Contoh Soal Menyunting Isi Teks Editorial , Opini

Contoh Soal Menyunting Isi Teks Editorial , Opini Menyunting artinya memperbaiki. Untuk dapat memperbaiki penulisan teks editorial/opini, kita harus mampu memahami hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya, baik itu pemahaman terhadap struktur teks maupun kaidah kebahasaan yang digunakan. 

Contoh Soal Menyunting Isi Teks Editorial , Opini


SOAL 1
Kalimat yang menerapkan konjungsi yang tepat adalah ….

SOAL 2
Ketidaksejajaran terdapat pada kalimat berikut, yaitu .…

SOAL 3
Berikut ini yang termasuk kalimat opini adalah .…

SOAL 4
(1)Seorang guru seharusnya tidak hanya harus mampu membuat anak mampu menjawab suatu pertanyaan. (2)Guru juga harus mampu membuat anak didiknya berpikir kritis dan kreatif. (3)Banyak guru Indonesia yang hanya mampu mencetak anak yang mampu menjawab pertanyaan, tetapi gagal menumbuhkan sikap kreatif. (4) Pendidikan tidak melulu terkait kognitif. (5) kreativitas juga adalah hal yang dibutuhkan dalam keberhasilan pendidikan.
Kalimat kompleks pada teks di atas terdapat pada kalimat .…

SOAL 5
(1) Dengan jarak 150 km antara Jakarta – Bandung, fungsi kereta cepat tidak akan terlalu efektif dan hanya membuang biaya. Kereta jenis ini seharusnya ditujukan untuk jarak yang cukup jauh, misalnya, di Jepang antara Tokyo dan Osaka.
(2) Pembangunan kereta cepat Jakarta – Bandung mengalami masalah tarik ulur kepentingan. Masalah ini seharusnya tidak akan menjadi larut apabila pemerintah memahami hal prioritas yang perlu dilakukan dalam hal peningkatan infrastruktur. Proyek ini tidak harus dipaksakan.
(3) Berdasarkan pertimbangan tersebut, sudah seharusnya pemerintah membatalkan proyek kereta cepat Jakarta – Bandung dan lebih mementingkan pembangunan infrastruktur perbaikan jalan dan pembenahan sistem transportasi yang sudah ada.
(4) Untuk Indonesia, proyek ini cocok untuk menghubungkan Jakarta – Surabaya. Selain itu, pendeknya jarak juga membuat kereta tidak mampu mengakselerasikan kecepatan maksimalnya sehingga tidak akan membedakannya dengan kereta sedang.
Urutan yang tepat agar teks di atas memiliki struktur teks editorial adalah .…

SOAL 6
Sindikat narkoba kini tidak hanya mengincar kalangan remaja, tetapi juga mengincar pangsa pasar baru, yaitu anak-anak. Berbeda dengan anak remaja yang sudah dapat membeli barang haram tersebut dengan uang saku, sindikat narkoba justru mengincar anak-anak untuk dijadikan aset jangka panjang. […,]Bermacam cara dilakukan sindikat agar dapat menarik minat pemakai atau mengelabui korban, seperti memodifikasi barang haram tersebut menjadi bentuk yang berbeda. Sebagai contoh, aparat pernah menemukan ganja yang dimodifikasi sebagai makanan camilan. Hal ini dinilainya adalah upaya konkret untuk mencari pangsa pasar baru.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada teks di atas adalah ….

SOAL 7
Para pelajar yang menjadi incaran pengedar mulanya ditawari ganja terlebih dahulu. Ganja menjadi pilihan disebabkan karena harga yang terjangkau di kalangan pelajar. Sindikat juga menyesuaikan harga dan kualitas produk dengan kondisi ekonomi konsumennya, lalu dilanjutkan ke level yang lebih tinggi seperti sabu ketika korban merasa puas.
Perbaikan yang tepat kalimat di atas agar berstruktur baku adalah .…

SOAL 8
Politik dikatakan sebagai seni dalam memperoleh dan mengelola kekuasaan. Karena terkait dengan kekuasaan dan kekuasaan lebih cenderung korup, politik harus mengandung etika. Fungsi etika politik ini adalah untuk mencegah atau setidaknya mengurangi mereka yang terlibat di dalam politik memperoleh dan menggunakan kekuasaan secara serampangan. Akan tetapi, di negara ini, di lembaga parlemen utamanya, etika politik pimpinannya justru sedang mendapat sorotan tajam.
      Oleh karena itu, langkah yang dilakukan sudah tepat jika MKD DPR memutuskan memproses kasus ketua parlemen jika dianggap melanggar kode etik politik tersebut. Majelis kehormatan dapat meminta klarifikasi serta memutuskan secara proporsional dan profesional apakah ada pelanggaran etika atau tidak.Jika ada, MKD harus memberikan sanksi tegas sesuai dengan aturan. Namun jika tidak, majelis kehormatan dapat memulihkan nama tokoh yang bersangkutan.
Struktur yang tidak terdapat pada teks di atas adalah .…

SOAL 9
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
• Sebanyak 6 dari 10 ibu memilih berganti atau berhenti dari pekerjaan atas alasan mengurus buah hati. 
• Setidaknya 4 dari 10 ayah memutuskan berhenti atau berganti pekerjaan atas alasaan mengurus buah hati
Bentuk yang tepat agar kalimat-kalimat di atas menjadi kalimat kompleks yang baik adalah ….

SOAL 10
(1)Kepolisian selalu bisa memberikan data mengenai penindakan terhadap para pembakar hutan. (2)Tahun ini saja polisi sudah menangani 29 kasus pembakaran hutan di wilayah Sumatera. (3)Kepolisian Daerah Riau, misalnya, hingga bulan lalu telah menetapkan 28 tersangka kasus pembakaran hutan. (4)Tahun lalu pun tindakan serupa telah dilakukan.
(5)Yang menjadi permasalahan adalah mengapa pelaku pembakaran seakan tak pernah jera? (6)Jawabannya mungkin terletak pada kualitas penindakan. (7) Hukumannya yang diterapkan tidak terlalu berat. (8)Terlebih lagi, tersangka yang ditangkap umumnya adalah pelaku di lapangan. . (9)Sementara itu, pemilik perusahaan yang menjadi pelaku pembakaran dibiarkan melenggang. (10)Inilah yang membuat mereka tak pernah jera.
Kalimat fakta pada teks di atas ada pada kalimat .…
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar