Contoh Soal Ciri bahasa teks prosedur kompleks

Contoh Soal Ciri bahasa teks prosedur komplekseks prosedur kompleks umumnya berisi petunjuk untuk melakukan sesuatu. Petunjuk- petunjuk ini biasanya diungkapkan dalam kalimat- kalimat imperatif atau kalimat perintah. Kalimat perintah memberi kesan lebih tegas dan lugas. Penggunaan kalimat perintah otomatis menggunakan kata- kata yang menyatakan perintah, larangan, maupun kata- kata yang menyatakan keharusan. Misalnya kata ambillah, tutuplah, bacalah, isilah, tidak, jaga, harus. Teks prosedur kompleks berupa rangkaian petunjuk untuk melakukan sesuatu. Dalam teks prosedur diperlukan juga kata penghubung untuk merangkai petunjuk- petunjuk tersebut, misalnya lalu, kemudian, setelah itu, dan. Di samping itu pula diperlukan beberapa kata penghubung sebagai penanda waktu, seperti satu jam, beberapa menit, sebentar. Selain itu, pilihan kata dalam teks prosedur kompleks harus kata-kata yang bermakna lugas, baku, informatif dan tidak bias.

Contoh Soal Ciri bahasa teks prosedur kompleks


SOAL 1
Baca dengan cermat kutipan berikut!
Rebuslah air bersih secukupnya sampai mendidih. Setelah itu, celupkan daun jeruk purut beberapa saat agar daun itu menjadi lunak. Lalu angkat daun jeruk purut itu dan tiriskan. Tumbuk selembar daun pandan dan diberi air matang. Setelah itu peraslah l untuk diambil airnya.
Kata- kata yang bermakna perintah adalah....

SOAL 2
Siapkan waskom yang sudah dibersihkan. Cuci daun cincau hijau yang baru dipetik ,masukkan dalam waskom. Kemudian lumatkan dengan tangan yang sudah bersih. Sambil dilumatkan beri air matang sedikit demi sedikit, terus diremas- remas sehingga terasa lekat di tangan. Campurkan irisan daun pandan sewaktu pelumatan. Setelah terbentuk gelatin ( cairan kental) disaring dan ditampung pada panci yang telah disiapkan. Pelumasan dan penyaringan diteruskan hingga gelatin tidak lekat lagi.
Kata penghubung yang ada dalam kutipan tersebut adalah....

SOAL 3
Tanaman cincau berbentuk perdu. Ditanam di tepi sumur atau di sekitar persawahan. Tanaman cincau membutuhkan suasana sejuk untuk pertumbuhannya. Tanah sebagai media tanam harus digemburkan terlebih dulu. Bila perlu tanah dilubangi lalu diberi kompos atau pupuk kandang secukupnya. Intinya, tanah sebagai tempat tanam harus dipersiapkan supaya memiliki cukup hara. Dengan demikian, batang cincau dapat tumbuh dengan baik.
Kutipan tersebut menjelaskan tentang ....

SOAL 4
Tabulampot ( tanaman buah dalam pot) banyak digemari masyarakat. Selain menghasilkan buah juga menambah asri lingkungan rumah. Media tanam tabulampot ini bermacam- macam . Syarat media tanam terdiri atas 50% tanah, 20% pasir, dan 30% bahan organik. Hal itu supaya tabulampot dapat tumbuh maksimal meskipun berbuah dengan baik. Selain pemilihan media tanam, pemilihan bibit pun sebaiknya diperhatikan. Itu penting agar tabulampot menghasilkan buah yang sehat.
Penggunaan kata penghubung yang tidak tepat adalah....

SOAL 5
Irigasi di indonesia umumnya bermasalah. Utamanya ketersediaan air untuk irigasi. Pada tahun 1997 dari 80 juta ha sawah di 16 negara hanya 2% yang mendapatkan air secara memadai. Ini biangkerok kegagalannya revolusi hijau tidak terlaksanakan dengan sebaik- baiknya. Itulah sebabnya para ahli pertanian mencanangkan revolusi biru atau Blue Revolution . Program ini sasarannya penyediaan kecukupan air irigasi dan pengelolaan yang baik. 
Kalimat yang dicetak miring tersebut tidak baku, perbaikan yang tepat adalah....

SOAL 6
Baca dengan cermat kutipan berikut!
1. Pilih lokasi yang memperoleh cukup sinar matahari karena akan memacu pertumbuhan dan pembiakan lobster. Tetapi saat induk bertelur, hindarkan dari sinar matahari langsung agar telur- telur tidak gampang rontok.
2. Buatlah kolam permanen , bagian dasar dan tepi kolam seluruhnya diplester.
3. Bak pemeliharaan lobster harus khusus untuk lobster, tidak dicampur dengan jenis ikan lainnya.
Kutipan tersebut menginformasikan tentang....

SOAL 7
Makanan alami lele terdiri dari plankton,berbagai udang kecil, siput, cacing, jentik nyamuk, bahkan sisa sayur- mayur. Jika lele dibudidayakan di kolam, sisa-sisa masakan di dapur, dedak halus dapat ditambahkan sebagai makanan tambahan. Oleh karena itu, lele disebut pula sebagai omnivora atau pemakan segala. 
Konjungsi antarkalimat dalam kutipan tersebut adalah....

SOAL 8
Ikan termasuk salah satu bahan makanan yang mudah rusak. Oleh karena itu, harus ada cara agar ikan tidak mudah rusak. Daging ikan yang bisa dimakan harus dinyatakan dalam keadaan segar. Untuk memperpanjang masa segar ini diperlukan perlakuan khusus. Daging akan tetap segar dalam suhu rendah atau dingin. Itulah sebabnya, es diperlukan untuk mengawetkan kesegaran ikan.
Kutipan tersebut membahas tentang....

SOAL 9
Batang belimbing wuluh bertekstur kasar berbenjol-benjol. Arah tumbuh condong ke atas, percabangannya sedikit. Cabang muda berbulu halus seperti beludru, berwarna coklat muda. Daunnya majemuk menyirip ganjil dengan 21- 45 pasang anak daun. Anak daun ini bertangkai pendek, bentuk bulat telur sampai lonjong. Warna daun hijau. Perbungaan berupa malai, berkelompok, keluar dari batang atau percabangan yang besar.
Kutipan tersebut tidak menjelaskan tentang....

SOAL 10
Cermati kutipan berikut!
Bahan; Rimpang kencur sebesar ibu jari, garam secukupnya
Cara membuat; Kencur diparut. Tambahkan secangkir air hangat. Lalu peras dan disaring.
Cara menggunakan; Kencur yang telah disaring biar mengendap, beri garam secukupnya kemudian diminum
Kata yang menunjukkan urutan kegiatan adalah....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar