Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Editorial

Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Editorialeks editorial akan selalu berhubungan dengan isu yang sedang hangat dibicarakan dalam masyarakat. Isu tersebut menjadi perhatian utama untuk publik. Melalui isu itu pula, kita dapat melihat sudut pandang yang berbeda dan solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan suatu masalah. 
      Isu dalam teks editorial dipilih oleh pihak media karena editorial menjadi salah satu bentuk sikap media terhadap publik. Walaupun teks editorial ini ditulis oleh pihak redaksi tetapi sebagai wawasan dan cara untuk melatih kemampuan menulis, kita perlu mempelajarinya. Selain itu, kita juga menjadi paham bahwa media massa tidak hanya menginformasikan tentang berita saja tetapi juga media massa perlu menyatakan pandangannya terhadap berbagai hal yang terjadi dalam masyarakat. 
      Adapun langkah-langkah menulis teks editorial dapat dilakukan dengan cara memilih (selecting), mengumpulkan (collecting), mengaitkan (connecting), dan memperbaiki (correcting) yang dijelaskan sebagai berikut ini. 
1. Memilih topik 
Pemilihan topik menjadi langkah pertama dalam penulisan teks editorial. Pemilihan topik berkaitan dengan isu yang akan menjadi dasar penulisan editorial. Isu yang akan diangkat perlu dipertimbangkan dan hal ini sesuai dengan kebijakan kita sebagai penulis dan pihak redaksi media. Selain itu, pilihlah isu dengan topik yang menarik minat baca masyarakat dan berhubungan dengan kepentingan masyarakat luas seperti tentang kekeringan yang dialami oleh berbagai daerah di Indonesia, kenaikan harga BBM, pembentukan kabinet dalam pemerintahan, dan sebagainya. 
2. Mengumpulkan data 
Opini yang ditulis dalam editorial perlu disertai dengan data pendukung berupa fakta yang berkaitan dengan isu yang ditulis dalam editorial. Data pendukung tersebut dapat menjadi penguat opini dan memberikan penilaian yang objektif terhadap editorial yang kita tulis. Jadi, isi tulisan tidak hanya sekadar opini saja. Selain itu, teori dan pendapat ahli pun perlu dipaparkan agar pendapat yang kita tulis lebih berbobot. 
3. Mengaitkan bagian-bagian editorial dan mengembangkannya 
Penyusunan editorial dapat dirembukkan dengan anggota redaksi. Rembukan tersebut perlu dilakukan agar dapat menghubungkan antara isu atau topik yang ditulis dengan sikap media. Tidak hanya isu yang perlu disepakati bersama tetapi juga detail dan contoh yang akan diungkapkan dalam editorial tersebut. Setelah itu, diskusikan pula tentang opini yang akan disampaikan dan solusi yang akan diberikan dalam editorial. Lalu, kembangkanlah teks editorial dengan memperhatikan hal-hal yang sudah didiskusikan tersebut. 
4. Memperbaiki isi teks editorial termasuk isi dan kaidah kebahasaannya
Perbaikilah secara menyeluruh hasil tulisan yang telah ditulis. Editorial tersebut harus berisi kejelasan dan disampaikan dengan akurat serta tidak menyerang pihak lain. Selain itu, penyampaian opini dalam editorial tidak terkesan mengajari kepada pembaca. 
Paragraf disusun dengan menggunakan kalimat yang efektif dan kata-kata yang lugas. Penggunaan contoh dan ilustrasi akan sangat bermanfaat. Apalagi jika tulisan disertai dengan kutipan yang memiliki nilai untuk menguatkan opini yang akan ditulis dan hal yang penting adalah menyampaikan opini dengan jujur dan akurat.

Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Editorial


SOAL 1
Penolakan pemerintah menurunkan harga BBM lebih dilandasi oleh arah harga minyak mentah yang belum jelas. Jika pemerintah terlalu cepat menurunkan, maka mereka bisa saja dipaksa untuk menaikkan lagi karena dalam beberapa bulan ke depan harga minyak kembali naik. 
      Mengapa harga BBM harus naik setiap kali harga minyak mentah naik? Pertanyaan ini akan dijawab dengan pernyataan ”demi kondisi ekonomi”. Namun, harga BBM sulit turun ketika harga minyak mentah turun. Mereka begitu cepat mengatakan untuk tidak menurunkan harga tetapi ketika menaikkan harga mereka memaksa rakyat untuk memahami dan menerima kesulitan yang dihadapi negara. Akhirnya, rakyat pun mengangguk setuju karena tidak ada pilihan lain.
Isu yang dibicarakan dalam cuplikan tersebut adalah ....

SOAL 2
Bacalah teks berikut ini dengan cermat.
Kita berharap menteri baru akan memberikan harapan yang baru bagi Indonesia yang saat ini sedang dilanda berbagai masalah. Masalah utama yang kini dihadapi Indonesia adalah masalah ekonomi. Kenaikan harga daging sapi dan daging ayam pun menjadi tidak terkendali. Begitu pula dengan kebutuhan pangan lainnya yang semakin tinggi. Ancaman pemutusan kerja karena semakin melemahnya perekonomian nasional membuat banyak pabrik bangkrut. Apalagi nilai rupiah semakin melemah karena rendahnya kepercayaan pasar.
Opini dalam teks editorial tersebut adalah ....

SOAL 3
Bacalah teks berikut ini dengan cermat.
Semua kapal asing yang hendak melaut di perairan Indonesia wajib bermitra dengan industri perikanan lokal. Hubungan mitra tersebut dapat dilakukan dengan membangun pangkalan ikan dan berbagi investasi dengan industri ikan domestik. Jadi, kapal asing yang hendak mengurus surat izin penangkapan ikan harus menunjukkan unit pangkalan ikan yang akan dijadikan mitra. 
      Hal tersebut menjadi peluang untuk kapal asing sekaligus mendorong pertumbuhan industri perikanan lokal. Walaupun begitu pemerintah tetap perlu menjaga keamanan laut dari pencurian ikan yang dilakukan oleh kapal asing yang tidak memiliki izin. Oleh karena itu, Departemen Kelautan dan Perikanan mengajak kepolisian serta Angkatan Laut untuk mencegah hal tersebut. Alangkah baiknya, jika kerja sama pun diarahkan untuk memperlancar industri perikanan dengan menjamin kebutuhan bahan bakar nelayan agar dapat menangkap ikan lebih banyak. Jika banyak nelayan yang melaut, maka tim patroli bisa mengajak nelayan untuk menangkal kapal asing yang mencoba menjarah isi laut negeri ini.
Opini dalam teks editorial tersebut adalah ....

SOAL 4
Bacalah teks berikut ini dengan saksama.
Hampir setiap tahun media massa memberitakan kasus pungli di sekolah-sekolah negeri yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah. Pungli ini dilakukan dengan dalih karena siswa sudah diterima melalui tes atau lolos seleksi nilai ujian. Pihak sekolah mendapatkan setoran ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Sekolah pun berani menjual ”bangku” sekolah kepada siswa yang tidak lolos atau memiliki nilai rendah. 
      Walaupun kabar tersebut sudah sering terdengar tetapi masih belum ada sanksi untuk pelaku pungli di sekolah. Otoritas pendidikan dan aparat penegak hukum seolah-olah tidak peduli dengan pemberitaan tersebut. Baru pada tahun inilah, kita mendapatkan respon positif dari pejabat yang berwenang. Pihak Mendiknas menyatakan bahwa kepsek yang melakukan pungli akan ditunda kenaikan pangkatnya bahkan dipecat dari jabatannya. Pejabat Kejaksaan Tinggi di daerah memberikan respon yang baik menanggapi instruksi dari Kejaksaan Agung untuk memantau penerimaan siswa baru dan akan melakukan tindakan tegas jika ditemukan pungutan di luar ketentuan.
Isi teks editorial tersebut adalah ....

SOAL 5
Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menulis teks editorial, kecuali ....

SOAL 6
Bacalah teks berikut ini dengan saksama.
Komisi Pemberantasan Korupsi mengambil langkah tegas dengan menahan siapa pun yang diduga melakukan tindakan korupsi. Siapa pun yang terlibat dan ada bukti secara hukum akan diperlakukansama. Langkah KPK dalam pemberantasan korupsi dilakukan berdasarkan undang-undang dan diberikan kewenangan yang lebih yakni dapat menyadap pembicaraan di telepon. 
      Pencegahan korupsi dapat dilakukan dengan reformasi birokrasi, penanaman nilai untuk tidak melakukan korupsi, dan memberikan hukuman yang memberikan efek jera terhadap koruptor. Ketiga hal itu perlu dilakukan secara bertahap dan nyata karena pemberantasan korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa merugikan negara dan rakyat.
Penggalan teks editorial tersebut mengemukakan hal-hal berikut ini, kecuali ....

SOAL 7
Bacalah teks berikut ini dengan saksama.
Perombakan kabinet seharusnya bermuara pada strategi presiden dalam membentuk kabinetnya. Kabinet yang dibentuk idealnya dapat merefleksikan strategi politik dan kebijakan presiden. Perombakan sah-sah saja asal karena kebutuhan bukan hanya karena desakan publik atau politik terutama dalam mengakomodasi kepentingan partai tertentu. Presiden sebelumnya saja perlu merombak kabinetnya hingga lima kali.
Isu yang diungkapkan dalam penggalan teks editorial tersebut adalah ....

SOAL 8
Bacalah teks berikut ini dengan cermat.
Pada catatan akhir tahun ini lembaga penegak hukum dinyatakan belum berfungsi dengan baik. Hal itu terlihat semakin banyaknya kasus hukum yang belum dan tidak selesai dengan benar. Hukum sudah sulit ditegakkan dan hanya menjadi permainan bagi orang yang banyak memiliki uang. Penegakan hukum ini perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh agar tidak ada lagi ketidakadilan dalam hukum.
Fakta umum dalam penggalan teks editorial tersebut adalah ....

SOAL 9
Pernyataan yang berisi solusi terhadap isu adalah ....

SOAL 10
Bacalah teks berikut ini dengan cermat.
Kenaikan harga beras seharusnya menjadi awal dari langkah kita untuk benar-benar melepaskan ketergantungan pada bahan pangan impor terutama beras. Kita sebagai negara agraris tidak memiliki pilihan lain kecuali mengamankan produksi dan stok beras dalam negeri. Produksi beras dapat ditingkatkan dengan perluasan areal panen dan peningkatan produktivitas per satuan lahan. Selain itu, kerja sama dengan pemerintah daerah yang berpotensi untuk produksi tinggi dapat memperkuat upaya peningkatan produksi.
Hal yang disampaikan penulis editorial tersebut berupa ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar