Contoh Soal Langkah-langkah membuat abstraksi struktur isi teks negosiasi

Contoh Soal Langkah-langkah membuat abstraksi struktur isi teks negosiasiMengabstraksi atau meringkas adalah menyusun kembali sebuah teks menjadi lebih singkat tanpa menghilangkan inti teks tersebut. Setiap teks memiliki bentuk inti yang berbeda, misalnya, dalam sebuah teks berbentuk paragraf, inti teks tersebut ada pada gagasan utamanya. Bentuk seperti itu biasanya akan lebih mudah untuk diringkas. Sementara itu, teks negosiasi lazimnya berbentuk dialog yang penyimpulannya tidak semudah seperti menyimpulkan paragraf. Kita perlu melakukan beberapa langkah awal, seperti mencari inti permasalahan lalu mengubah dialog tersebut ke dalam bentuk kalimat deklaratif. 
Contoh: 
Budi : Saya minta harganya turun ya, Bang! Saya beli banyak. 
Penjual : Ya sudah, untuk Bapak boleh lah.
Perubahan: Budi meminta penurunan harga dengan alasan membeli banyak. Alasan ini diterima oleh pihak penjual dan sepakat untuk menurunkan harga sesuai keinginan Budi. 
Selain itu, karena negosiasi bertujuan untuk menyelesaikan masalah, jangan lupa untuk ikut menyertakan penjelasan bagaimana masalah dapat terselesaikan dengan kesepakatan-kesepakatan yang dihasilkan. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, kita akan menyusun kembali inti berdasarkan urutan struktur. 

Contoh Soal Langkah-langkah membuat abstraksi struktur isi teks negosiasi


SOAL 1
Berikut yang merupakan langkah-langkah dalam melakukan abstraksi teks negosiasi adalah…

SOAL 2
Kata lain dari tindakan abstraksi adalah…

SOAL 3
Perhatikan teks negosiasi berikut!
Marsha: Saya berminat berinvestasi pada kegiatan usaha kue Anda.
Agita: Wah, terimakasih banyak. Berapa yang akan Anda investasikan?
Marsha: Saya berani investasi 200 juta, Bu.
Agita: Baiklah, itu cukup untuk membeli alat-alat dan perlengkapan untuk meningkatkan omzet.
Marsha: Ok Bu, tapi sebagai salah satu syarat dari saya, nama perusahaan kita perbaharui dengan nama baru. Nama kita berdua. Bagaimana?
Agita: Wah, sepertinya tidak bisa, Bu. Nama merk saya sudah menyebar.
Marsha: Nanti kita tinggal memberikan informasi penggantian nama, mudah bukan?
Agita: Maaf Bu, saya tidak mau.
Inti teks negosiasi di atas adalah….

SOAL 4
Perhatikan teks negosiasi berikut!
Sirein : Kita harus segera membuat perlengkapan games team untuk menyambut siswa baru! 
Danu: Saya tidak sanggup jika harus mengerjakannya dalam seminggu ini, Rien.Terlalu banyak sehingga saya takut malah hasilnya jadi jelek.
Sirien: Ok, kira-kira berapa persen yang bisa kita buat?
Danu: Mungkin 70 persen saja, selebihnya gimana?Kita batalkan saja ya?
Sirien: Jangan, begini saja, kita beli sebagian perlengkapan dan sebagian lagi kita buat sendiri. Kita ambil dari uang kas OSIS. Bagaimana?
Danu: tidak ada masalah kalau memang ada anggarannya.
.
Abstraksi yang tepat dari teks di atas adalah….

SOAL 5
Perhatikan teks negosiasi konflik berikut!
Rosa: Kita harus menampilkan karya seni yang bagus!
Hastuti: Ya, saya sepakat tapi tidak semua anggota kelompok kita lihai memegang alat musik.
Rosa: Kita ajari saja semua. Kamu kan jago bermain gitar. Kamu ajari Seno, Vika, dan Rahma bermain gitar. Nanti kita tampil akustik saja semua.
Hastuti: Entahlah, saya yakin hasilnya tidak akan terlalu bagus. Bagaimana kalau kita menampilkan musik barang bekas saja?Teman-teman bisa memilih barang bekas apa saja yang bisa dimainkan. Atau kita cari contohnya di youtube tentang musik yang memakai barang bekas seperti kaleng, botol, dan lain-lain? itu akan lebih menyenangkan dan memancing kreativitas kita semua.
Rosa: Baiklah, ayo kita mulai mencarinya.
Topik penting yang perlu dicatat dalam teks di atas adalah….

SOAL 6
Tujuan dilakukannya abstraksi adalah untuk.…

SOAL 7
Perhatikan dialog berikut!
Fiyya : Siang, Mbak. Boleh dicoba kacamatanya?
Penjual : Boleh, silakan dicoba, Kak.
Bentuk kalimat deklaratif yang tepat berdasarkan teks di atas adalah.…

SOAL 8
Perhatikan teks negosiasi berikut!
Nurdin : Silakan masuk, Sep!
Asep : Iya, Pak, maaf saya mau meminta deadline laporan X diundur satu hari.
Nurdin : Lho, kenapa begitu? Tidak biasanya kamu telat?
Asep : Begini Pak, saya masih harus mengerjakan permintaan Pak Dody yang sudah diminta 
lebih awal. Penting untuk klien katanya, Pak.
Nurdin : Oh, begitu. Ya sudah, saya undur satu hari dan harus selesai. Saya membutuhkan hasilnya.
Asep : Baik, Pak. Terima kasih

Hal yang menyebabkan Nurdin mau menerima permohonan Asep untuk mengundur deadline laporan adalah….

SOAL 9
Untuk memahami garis besar negosiasi yang akan diabstraksi, hal-hal berikut dapat dilakukan, kecuali….

SOAL 10
Atun : Sabar Bu, tolong jelaskan akar permasalahannya dulu. Jangan datang dan tiba-tiba marah.
Bu RT : kemarin saya memesan lima jenis jajanan pasar untuk acara arisan keluarga saya. Saya pesan kue cincin, kue cucur, onde-onde, pastel, dan dadar gulung, tapi kenapa yang dikirim Cuma tiga? Cucur dan dadar gulungnya mana? Sore ini sudah arisan.
Atun : lho, memangnya ibu tidak terima surat dari saya? Saya titipkan pada kurir Ibu. Saya tulis di surat itu bahwa saya akan kirimkan cucur dan dadar gulungnya siang ini dan sebagai permohonan maaf atas keterlambatan saya, saya akan memotong biaya pesanan sebesar 5 %.
Bu RT : Oh..begitu? maaf Bu Atun, saya tidak mendapat suratnya. Mungkin kurir saya lupa memberikan atau saya yang khilaf.

Inti permasalahan pada contoh negosiasi di atas adalah….
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar