Contoh Soal Makna kata, istilah dalam teks prosedur kompleks

Contoh Soal Makna kata, istilah dalam teks prosedur kompleksTeks prosedur kompleks merupakan tulisan yang berusaha menginformasikan sesuatu kepada pembaca. Informasi ini dapat memperluas wawasan pembaca atau sekadar informasi ringan. Oleh sebab itu, teks prosedur kompleks sebaiknya menggunakan kata yang lugas, jelas, dan baku. Penggunaan istilah-istilah tertentu pun bergantung pada materi yang sedang dibahas dalam teks tersebut, misalnya, teks prosedur kompleks cara memasak lauk khas daerah tertentu. Teks prosedur tersebut akan akrab dengan nama jenis bumbu masak, takaran bahan, dan nama-nama peralatan memasak.

Contoh Soal Makna kata, istilah dalam teks prosedur kompleks


SOAL 1
Produk nata de coco yang dikemas secara sederhana dan berukuran relatif kecil dapat dipasarkan dengan sistem konsinyasi di warung- warung, toko tetangga, warung di sekolah atau di kampus.
Arti kata konsinyasi dalam kutipan tersebut adalah....

SOAL 2
Buah pisang yang sudah dipilih dikupas lalu dirajang tipis-tipis. Tambahkan bumbu tertentu sesuai selera. Konsumen kadang menuntut rasa yang bermacam – macam. Ada rasa manis, rasa bawang, rasa pedas. Caranya mudah. Keripik pisang yang sudah digoreng setengah kering dicelup ke dalam larutan bumbu manis, bawang, atau pedas yang telah disediakan, kemudian digoreng lagi sampai kering. 
Kutipan tersebut menjelaskan tentang....

SOAL 3
Proses fermentasi telah dikenal orang sejak tahun 6000 SM. Contoh prosesnya antara lain fermentasi untuk membuat bir. Seorang peneliti yaitu Louis Pasteur akhirnya menemukan bukti bahwa fermentasi itu sebenarnya dilakukan oleh mikroorganisme. Seiring dengan kemajuan zaman, teknologi produksi bahan makanan dengan fermentasi dimasukkan dalam bioteknologi konvensional.
Makna kata fermentasi dalam kutipan tersebut adalah….

SOAL 4
Tanaman cincau menghasilkan jenis makanan seperti agar-agar. Tanaman ini adalah sejenis tanaman yang digunakan untuk membuat gelatin cincau. Tanaman perdu ini telah lama dikenal masyarakat Indonesia. Gelatin camcau lebih popular di masyarakat daripada tanaman cincau. Kurangnya pemahaman masyarakat sering menyebabkan muncul kerancuan atas kata cincau dan camcau.
Kutipan tersebut merupakan bagian dari….

SOAL 5
Siapa yang tidak kenal tempe? Jenis makanan ini merupakan makanan favorit banyak orang. Masyarakat Indonesia memasukkan tempe ke dalam menu sehari-hari. Selain rasanya yang original gurih, tempe juga berkhasiat untuk kesehatan seperti mencegah penuaan, menurunkan kolesterol dengan meningkatkan kadar haemoglobin, dan sebagainya. Oleh karena itu, janganlah meremehkan tempe!
Informasi yang diperoleh dari kutipan tersebut adalah….

SOAL 6
Buah manggis sekarang sedang naik daun karena selain sebagai buah dapat dijadikan berbagai obat herbal. Pohon manggis merupakan tumbuhan tahunan dengan masa hidup puluhan tahun. Tubuh tanaman terdiri atas organ vegetatif dan generatif. Berikut yang termasuk organ vegetatif adalah akar, batang, dan daun. Ketiga organ itu berfungsi sebagai alat pengambil, pengangkut, pengolah, pengedar,dan penyimpan makanan. Sementara yang termasuk organ generatif adalah bunga, buah, dan biji.
Batang manggis berfungsi generatif artinya….

SOAL 7
Cermati langkah- langkah berikut!
1. Haluskan/tumbuk bumbu yang terdiri atas lengkuas, garam, dan bawang putih.
2. Goreng bumbu yang telah dihaluskan tersebut selama 10 menit.
3. Angkat bumbu dan tampung dalam wadah bersih.
Langkah- langkah tersebut termasuk kegiatan untuk….

SOAL 8
Kecap makin populer di dunia. Hampir seluruh jenis makanan atau masakan selalu menggunakan kecap sebagai paduannya. Entah rasa manis ataupun rasa asin. Kecap dapat menambah cita rasa pada makanan atau masakan. Oleh karena itu, tidak mengherankan kecap diproduksi secara komersial. Hal itu dapat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga atau untuk memenuhi industri besar. Kecap bukan sekedar penyedap rasa tetapi sudah menjadi pelengkap makanan yang diperhitungkan. 
Ide utama kutipan tersebut adalah....

SOAL 9
Setiap jenis kambing punya pertanda yang berbeda antara satu dengan lainnya. Sebagai contoh, kambing jawa. Kambing tersebut memiliki ciri badan agak pendek, kecil leher pendek, hidung lurus. Telinganya pendek berdiri tegak ke arah depan, ke samping atas sedangkan tanduk mengarah ke belakang agak bengkok. Warna bulupun bermacam-macam. Ada yang berwarna hitam, coklat, putih, atau putih campur hitam.
Informasi yang diperoleh dari kutipan tersebut adalah....

SOAL 10
Pernyataan yang tidak sesuai dengan jaringan industri buah kelapa adalah....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

1 komentar: