulisan puisi tersebut. Dengan kata lain, puisi adalah refleksi atau cerminan dari kehidupan secara keseluruhan.

Contoh Soal Mengonversi Bentuk Teks Berita Menjadi Puisi

SOAL 1
Perhatikan teks berita berikut ini!
Siswa SMA Negeri 1 Singaraja, I Putu Eka Surya Aditya (17), meraih medali emas dalam kontes matematika internasional di Singapura. Kontes yang diselenggarakan oleh EMC Union tersebut berlangsung sejak 31 Juli hingga 4 Agustus. Putu Eka Wilantara, Kepala Sekolah SMAN 1 Singaraja, menyebutkan, Aditya terpilih menjadi 11 wakil Indonesia di ajang internasional. Aditya telah menyisihkan 80.000 siswa dari seluruh Indonesia. Di kontes internasional tersebut, Aditya bersaing dengan 145 peserta dari 15 negara. “Akhirnya, Aditya terpilih menjadi satu di antara tiga wakil Indonesia yang meraih medali emas,” ujar Eka saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/8/2015).
Puisi yang sesuai dengan teks berita di atas adalah ....

SOAL 2
Perhatikan teks berita berikut ini!
SMA Nusantara menggelar puncak peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, Minggu (23/8/2015). Peringatan tersebut sekaligus menandai berakhirnya rangkaian acara peringatan hari kemerdekaan yang telah digelar selama sepekan. Acara ditutup dengan pidato kebangsaan oleh Kepala Sekolah, Aminudin Sanusi, di aula besar SMA Nusantara. Pada pidatonya, Aminudin mengingatkan pentingnya peran pelajar dan pemuda dalam menjaga nilai-nilai nasionalisme yang telah diperjuangkan pahlawan. “Anak muda adalah tonggak keberhasilan Indonesia di masa yang akan datang. Maka, anak mudah harus memiliki kesadaran untuk menjaga nilai-nilai nasionalisme,” ujar lulusan Universitas Pendidikan Indonesia ini.
Puisi paling sesuai dengan teks berita di atas adalah ....

SOAL 3
Perhatikan teks berita berikut ini!
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyatakan nelayan Indonesia sudah saatnya swasembada di bidang perikanan. “Sudah saatnya kita harus belajar swadaya dan swasembada, dalam hal penyediaan pakan ikan, semua bahan ada di Indonesia,” ujarnya di sela dialog bersama para nelayan di Desa Sigam, Kotabaru, Minggu (15/12/2014). Selama ini, pakan ikan dan beberapa peralatan budidaya ikan yang digunakan nelayan merupakan produk impor. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan pun cukup besar karena terpengaruh dengan nilai dolar untuk membelinya.
Puisi paling tepat untuk menggambarkan pelaku peristiwa dalam teks berita di atas adalah ....

SOAL 4
Perhatikan teks berita berikut ini!
Kelompok mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta mengembangkan alat pemberi pakan ikan otomatis. Inovasi tepat guna tersebut untuk memudahkan petani ikan skala kecil dan menengah dalam mengelola usahanya. “Alat yang diberi nama Paktobeler (Alat Pakan Otomatis Berbasis Mikrokontroler) itu merupakan inovasi alat perikanan modern untuk meningkatkan produktivitas ikan budi daya,” kata koordinator kelompok, Ulil Fawaaid di Yogyakarta, Rabu (12/8/2015). Menurutnya, Paktobeler ditujukan untuk pelaku usaha perikanan skala kecil dan menengah di wilayah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). “Perkembangan usaha perikanan sangat pesat, namun sayangnya para petani ikan kita masih kesulitan untuk mengakses teknologi perikanan yang modern karena keterbatasan modal dan kendala teknis,” katanya.
Jika teks berita di atas dikonversi menjadi puisi, maka puisi paling sesuai adalah ....

SOAL 5
Perhatikan teks berita berikut ini!
Sebanyak lima mahasiswa baru tahun akademik 2015-2016 penyandang disabilitas Universitas Brawijaya Malang mendapatkan beasiswa Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi). Beasiswa diberikan dengan kategori beasiswa kurang mampu. Ketua Panitia Seleksi Mahasiswa Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD) Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur Wahyu Widodo, Selasa, mengatakan dari 14 mahasiswa baru berkebutuhan khusus yang lolos seleksi tersebut, lima di antaranya mendapatkan beasiswa Bidikmisi.
Puisi yang sesuai dengan teks berita di atas adalah ....

SOAL 6
Perhatikan teks berita berikut ini!
Kepala Tim Insinyur Kereta Api Cepat Perusahaan Kereta Api Tiongkok (CRC) He Huawu menyebutkan bahwa pihaknya telah menyiapkan investasi senilai 5,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp73 triliun untuk membangun kereta api cepat Jakarta-Bandung. “Nilai 5,5 miliar dolar tersebut adalah skala pembiayaan pertama dan 25 persennya adalah modal kami (CRC),” kata He Huawu usai konferensi pers Pameran Kereta Api Cepat Tiongkok di Senayan City, Jakarta, Kamis (14/8/2015). Sementara itu, 75 persen dari total pembiayaan tahap pertama akan ditanggung bersama oleh pihak CRC, mitra kerja konstruksi, pemerintah, dan mitra lainnya yang nantinya bergabung dengan proyek kereta api cepat tersebut. Huawu juga menyatakan, nilai pembiayaan 5,5 miliar dolar AS tersebut tidak sejajar dengan nilai investasi sebenarnya yang akan ditanamkan untuk pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung.
Puisi yang memiliki persamaan topik dengan teks berita di atas adalah ....

SOAL 7
Perhatikan puisi berikut ini!
Daripada Mama
Ma, pacarku hebat
paling peka di dunia
tahu semua lebih dari siapa-siapa
dia juga ada di mana-mana
saat kubutuh, dia rela
dan tak pernah jauh saat kuingin dimanja

lebih dekat meski tak di rumah
lebih dekat daripada Mama.
(Reza S. Nugraha)
Teks berita yang sesuai dengan isi puisi di atas adalah ....

SOAL 8
Perhatikan teks berita berikut ini!
Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Surabaya menggelar Bursa Kerja Terbuka (Job Market Fair) di Balai Pemuda Kota Surabaya, Rabu (5/8/2015). Sebanyak 6.020 pencari kerja mendatangi bursa kerja tersebut. Kepala Disnaker Kota Surabaya, Dwi Purnomo menyebutkan, pihaknya melakukan penjaringan rencana kerja melalui pengambilan tiket masuk di kantor Disnaker Kota Surabaya. “Ada 6.020 tiket masuk yang sudah diambil, bahkan mungkin lebih," ujarnya. Menurut mantan camat Sawahan ini, agenda Job Market Fair ini menjadi perantara bagi para pencari kerja untuk mendapatkan peluang kerja. Bila biasanya mereka mencari satu per satu perusahaan untuk melamar kerja, kini mereka bisa bertemu dalam satu lokasi secara bersamaan dan serempak.
Puisi yang memiliki topik yang sama dengan teks berita di atas adalah ....

SOAL 9
Hujan kini mulai mereda
Setelah menggenang semua penjuru kota
Menghayutkan semua yang ada
Merendam atap-atap rumah warga
Hujan kemarin menggila
Meluapkan seluruh sungai dari delta
Hasil panen hanyalah sia-sia
Berharap terhenti banjir yang melanda
Teks berita yang sesuai dengan puisi di atas adalah ....

SOAL 10
Nusantara
Nusantara
Inilah negeri para dewa
Cantik pesonanya hingga penjuru dunia
Hutan-hutan yang kaya
Dengan aneka tumbuhan dan satwa
Menghasilkan oksigen untuk semua manusia
Menghidup semua makhluk di seluruh mayapada
(Reza S. Nugraha)
Teks berita yang sesuai dengan puisi di atas adalah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar