Contoh Soal Analisis Bahasa Teks Editorial , Opini

Contoh Soal Analisis Bahasa Teks Editorial , OpiniAda banyak kaidah kebahasaan yang digunakan dalam membuat teks makro, termasuk teks editorial. Berikut adalah uraian beberapa kaidah kebahasaan yang kita temukan dalam teks editorial.
1. Adverbia frekuentatif dan Modalitas
Adverbia frekuentatif adalah adverbia yang mempertegas ekspresi kepastian. Dalam tradisi struktru fungsional linguistik (SFL), hal ini sering juga disebut modalitas. Contoh adverbia frekuentatif adalah selalu, biasanya, sering, kadang-kadang, jarang, dan kerap.
2. Konjungsi
Konjungsi yang digunakan pada teks editorial adalah konjungsi eksternal temporal, konjungsi internal penegasan, dan konjungsi kausalitas/sebab-akibat. Berikut adalah contoh ketiga konjungsi tersebut.

3. Verba/kata kerja
Verba dalam linguistik struktural harus dianalisis berdasarkan struktur klausa. Hal ini disebabkan skema informasi diterapkan pada tataran klausa. Kita tidak bisa menerapkan verba hanya pada tataran jenis kata semata. Halliday membagi verba menjadi enam jenis proses: material, tingkah laku (behavioural), verbal, mental, relasional, dan eksistensional. Dalam teks editorial, terdapat tiga jenis proses verba, yaitu material, mental, dan relasional.
Contoh Soal Analisis Bahasa Teks Editorial , Opini

SOAL 1
Seleksi calon pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi sudah seharusnya tidak didasarkan pada asas keterwakilan. Jika ada pandangan bahwa KPK harus dipimpin pejabat yang mewakili kejaksaan dan kepolisian, ini bisa menggelincirkan. Ada maksud yang terselubung ketika beberapa pihak mencoba menjadikan KPK periode mendatang sebagai ajang "mendamaikan" polisi, jaksa, dan KPK. Tujuan utama perjuangan KPK pastinya adalah memerangi korupsi. Oleh karena itu, Komisi niscaya harus dipimpin oleh mereka yang memiliki semangat memberantas korupsi dan bukan kandidat yang lembek dan menjadi negosiator dengan para koruptor.
Modalitas yang terdapat pada teks di atas adalah sebagai berikut, kecuali .…

SOAL 2
Gaya hidup bersepeda di Inggris ternyata mampu memberikan keuntungan perekonomian di sana sebesar 3 miliar poundsterling dalam hal pariwisata. Dalam hal dana pengeluaran kesehatan masyarakat, negara itu mampu menghemat 52 juta poundsterling. Dalam hal pengeluaran yang lain seperti transportasi, negara dapat menghemat 200 juta poundsterling. Dengan keuntungan yang banyak semacam itu, pemerintah Indonesia seharusnya mengeluarkan kebijakan yang dapat meningkatkan pengguna gaya hidup ini. Sebagai contoh, pemerintah bisa memperbanyak jalur transportasi khusus sepeda.
Verba material yang terdapat pada teks di atas adalah .…

SOAL 3
Berikut ini kalimat yang mengandung verba relasional adalah ….

SOAL 4
Menambah jumlah negara sahabat yang diberi fasilitas bebas visa memang sangat menarik dan menguntungkan karena dengan kebijakan ini, diharapkan jumlah wisatawan mancanegara yang berplesiran ke Indonesia semakin meningkat. Akan tetapi, tanpa diikuti oleh peningkatan industri wisata, jangan harap peningkatan jumlah wisatawan akan terwujud. Salah satu cara meningkatkan industri pariwisata adalah dengan perbaikan infrastruktur.
Jumlah konjungsi yang digunakan pada teks tersebut adalah ….

SOAL 5
(1)Pola hidup sederhana dan sehat sangat menguntungkan. (2)Bagaimana tidak? (3)Kesederhanaan membuat hidup lebih hemat dan kesehatan membuat hidup lebih bergairah dan produktif. (4)Selain itu, pola hidup hemat menandakan manusia mampu mengendalikan nafsu duniawi. (5)Banyak pengusaha yang sukses beralih ke pola hidup sederhana. (6) Salah satu alasannya adalah bahwa hidup mewah belum tentu memeri kebahagiaan.
Konjungsi eksternal yang digunakan pada teks di atas terdapat pada kalimat .…

SOAL 6
(1)Kesadaran akan kebersihan masih menjadi PR bagi masyarakat. (2)Terutama kesadaran membuang sampah pada tempatnya. (3)Menanamkan kesadaran itu harus sejak kecil. (4)Dengan demikian, kesadaran akan kebersihan bisa menjadi karakter. (5)Akan tetapi, seperti biasanya sulit bagi masyarakat untuk berbudaya bersih jika dilakukan secara individu. (6) Pasalnya, terkadang hadir rasa lelah ketika seseorang sudah berusaha membiasakan diri hidup bersih sementara lingkungan sekelilingnya kembali membuat kotor lingkungan.
Adverbia frekuentatif pada teks di atas ditemukan pada kalimat .…

SOAL 7
Apa pun solusi yang dikemukakan oleh pemerintah RI, memang sulit bagi Indonesia untuk keluar dari masalah yang ada karena kondisi itu terkait dengan persoalan yang cukup mendasar. Rasanya, jika melihat penyebab depresiasi rupiah, secara umum hal ini disebabkan oleh ketidakmandirian Indonesia dan ketergantungan rupiah terhadap dolar AS. Ketika ekonomi AS relatif membaik dan The Fed melakukan pemotongan stimulus, dolar kembali ke AS. Hal ini tentu membuat semua mata uang dunia, termasuk rupiah, menjadi terpuruk.
Berikut ini adalah tabel yang tepat penggunaan modalitas pada teks tersebut 
.…

SOAL 8
Verba mental terdapat pada kalimat berikut, yaitu ....

SOAL 9
Kebijakan kebanyakan negara berkembang yang kita lihat saat ini merupakan kebijakan pembangunan yang kapitalis. Negara bersekutu dengan kaum kapitalis dengan tujuan mengambil keuntungan dengan dalih pembangunan. Padahal, rakyat menjadi korban. Contoh besarnya adalah pembangunan daerah pantai. Kawasan ini biasanya memiliki cagar alam hutan mangrove. Akibatnya, kondisi lingkungan semakin rusak.
Kalimat yang tidak mengandung verba relasional, baik identifikasi maupun atribut, adalah kalimat ....

SOAL 10
Berikut ini yang bukan unsur-unsur kaidah kebahasaan teks editorial/opini adalah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar