Contoh Soal Interpretasi isi teks negosiasi

Contoh Soal Interpretasi isi teks negosiasiPada topik kali ini kita akan mempelajari bagaimana menginterpretasi makna dari sebuah teks negosiasi. Sebelum mempelajari bagaimana cara menginterpretasi makna teks negosiasi, ada baiknya kita mempelajari dulu apa itu teks negosiasi.
Teks negosiasi adalah teks yang berisi kesepakatan antara dua belah pihak untuk menyelesaikan perbedaan dalam sebuah dialog atau percakapan sehari-hari. Interpretasi berarti menafsirkan atau mengartikan.
Jadi, menginterpretasi makna teks negosiasi adalah menafsirkan atau mengartikan isi kesepakatan yang sudah disepakati oleh dua belah pihak ketika terjadi sebuah perbedaan dalam kehidupan sehari-hari.
Cara mencari makna teks negosiasi adalah dengan cara berikut ini.
1. Menemukan topik pembicaraan dalam percakapan.
2. Menemukan kalimat negosiasi (kalimat untuk meyakinkan pendapat kita agar diterima) 
Kalimat negosiasi dapat berupa permintaan, pemenuhan, penawaran, dan persetujuan
3. Menemukan kalimat simpulan.
Contoh Soal Interpretasi isi teks negosiasi

SOAL 1
Pada hari Senin ada seorang pemuda menemui bagian personalia di perusahaan percetakan.
Yos : "Selamat Pagi. Saya calon pegawai yang kemarin dipanggil untuk menjalani tes wawancara 
sebagai kepala gudang Pak. Begini Pak, kebetulan pada hari Rabu saya menghadiri upacara 
pernikahan adik saya. bolehkah tes wawancaranya saya lakukan besok?”
Pegawai: "Kalau tidak bisa besok berarti Bapak gugur sebagai calon pegawai di sini?”
Yos : "Jangan Pak, sebagai kompensasi Saya boleh ditempatkan di bagian mana saja asalkan saya 
tetap diterima di sini pak.”
Pegawai: " Baiklah akan saya catat di sini.”
Yos : "Baik. Terima kasih atas kebaikannya Pak. Saya Permisi dulu.”
Mereka berdua berjabat tangan dan Yos berpamitan.
Hal yang dilakukan Yos sehingga dia dapat terus mengikuti seleksi calon pegawai padahal dia tidak bisa mengikuti seleksi tes wawancara pada hari Rabu adalah....

SOAL 2
Cetta : “Zra kemarin aku kan pesan power bank di Manda kamu tahu kan?”
Azra : “Ya, memangnya kenapa Cett? Apa barangnya rusak?”
Cetta : “Ternyata ayahku memberi aku hadiah power bank juga karena ulangan bahasa Indonesiaku dapat 100. Aku bingung nih kan mubazir punya 2. Kamu mau beli satu tidak?”
Azra : “Waduhh aku lagi gak punya uang nih Cett.”
Cetta : “Gimana kalau kamu bayar dua kali Zhra, asalkan kamu mau beli hehehe.”
Azra : “Oke deh. Wah kalau sudah kena rayuanmu Aku pansti nyerah deh.”
Cetta : “Terima kasih ya sahabatku tercinta.”
Menurut informasi pada teks di atas penyebab Cetta menjual power bank ke sahabatnya karena ....

SOAL 3
Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X MIA 1
Ibu guru : “Pagi anak-anak! Silakan dikumpulkan tugas projek pembuatan naskah drama yang ibu 
berikan satu bulan yang lalu.”
Semua anak maju kecuali Ani.
Ani : “Bu mohon maaf tugas saya tertinggal, Bu. Padahal tadi sudah saya siapkan karena 
terburu-buru berangkat saya lupa memasukkannya ke dalam tas, Bu.”
Ibu guru : “Kan Ibu sudah bilang siapa saja yang tidak mengumpulkan pada hari ini dengan alasan 
apapun nilainya 0.”
Ani : “Pada hari ini kan, Bu? Jadi, kalau saya kumpulkan nanti siang boleh, Bu? Saya izin telp 
Mama saya untuk mengantarkan ke sekolah, setelah itu saya langsung memberikan ke 
Ibu. Bagaimana, Bu?”
Ibu guru : “Baiklah kalau begitu Ani. Ibu tunggu sebelum pukul 12.00 ya.”
Ani : “Baik, Bu terima kasih atas kemurahan hati Ibu.”
Kalimat simpulan dari teks negosiasi di atas ialah ....

SOAL 4
Latar tempat parkiran mall. Seorang gadis akan memarkirkan sepeda motornya.
Tukang parkir : “Permisi Mbak , boleh saya lihat STNK-nya?
Gadis : “Astaga, saya lupa membawa Pak, ada di tas saya satunya.”
Tukang parkir : “Mohon maaf Mbak, Anda tidak bisa parkir di sini karena tidak membawa STNK.”
Gadis : “Tolonglah Pak, adik saya sedang mengikuti lomba menyanyi di dalam!”
Tukang parkir : “Sebaiknya Anda parkir saja di luar Mbak.”
Gadis : “Begini deh Pak, ini KTP saya sebagai jaminan dan saya bersedia membayar denda 
dua kali lipat asalkan saya bisa parkir di sini.”
Tukang parkir : “Baiklah mari ikut saya ke kantor .”
Gadis : “Iya pak, terima kasih atas bantuannya.”
Menurut informasi di atas, syarat negosiasi yang harus dipenuhi gadis itu untuk dapat memarkirkan sepeda motornya adalah ....

SOAL 5
Dialog terjadi di ruang kelas SMA Maju Jaya ketika pergantian jam pelajaran.
Angga : “Liburan semesteran besok enaknya kita pergi ke mana ya?”
Bisma : “Bagaimana kalau kita pergi ke Bali.”
Angga : “Iya aku juga setuju karena aku juga belum pernah ke sana.”
Bisma : “Baiklah kalau begitu mulai besok kita mulai menabung ya supaya pasokan uang saku kita berlimpah untuk liburan1”
Angga : “Siip lah. Stttt bu guru sudah datang.”
Angga dan Bisma segera menyiapkan buku pelajaran dan memulai belajar.
Kutipan teks di atas bukan termasuk teks negosiasi melainkan teks diskusi karena ....

SOAL 6
Percakapan terjadi di pasar tradisonal.
Pembeli : “Ibu saya mau membeli telur ayam 2 kilo, berapa harganya?”
Penjual : “Rp33.000 Nyonya.”
Pembeli : “...”
Penjual : “Boleh, Nyonya mau tawar berapa?”
Pembeli : “Kalau begitu Rp30.000 saja.”
Penjual : “Wah tidak bisa Nyonya, saya tidak ada untung. Ya sudah Rp32.000 saja ya?”
Pembeli : “Baiklah, saya ambil dua kilo ya Bu.”
Kalimat rumpang dari teks negosiasi di atas dapat dilengkapi dengan kalimat ...

SOAL 7
Dialog terjadi di counter toko HP 
Ayah: “Bagaimana Di masih berminat membeli android yang harganya di atas 4 juta? Apa tidak 
sayang uang begitu banyak hanya dapat satu barang. Bagaimana kalau membeli android 
yang harganya berkisar 1-2 juta toh aplikasinya sama.”
Adi : “Tapi Adi takut barangnya cepat rusak Ayah. Nanti.”
Ayah: “Selama Adi memakai dengan benar barang elektronik pasti awet Di. Gimana kalau sisa 
uang yang satu juta Ayah berikan ke Adi, tapi androidnya harganya berkisar 1-2 juta.”
Adi : “Wahhhh ini baru Ayah Adi. Ok lah apa baiknya saja untuk saya Yah.”
Ayah: “Nah, ini baru anak Ayah.”
Berdasarkan kutipan teks di atas, jumlah tahapan isi negosiasi yang terjadi adalah....

SOAL 8
Dua orang siswa tengah berbincang-bincang di koridor sekolah.
Nona : “Ima mengapa kamu tidak datang ke rumah kemarin untuk membahas makalah yang akan 
kita presentasikan?”
Ima : “Maaf Non. Aku bingung mau bergabung dengan siapa. Kalau gabung dengan 
kamu aku pasti dimusuhi Irene. Tapi kalau gabung dengan dia, aku pasti akan diperalat.”
Nona : “Sekali-kali beranilah menentang Irene yang sok jadi bos. Bagaimana kita tetap membuat 
makalah bersama. Bilang Irene kamu ingin punya teman banyak.”
Ima : “Wah benar juga saranmu terima kasih Nona. Aku lega sekarang.’
Nona : “Sama-sama Im.”
Hal yang Ima pikirkan sehingga tidak datang datang ke rumah Nona untuk membahas makalah yang akan dipresentasikan adalah....

SOAL 9
Perhatikan teks di bawah ini!
Penjaga Toko : “Silakan, mau beli apa?”

Bulan : “Ada kertas HVS Pak?” 
Penjaga Toko : “Ya, ada. Mau yang 70 gram apa 40 gram Mbak?” 
Bulan : “Yang 40 saja Pak!” 
Penjaga Toko : “Nanggung Mbak yang 40 mending yang 70 gram selisih harga cuma lima ribu” 
Bulan : “Wah mahal Pak! Gak bisa kurang nih?” 
Penjaga Toko : “Belum boleh Mbak. tapi kalau beli yang 70 gram dapat hadiah langsung map, 
lumayan kan mbak.”

Bulan : “Ok dehPak saya ambil yang70 gram. Ini uangnya Pak.”
(pembeli memberikan uang dan penjual membelikan barangnya)
Penjaga Toko : “Ya, terima kasih.”
Dari teks negosiasi di atas bagian simpulan terdapat pada kalimat ....

SOAL 10
Dialog seorang Ibu dan anaknya di ruang tamu
Ibu : “Nak, ada baiknya setelah lulus SMA nanti kamu meneruskan di Fakultas Kedokteran, meneruskan profesi ayahmu.”
Anak: “Tapi Bu, aku pinginnya mengambil teknik daripada kedokteran.”
Ibu : “Baiklah apapun keputusanmu Ibu akan menyetujui.”
Bila kita amati dengan jeli kutipan dialog di atas buakanlah teks negosiasi karena tidak terdapat bagian ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar