Contoh Soal Menyunting Bahasa Teks Editorial , Opini

Contoh Soal Menyunting Bahasa Teks Editorial , OpiniMenyunting adalah menyiapkan teks naskah agar siap diterbitkan dengan memperhatikan isi naskah, dan ketepatan bahasa. Berkaitan dengan ketepatan bahasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses penyuntingan. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.
1. Ejaan, penggunaan ejaan yang disempurnakan wajib digunakan dalam penulisan naskah. 
2. Diksi adalah pemilihan dan penggunaan kata yang sesuai dengan kondisi dan konteks. 
3. Penggunaan imbuhan, penggunaan imbuhan harus disesuaikan dengan bentuk dan pertalian makna. 
4. Penggunaan kata ulang (reduplikasi). 
5. Penggunaan kalimat lengkap.

Contoh Soal Menyunting Bahasa Teks Editorial , Opini


SOAL 1
Irma adalah anak yang pendiam. Sehari-hari ia hanya diurung di kamar. Irma dialami kekerasan yang menjadi disekolahnya. Pihak sekolah hanya dinyatakan permohonan maaf tanpa ada tindakan lain.
Penulisan imbuhan yang tepat pada kata-kata yang bercetak miring adalah .…

SOAL 2
Perhatikan kutipan paragraf di bawah ini.
Kasus kekerasan pada anak sudah warning bagi pemerintah. Pemerintah dan masyarakat harus lebih aware pada kasus-kasus kekerasan yang terjadi pada anak. Karena anak-anak merupakan asset negara yang menjadi generasi penerus bangsa.
Kata-kata yang penulisannya harus bercetak miring adalah .…

SOAL 3
Dalam riwayat kehidupannya, Irma mengalami masa-masa suram. Orang tuanya bercerai. Ia harus memilih tinggal bersama ayah dan ibunya. Sebenarnya ia tidak ingin kedua orang tuanya berpisah. Ia ingin ayah atau ibunya bersama lagi. Akan tetapi, ia hanya pasrah.
Penggunaan konjungsi yang benar pada kata-kata yang bercetak miring adalah .…

SOAL 4
Buruh berdemo lagi, dan jalan-jalan ditutup. Mereka menuntut sehingga pihak perusahaan tidak melakukan PHK. Pihak perusahaan mengaku berat, dan dolar tetap tidak turun. Biaya bahan baku meroket. Biaya operasional pun membengkak.
Penggunaan konjungsi yang benar pada kata-kata bercetak miring adalah .…

SOAL 5
Saat ini gubernur dki, ahok, sedang melakukan program kali bersih. Sungai-sungai di Jakarta dikembalikan fungsinya. Ada beberapa sungai yang terdapat di Jakarta, antara lain adalah sungai ciliwung, sungai pesanggrahan, dan sungai angke.
Penggunaan huruf besar yang tepat pada kata-kata bercetak miring adalah .…

SOAL 6
Orang tua harus memahami perkembangan anaknya dengan baik. Menjadi orang tua bukanlah perkara mudah. Kita harus rajin-rajin menggali informasi tentang perkembangan anak. Informasi tentang perkembangan anak dapat kita jumpai dari berbagai sumber. Salah satu sumbernya adalah buku Menjadi Orang Tua yang Baik. Buku tersebut telah diulas resensinya di harian Republika pada hari minggu kemarin.
Penggunaan kata-kata bercetak miring yang tepat adalah pada kata .…

SOAL 7
Perusahaan tidak mampu menaikkan gaji karyawan karena harga bahan baku meningkat tajam. Kenaikan harga dolar tidak masuk akal sehingga pengusaha harus memangkas pengeluaran. Gaji yang diterima oleh karyawan pun tidak dapat memberikan kesejahteraan dan tidak mampu melakukan apa-apa, kecuali menerima. Sungguh memprihatinkan nasib karyawan kecil tetapi mereka tidak mampu berbuat apa-apa.
Kalimat majemuk yang tidak memiliki kesejajaran unsur kalimat adalah .…

SOAL 8
Berikut ini kalimat yang tidak lengkap adalah .….

SOAL 9
Kalimat majemuk yang tidak memiliki kesejajaran unsur kalimat adalah .…

SOAL 10
Perekonomian di Indonesia saat ini sedang dalam masa memprihatinkan. Kondisi nilai mata uang terus melemah hingga di posisi Rp14.000,00. Hal itu berimbas pada iklim dunia usaha. Banyak perusahaan yang akhirnya memutuskan mem-PHK-kan karyawannya. Masyarakat sangat mengharapkan presiden Jokowi mampu mengeluarkan kebijakan yang akan memperbaiki keadaan.
Penulisan kata yang salah adalah .…
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar