Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Novel

Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Novel Nah, pada topik ini, kita akan mengupas langkah-langah menulis novel. Langkah-langkah ini bisa kalian praktikkan untuk membuat novel kalian sendiri.
1. Mencari ide
Langkah pertama dan utama adalah mencari ide. Banyak yang bingung bagaimana cara menghadirkan ide untuk novel kita padahal ide bisa datang darimana saja tanpa kita duga. Kuncinya hanya satu, kita peka terhadap sekeliling kita. Mulailah dari lingkungan terdekat kita. Hal ini bisa dari teman, kedaan sekolah, berita TV, peristiwa perjalanan, atau imajinasi dari lagu tertentu. 
      Ide akan mengantarkan kita pada genre novel apa yang akan kita buat. Genre novel berdasarkan tipenya adalah romance, science fiction, horor,thriller, misteri, komedi, dan inspirasi.
2. Tentukan unsur-unsur instrinsik
Menentukan unsur-unsur intrinsik bisa dengan cara membuat tabel atau skema.
Contoh
      Pelajarilah bagian-bagian ini dari novel-novel yang sudah ada. Ambillah beberapa novel yang kalian sukai dan bedahlah novel-novel itu seperti tabel di atas. Dengan demikian, kalian akan melihat hal apa saja yang biasa dijadikan orientasi, komplikasi, atau koda dalam novel-novel terkenal itu.
3. Observasi untuk menunjang unsur dan struktur novel kita
Observasi bisa dilakukan dengan cara membaca, melihat film dokumenter, atau mengunjungi tempat-tempat yang akan kita jadikan setting novel kita. Hal yang penting lainnya adalah mendokumentasikan segala hal yang akan memberikan inspirasi saat ita menulis novel kita. Misalnya, kalian memotret pantai yang akan dijadikan salah satu setting dalam novel kalian. Dengan adanya foto itu, kalian akan lebih mudah mendeskripsikannya dalm kata-kata.
4. Mulailah menulis
Inilah langkah paling inti dalam menulis novel. Mulailah segera menulis. Menulis novel membutuhkan tekad yang kuat. Jadi, mulailah menulis secepat mungkin di saat ide datang.
5. Minta seseorang menjadi pengawal tulisan kalian
Mintalah seseorang menjadi pembaca pertama bab demi bab tulisan kalian. Hal ini akan memberi kalian semangat untuk terus menyelesaikan novel kalian.
6. Suntinglah saat novel sudah selesai sebagai novel yang utuh
Jangan menyunting ketika novel belum selesai. Hal ini bisa menjadikan semangat kalian kendur, apalagi jika hasil suntingannya membuat novel kalian seperti tidak bagus sama sekali. Suntinglah novel ketika sudah jadi.
7. Perbaiki hasil suntingan dan publikasikan
Hal terakhir ini akan memberikan banyak manfaat, terutama untuk meningkatkan kemampuan menulis kalian. Jangan takut diberikan kritik atau saran dari orang lain. Hal itu akan membuat kalian menjadi semakin mahir menulis.

Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Novel

SOAL 1
Seseorang ingin membuat novel yang bisa memberikan banyak pelajaran bagi pembacanya mengenai moral. Genre novel yang dibuat adalah ….

SOAL 2
Kalian melihat acara sebuah TV yang memiliki rating penonton yang tinggi berjudul Cinta Suci Amara. Lalu, kalian ingin membuat novel yang menghibur yang berisi kisah-kisah sebaliknya dari film itu. Kisah-kisah yang berisi kritik atas kisah-kisah dalam acara TV tersebut. Judul yang paling tepat adalah ….

SOAL 3
Aku bergeser ke mbok satu lagi. Setelah menerima kupon makanku hari ini, dia mengail-ngail wajan besar dan mengangkat sebongkah daging semur dan menumpuknya di atas nasiku. Gelas plastik merah aku sorongkan. Dia mencurahkan susu cokelat encer sampai berlimbak-limbak.
(Negeri 5 Menara, A fuadi)
Berdasarkan penggalan cerita di atas, latar yang digambarkan adalah ....

SOAL 4
Perhatikan urutan kerangka cerita berikut ini.
(1) Awan pekat menaungi Riau dalam beberapa bulan terakhir.
(2)Dialah Rani, yang gemar melakukan percobaan di lab ayahnya.
(3) Rani menemukan formula membuka lahan tanpa pembakaran.
(4) Rani sedih karena hewan piaraannya mati karena kabut asap.
(5) Rani sangat mencintai Riau.
Bagian yang bisa dijadikan bagian resolusi dalam novel yang bertema penyelesaian kabut asap adalah ….

SOAL 5
Seseorang akan membuat novel misteri. Hal-hal yang mungkin dijadikan bahan observasi adalah kecuali ....

SOAL 6
Jika seseorang akan membuat novel bertema penjuangan seorang remaja yang buta dalam mengarungi hidupnya, observasi yang mendukung adalah, kecuali ...

SOAL 7
Seperti impian diam-diamku selalu, hujan pertama jatuh tepat pada 23 Oktober sore, pada hari kudapatkan lagi A ling dan ayahku. Hujan membasahiku. Kurentangkan kedua tangan lebar-lebar. Aku menengadah dan kepada langit kukatakan: Ini aku! Putra ayahku! Berikan padaku sesuatu yang besar untuk kutaklukan! Beri aku mimpi-mimpi yang tak mungkin karena aku belum menyerah! Tak kan pernah menyerah. Takkan pernah!
(Padang Bulan, Andrea Hirata)
Penggalan teks di atas pantas berada pada bagian ....

SOAL 8
Berikut adalah langkah yang mendukung dalam memperkuat penokohan dalam novel yang akan dibuat, kecuali ....

SOAL 9
Perhatikan penggalan teks novel berikut.
Kalau makanan, nah, ini dia, susahnya jadi vampir. pffiuh, dari mulai breakfast, lunch, dinner, snack, softdrink, sampai ke menu dietnya satu:Darah! Vampir-vampir zaman dulu sih enak, ngisepin darah manusia yang masih sehat-sehat. Beda banget sikonnya dengan zaman sekarang, susah cari darah yang steril dan mutu terjamin! Apalagi buat gue dan klan Ngeden yang tinggal di Indonesia, serba susah, serba salah! Di kampung-kampung yang tersedia cuma darah-darah orang miskin, yang kalau nggak menderita gizi buruk, darahnya mengandung bibit kutil ganas! Ogah gue jadi vampir kutilan! Darah manusia orang kota kayak di Jakarta lebih nggak terjamin lagi, Bro, ada yang terjangkit HIV AIDS, virus Sapi Gila, Flu Burung, formalin, melamin, ditambah lagi udara berpolusi yang sudah melewati ambang batas!
(Toilet, Kalau Vampir Kebelet Gaul, karya Endang Rukmana)
Pernyataan yang benar berkaitan dengan penggalan novel di atas adalah ....

SOAL 10
Papan kedua. Aziz lebih percaya diri. Ia membuka dengan pembukaan Inggris yang anggun, tapi mengandung maut. Maryamah melangkahkan sebutir pion penuh ragu. Aizi langsung mengganas. Perempuan itu malah kembali melakukan kesalahan yang sama pseperti tadi. Mekarlah hidung Aziz melihat lawannya tak belajar sedikitpun dari kebodohannya di papan pertama tadi.
(Cinta di Dalam Gelas, Andrea Hirata)

Penggalan teks di atas tepat berada dalam bagian ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar