Contoh Soal Interpretasi isi teks prosedur kompleks

Contoh Soal Interpretasi isi teks prosedur kompleksTeks prosedur kompleks terdiri atas pendahuluan ,isi, dan penutup. Penutup umumnya berisi kesimpulan maupun saran- saran. Jika teks itu dalam bentuk artikel, ketiga hal tersebut dalam bentuk paragraf. Teks prosedur kompleks dalam bentuk paragraf tentu lebih panjang lebar uraiannya dibandingkan dalam bentuk tahap- tahap yang lebih sederhana. Kedua bentuk itu tetap mempunyai persamaan yaitu bagian pendahuluan, isi, dan penutup selalu ada pada bagian awal tulisan , tengah, dan akhir.Langkah atau bagian yang paling banyak tentu pada bagian isi atau pembahasan. 
Teks prosedur kompleks yang ditulis secara runtut, sistematis, lebih mudah memandu seseorang untuk membuat, melakukan suatu pekerjaan lebih baik. Dengan kata lain seseorang yang mau membaca cermat lalu melaksanakan dengan benar setiap prosedur kompleks dalam bidang apa pun akan lebih berhasil pekerjaannya.

Contoh Soal Interpretasi isi teks prosedur kompleks


SOAL 1
Penyimpanan media tanam di rak-rak akan menghemat tempat dan mempermudah pengawasan serta perawatan. Media tanam yang terdapat pada kantong plastik segera dipindahkan ke ruang pertumbuhan jamur apabila pertumbuhan mycelium yang berwarna putih berubah menjadi coklat gelap. Begitu pula bila benjolan-benjolannya sudah muncul. 
Kutipan tersebut menjelaskan tentang....

SOAL 2
Baca dengan cermat kutipan berikut!
1. Lele dibersihkan, rendam dengan cuka dan garam secukupnya.
2. Semua bumbu yang telah dihaluskan tambahi sedikit minyak, baluri lele dengan bumbu tersebut, lalu bungkus dengan daun pisang.
3. Kukus lele tersebut dalam dandang sampai masak, angkat, dan dinginkan.
4. Setelah dingin panggang di atas bara api atau oven sampai keluar aroma harum.
5. Panggang pedas lele siap disantap dengan nasi hangat bersama keluarga.
Isi kutipan tersebut adalah....

SOAL 3
Serbuk gergaji sebagai media tanam harus dikeringkan lalu diayak. Setelah itu dicampur dengan bahan lainnya, misalnya sukrose. Sebaiknya sukrose ini dilarutkan dulu dalam air baru disemprotkan ke dalam bahan dan dibasahi. Untuk mengetahui kadar airnya 65 % mudah saja. Caranya serbuk gergaji digenggam tangan. Bila genggaman dibuka, serbuk pecah berantakan artinya terlalu kering. Bila serbuk genggaman menggumpal berarti kadar airnya cukup. Namun, bila airnya sampai menetes artinya terlalu basah.
Bagian isi kutipan tersebut menjelaskan tentang....

SOAL 4
Tanaman terung adalah tanaman yang mudah dibudidayakan. Dapat ditanam di pot, lahan sempit, tegalan atau sawah. Terung tahan terhadap penyakit layu, bakteri, dan hujan. Mudah beradaptasi dengan lingkungan yang ada. Tumbuh baik di daerah tropis baik daerah ketinggian maupun dataran rendah. Oleh karena itu, terung dapat dibudidayakan hampir di seluruh wilayah Indonesia. 
Informasi yang diperoleh dari kutipan tersebut adalah....

SOAL 5
Tanaman cincau perdu ternyata dapat dibudidayakan di daerah yang lembap. Misalnya sekitar sumur , di pinggir sawah, di pinggir parit . Tanaman cincau memiliki banyak daun yang dapat dipetik sewaktu-waktu dan dijual secara langsung di pasar tradisional. Cukup banyak kaum wanita penggemar daun cincau, jadi pasti terjual dengan cepat. Mereka lebih senang membeli daunnya karena menjamin keaslian bahan cincau tersebut. Dari sinilah pemilik tanaman cincau mendapat tambahan penghasilan dari menjual daun cincau segar.
Kutipan tersebut menjelaskan bahwa menanam tanaman cincau memberi....

SOAL 6
Air kelapa muda enak diminum dalam keadaan segar. Selain itu, memiliki berbagai khasiat untuk pengobatan dan kecantikan. Mengatasi dehidrasi, pencegah penggumpalan susu, memperlancar pengeluaran air seni, menyembuhkan sembelit dan sakit pencernakan. Dalam bidang kecantikan untuk menghilangkan jerawat, menyembuhkan gatal-gatal , dan melenyapkan jerawat.
Hal utama yang dibahas dalam kutipan tersebut adalah....

SOAL 7
Pengusaha Jepang banyak yang menanamkan modal di luar negeri ditambah munculnya berbagai restoran model Jepang di berbagai negara menyebabkan kebutuhan jamur shitake makin meningkat. Oleh sebab itu, negeri Jepang yang semula pengekspor jamur shitake sekarang berbalik menjadi pengimpor jamur shitake .
Untuk negara kita, dengan berkembang pesatnya industri wisata di indonesia , iklim yang menunjang, media serbuk gergaji yang melimpah, memungkinkan Indonesia menjadi produsen jamur shitake.
Kesimpulan dari kutipan tersebut adalah....

SOAL 8
Urutan langkah pemeliharaan kambing yang tepat adalah....

SOAL 9
Ada cara mudah untuk menanam benih sayuran selada yaitu langsung disebar di bedengan. cara ini disebut sebar langsung. Kelebihannya adalah menghemat waktu, tenaga kerja, biaya, dan tidak perlu keahlian khusus. Kelemahannya, menyulitkan pemeliharaan tanaman yang masih kecil. Ketika bibit ini sudah berumur 1 ½ bulan perlu penjarangan benih.
Kutipan itu membahas tentang....

SOAL 10
Keripik pisang yang bagus harus dibuat dari bahan pisang yang baik pula. Dengan kata lain harus jenis pisang yang memang cocok untuk dibuat keripik. Seperti, pisang kepok kuning, pisang tanduk, dan pisang ambon. Kondisi buah pisang pun harus dipilih yang sudah tua tetapi masih mentah. Tujuannya agar mudah dirajang tipis- tipis dan diiris sesuai selera konsumen. 
Hal yang diuraikan dalam kutipan tersebut adalah...
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

1 komentar: