Contoh Soal Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks negosiasi

Contoh Soal Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks negosiasi Ada tiga ciri bahasa teks negosiasi yaitu memakai istilah yang berhubungan dengan teks, memakai kalimat pembanding, dan memakai ungkapan yang berhubungan dengan teks.

Contoh Soal Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks negosiasi


SOAL 1
Percakapan terjadi di toko buku.
Ghea : Mbak apa ada ensiklopedia remaja yang membahas tentang pubertas?
Pegawai toko : Ada Mbak, ini.
Ghea : Terima kasih. Saya ambil satu ya.
Pegawai toko : Wah sayang kalau cuma ambil satu Mbak. Mumpung lagi promo harga satuannya 
Rp25.000. Tapi, kalau beli satu paket cuma Rp100.000 isi 6. 
Ghea : Iya juga sih. Tapi, uang saya tidak cukup Mbak.
Pegawai toko : Toko kami menerima pembelian dengan kartu kredit atau debit juga kok Mbak.
Ghea : Baiklah kalau begitu. Saya ambil satu paket ya Mbak.
Ungkapan yang nampak pada teks negosiasi di atas ialah ....

SOAL 2
Percakapan terjadi di dalam mobil ketika akan berangkat ke sekolah pada hari Kamis.
Anak : Yah, nanti sore aku tidak usah dijemput ya! Aku mau mengerjakan tugas di rumah Kaka.
Ayah : Lho, kenapa tidak mengerjakan hari Sabtu atau Minggu saja?
Anak : Hari Sabtu dan Minggu kan ada PERSAMI di sekolah.
Ayah : Bagaimana kalau besok saja mengerjakannya karena nanti sore Ayah tidak bisa jemput.
Anak : Kalau begitu biar aku minta tolong Kaka nanti mengantar ke rumah, Yah. 
Ayah : Baiklah kalau begitu. Langsung pulang ya jangan mampir kemana-mana!
Anak : Beres, Yah. Berangkat dulu ya, Yah.
Anak turun dari mobil sambil mencium tangan ayahnya.
Kalimat perbandingan yang menandakan ciri bahasa negosiasi ialah ....

SOAL 3
Percakapan terjadi di dalam kelas X IPS 1
Ramdhan : Mir kamu bawa flashdisk tidak? Boleh aku pinjam sebentar untuk mengumpulkan tugas Desain Grafis?
Amira : Bukannya tidak boleh sih ,Dhan. Tapi kan kamu tahu sendiri komputer di sekolah kita 
banyak virusnya. Flashdisk-ku ini masih baru nanti kalau kena virus bagaimana?
Ramdhan : Ok aku beli aja sekalian deh. Susahnya punya teman pelit begini.
Amira : Bagus la itu nih silakan dinikmati flashdisk-nya (hihihi Amira tertawa senang) lain kali 
kalau butuh hubungi aku lagi ya! Terima kasih Ramdhan.
Ramdhan : Iya deh sama-sama.
Istilah yang nampak pada teks negosisai di atas ialah ....

SOAL 4
Ibu guru : “Pagi anak-anak! besok jangan lupa membawa tugas menggambarnya ya! ingat yang 
tidak membawa nilainya dikurangi 10.”
Rita : Bu, berarti yang membawa hari ini diberi tambahan nilai ya, Bu?
Ibu guru : Coba berapa anak yang hari ini membawa tugas menggambar?
(Sepuluh orang anak mengangkat tangan)
Ibu guru : Baiklah kalau begitu yang mengumpulkan tugas hari ini Ibu beri tambahan nilai 5.
Rita : Setuju Bu. Terima kasih Bu.
Anak-anak yang lain bertepuk tangan tanda senang dan mengucapkan terima kasih bersamaan.
Berdasarkan ilustrasi di atas kesepakatan terjadi ketika ....

SOAL 5
Percakapan terjadi di pasar tradisional
Bu Nia : Beli tepung 2 kilo, berapa harganya?
Penjual : Rp10.000, Bu.
Bu Nia : Boleh kurang tidak harganya?
Penjual : Boleh, Ibu mau tawar berapa?
Bu Nia : Kalau begitu Rp8.000 saja.
Penjual : Gini deh Bu saya kasih Rp9.000 ya pas sudah tidak bisa ditawar.
Bu Nia : Baiklah, saya ambil dua kilo deh.
Istilah yang dibandingkan pada dialog di atas adalah ....

SOAL 6
Dialog terjadi di toko baju 
Ibu : Dil, baju ini bagus ya? Kamu mau?
Dilla : Jangan yang itu Bu, model dan gambarnya terlalu kekanak-kanakan.
Ibu : Tapi dapat diskon, Dil.
Dilla : Kita cari saja model yang lebih remaja Bu dan dapat diskon gimana?
Ibu : Benar juga. Ayo kita cari.
Merekapun segera menuju lorong baju remaja.
Berdasarkan ilustrasi di atas ungkapan negosiasi diucapkan pada bagian ....

SOAL 7
Dua orang siswa tengah berbincang-bincang di kantin sekolah.
Sheila : Cha tahun ini kamu mengambil ekstrakurikuler apa?
Icha : Aku ambil pembinaan olimpiade matematika, Shel. Kalau kamu?
Sheila : Aku ikut jurnalistik. 
Icha : Kamu kan pintar matematika kenapa gak ikut olimpiade saja bareng aku.
Sheila : Seharian sudah belajar Cha masak ekstra belajar lagi.
Icha : Betul juga alasannya. Kalau begitu aku ikut jurnalistik juga ah. Terima kasih ya, Shel.
Berdasarkan kutipan teks di atas, kata apa yang dijadikan istilah oleh kedua siswa ....

SOAL 8
Dialog terjadi di toko kelontong.
Bang Jali : Silakan, mau beli apa?
Bu Ina : Ada plastik 1 kg Pak? 
Bang Jali : Ada. Yang tebal Rp 8.000, yang tipis Rp 6.000 selisih Rp 2.000 mending yang tebal, Bu.
Bu Ina : Kasih potongan yang tebal Rp 7.000 ya, Bang?
Bang jali : Iya deh, Bu, silakan ambil. 
Bu Ina : Makasih ya, Bang.
Ungkapan ,“Makasih ya, Bang” muncul ketika terjadi negosiasi pada peristiwa ....

SOAL 9
Percakapan antara seorang Ibu dengan anak gadisnya.
Ibu : Far, kok belajarnya sambil dengerin musik? Apa bisa masuk pelajarannya?
Farah : Bisa Bu, justru kalau saya tidak mendengarkan musik serasa sepi tidak ada penyemangat.
Ibu : Ya tapi ibu tidak yakin ucapanmu benar.
Farah : Nih buktinya Bu, ulangan Farah bagus-bagus kan Bu tidak ada yang remidi.
Ibu mengamati ulangan Farah dengan teliti.
Farah : Musik juga terbukti meningkatkan konsentrasi belajar, Bu. Sekarang Ibu percaya kan?
Ibu : .....
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi teks negosiasi di atas yang tepat ialah ....

SOAL 10
Anto : Haduuh panas sekali ... enaknya minum es hmmm.
Bisma : Enaknya sesaat setelah itu merana.
Anto : Ya merana kalau aku belikan kamu tetapi kalau aku dibelikan pasti lebih nikmat.
Bisma : Jangan bercanda terus! Ingat minggu depan kita UTS jaga kesehatan.
Anto : Benar juga katamu. Ya sudah deh minum air putih saja. 
Bisma : Nah itu lebih sehat dan hemat hehehe.
Bila kita amati kutipan dialog di atas istilah yang dipakai ialah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

2 komentar: