Contoh Soal Menulis Teks Editorial

Contoh Soal Menulis Teks Editorial Menulis teks editorial tentu perlu memperhatikan langkah-langkah penulisan yang benar. Langkah-langkah penulisan teks editorial sudah dijelaskan pada pembahasantopik sebelumnya. Langkah-langkah tersebut perlu diingat kembali agar kita mudah dalam menulis editorial. Menulis teks editorial tidak hanya memahami langkah-langkah penulisan saja tetapi juga perlu memiliki referensi tentang editorial. Referensi tersebut dapat berupa contoh atau buku materi yang membahas tentang editorial.

penulis perlu memperhatikan tiga tujuan editorial yaitu sebagai berikut. 
1. Penjelasan dalam editorial bukan berupa penekanan terhadap pengalaman atau penilaian seseorang tetapi pada penyajian fakta dan gagasan yang objektif tanpa prasangka. 
2. Menyakinkan pembaca dengan cara yang persuasif. 
3. Melakukan penilaian terhadap peristiwa yang terjadi dengan jelas dan meyakinkan.

Contoh Soal Menulis Teks Editorial


SOAL 1
Bacalah teks berikut dengan cermat.
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur tidak bisa berbuat apa-apa setelah banjir menerjang wilayah aliran Bengawan Solo selama sepekan ini. Pejabat di Dinas Pekerjaan Umum Jawa Timur mengingatkan bahwa Bengawan Solo bersama anak sungainya masih bisa menimbulkan banjir besar seperti yang penah terjadi pada 1966. Penyataan ini disampaikan lima belas tahun lalu dan selama itu tidak ada antisipasi yang dilakukan. Pada akhirnya, pelajaran mahal harus ditebus oleh pemerintah dengan melakukan tindakan secepat mungkin. Apalagi banyak korban jiwa akibat dari banjir ini.
Isu yang dibahas dalam teks editorial tersebut adalah ....

SOAL 2
Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan teks editorial, kecuali ....

SOAL 3
Bacalah teks berikut dengan saksama.
Rakyat tidak boleh dipersulit. Rakyat harus mendapatkan hak yang semestinya. Kita sudah tidak lagi ingin mendengar ketidakadilan warga negara yang hak-haknya terabaikan karena UU tidak dilaksanakan dengan semestinya. Sosialisasi yang kurang dalam pelaksanaan undang-undang tidak seharusnya dijadikan alasan karena warga negara sudah banyak dirugikan.
Opini yang ditulis dalam teks editorial tersebut ditujukan kepada ....

SOAL 4
Bacalah teks berikut ini dengan saksama.
Kenaikan harga minyak yang tinggi saat ini sungguh membuat repot. Kita harus mulai belajar bahwa konversi minyak ke sumber energi lain sangatlah penting. Penghematan pemakaian energi juga sama pentingnya sehingga kita tidak menjadi bangsa yang boros energi. Jika kita dapat menghemat energi, melakukan konversi dengan baik, maka ketika harga minyak terus naik, kita tidak akan repot.
Sikap penulis dalam teks editorial tersebut adalah ....

SOAL 5
Bacalah teks berikut ini dengan saksama.
(1) Saat ini, kita sedang menghadapi banyak persoalan bangsa (2) Persoalan bangsa tersebut meliputi keadaan wilayah Indonesia yang terus mengalami kekeringan, harga daging sapi dan daging ayam yang terus mengalami kenaikan, dan masalah perekonomian nasional yang ditandai dengan melemahnya nilai rupiah (3) Berdasarkan Badan Pusat Statistik pertumbuhan ekonomi kuartal II 2015 sebesar 4,67% yang melambat dari periode yang sama tahun lalu, yang mencapai 5,12% (4) Selain itu, tingkat pengangguran meningkat 300.000 orang menjadi 7,45 juta (5) Pemerintah benar-benar memiliki banyak pekerjaan rumah yang berat dan semoga menteri baru saat ini dapat memberikan harapan baru. 
Fakta dalam penggalan teks editorial tersebut ditandai dengan nomor ....

SOAL 6
Contoh peristiwa yang layak untuk diangkat ke dalam editorial adalah ...

SOAL 7
Bacalah teks berikut dengan cermat.
Aksi penculikan anak menjadi masalah kriminal yang harus segera diantisipasi. Kita perlu pencegahan yang salah satunya dapat dilakukan dengan mengintensifkan komunikasi antara orangtua dan anak serta komunikasi antara guru dan anak. Keberadaan dan kondisi anak perlu diperhatikan baik di sekolah maupun di rumah karena aksi penculikan sering terjadi ketika anak pulang dari sekolah.
Kesimpulan dari isi teks editorial tersebut adalah ....

SOAL 8
Bacalah paragraf berikut ini dengan saksama.
Kondisi perpajakan Indonesia masih belum memuaskan. Lima tahun terakhir ini pemerintah tidak pernah mencapai target penerimaan pajak di APBN. Hal itu dilihat dari nisbah penerimaan pajak terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) masih berkisar 12-13% atau hanya naik 0,1% dalam rentang 2004-2014.
Fakta yang ada dalam penggalan teks editorial tersebut adalah ....

SOAL 9
Kalimat yang berupa opini adalah ....

SOAL 10
Bacalah teks berikut ini dengan cermat.
(1) Pendidikan menjadi dasar penting untuk kehidupan (2) Pendidikan pun diharapkan dapat menjadi cara untuk membuat keadaan seseorang jauh lebih baik seperti yang diinginkan oleh anak-anak di Desa Hayumukti (3) Anak-anak di desa terpencil itu ingin sekali bersekolah (4) Akan tetapi, sekolah di desa tidak memadai, anak-anak pun harus sekolah ke kota (5) Kini, sudah ada beberapa anak yang tinggal di kota dan terpaksa berpisah dengan orangtuanya untuk mendapatkan pendidikan.
Masalah yang pro dan kontra ditandai oleh nomor ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar