Contoh Soal Identifikasi Teks Editorial , Opiini

Contoh Soal Identifikasi Teks Editorial , OpiiniTeks editorial adalah artikel pokok pada surat kabar yang berisi pandangan redaksi terhadap suatu permasalahan yang sedang menjadi pembicaraan umum pada saat surat kabar tersebut diterbitkan. Pada teks editorial biasanya diungkapkan masalah yang aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan yang diungkapkan, harapan redaksi akan peran pembaca.

Contoh Soal Identifikasi Teks Editorial , Opiini


SOAL 1
Cermati kutipan teks editorial berikut ini!

Saatnya Memberi Bukti (Harian Mantap) Pekan lalu Pemerintah memaparkan rencana pembangunan lima tahun dengan memfokuskan pada manusia dan masyarakat. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang disusun oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, yang kini berada langsung di bawah Presiden, memprioritaskan pada swasembada beras, kedelai, jagung, gula, dan daging sapi, serta pembangunan infrastruktur, termasuk listrik, energi, dan kemaritiman.
Isi kutipan tajuk rencana tersebut adalah …

SOAL 2

Rasa Optimisme yang tinggi tersebut dipicu, antara lain, oleh ketersediaan dana pembangunan yang disisihkan dari penghapusan subsidi bahan bakar minyak. RPJMN ini merupakan upaya memenuhi janji kampanye Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sementara Bappenas mewujudkan rencana pembangunan ke dalam angka target, Presiden menegaskan pembangunan tetap berorientasi pada manusia dan mendengar dari pinggiran, 
Permasalahan yang diangkat pada kutipan teks editorial tersebut adalah .…

SOAL 3

Masyarakat berharap janji tersebut akan segera terwujud. Karena itu, target pertumbuhan ekonomi berdasarkan angka pemerintah dan Bank Indonesia memiliki kapasitas tumbuh 5,8 persen tahun 2015 harus diarahkan pada penciptaan lapangan kerja bermutu.
Ikhtisar kutipan paragraf editorial tersebut adalah ….

SOAL 4

Target sangat optimistis itu hanya dapat dicapai jika pemerintah melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk masyarakat. Oleh karena itu, penting pemerintah segera memberi bukti janji kampanye dan memanfaatkan modal sosial berupa dukungan masyarakat yang masih sangat tinggi saat ini. 
Kutipan editorial tersebut termasuk ke dalam bagian ….

SOAL 5

Kesiapan birokrasi dan kelembagaan menjadi tantangan cukup besar pada pelaksanaan di lapangan. Pemerintah harus mampu membangun rasa memiliki terhadap rencana pembangunan dengan merangkul semua pihak. Begitu pun dengan DPR, perlu dibangun komunikasi intensif. Pembangunan akan berhasil dan berkualitas apabila semua pihak sukarela berpartisipasi di dalamnya.
Simpulan editorial tersebut adalah ….

SOAL 6

Tarik -menarik urusan pedesaan Kementerian Dalam Negeri dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mulai memicu kekhawatiran. Salah satu bentuk kekhawatiran itu adalah terhambatnya pencairan dana desa yang seharusnya bisa dicairkan pada pertengahan tahun 2015. Namun, kekhawatiran tersebut ditepis Menteri Sekretaris Negara yang menjamin, pencairan dana desa tidak akan terganggu meskipun masih ada tarik-menarik kewenangan antara Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kementerian Desa).
Karakteristik yang dominan pada kutipan tajuk rencana tersebut adalah ….

SOAL 7

Begitu juga halnya dengan perdebatan interpretasi dasar hukum antara UU No 6/2014 tentang desa yang menjadi rujukan Kementerian Desa dan UU No 23/2014 tentang pemerintahan daerah yang menjadi rujukan Kementerian Dalam Negeri. Presiden harus bisa segera menyelesaikan perdebatan itu agar kedua kementerian bisa segera bekerja, bekerja, dan bekerja seperti beberapa kali dikatakan oleh Presiden.
Permasalahan yang dibahas pada penggalan editorial tersebut termasuk dalam bagian ….

SOAL 8
Selain tentang pencairan dana desa , perlu diingatkan pula pendampingan terhadap perangkat desa yang akan mengelola dana desa yang berjumlah besar. Harus dapat dikembangkan sistem transparan dan akuntabel yang bisa diakses publik. Sistem harus dibangun untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dana desa untuk kepentingan lain yang dapat mengakibatkan tidak tercapainya pembangunan desa. 
Simpulan kutipan teks editorial tersebut adalah ....

SOAL 9

Selain tentang pencairan dana desa , perlu diingatkan pula pendampingan terhadap perangkat desa yang akan mengelola dana desa yang berjumlah besar. Harus dapat dikembangkan sistem transparan dan akuntabel yang bisa diakses publik. Sistem harus dibangun untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dana desa untuk kepentingan lain yang dapat mengakibatkan tidak tercapainya pembangunan desa.
Tulisan kutipan teks editorial tersebut ditujukan kepada ….

SOAL 10
Kebakaran hutan kembali terjadi di Riau. Kebakaran yang menyebabkan kelayakan udara menurun drastis ini seperti menjadi rutinitas yang memaksa rakyat untuk hanya bersabar. Pemerintah setempat bertanggung jawab akan hal ini.
Cuplikan editorial di atas termasuk ke dalam bagian ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar