Contoh Soal Langkah-langkah penulisan teks cerita ulang

Contoh Soal Langkah-langkah penulisan teks cerita ulangPada materi kali ini kita akan belajar membuat sendiri teks ulang dengan mengikuti langkah-langkah penulisan yang didasari atas ciri khusus teks ulang. Oleh karena itu, sebelum masuk ke langkah-langkahnya, kita harus sudah memahami apa yang disebut dengan teks ulang.
Sudahkah kalian memahami apa yang dimaksud dengan teks ulang? Jika kalian cermati contoh-contoh teks ulang yang muncul pada materi-materi sebelumnya, akan kalian dapatkan bahwa teks ulang tampak seperti teks cerita/naratif. Akan tetapi, teks ulang bukanlah teks naratif. Ada perbedaan yang mencolok di antara kedua teks tersebut. 
Tujuan teks ulang adalah untuk memberikan kita suatu informasi atau untuk menghibur pembaca sehingga tidak terdapat konflik di dalamnya. Berbeda dengan hal ini, eksistensi teks naratif justru muncul pada konfliknya. Dengan demikian, sebagai langkah awal sebelum masuk ke dalam tahapan penulisan teks ulang, kita harus memastikan tidak ada konflik di dalamnya.

Langkah-langkah penulisan teks ulang

Langkah pertama adalah dengan menentukan terlebih dahulu topik teks ulang yang akan kita bahas. Langkah ini adalah langkah pertama dari segala jenis pembentukan teks. Tanpa adanya topik, kita akan mengalami kebingungan dalam mengembangkan teksnya.
Langkah kedua adalah dengan mengikuti struktur teks ulang yang terbagi hanya ke dalam tiga bagian, yaitu orientasi ^ kejadian ^ reorientasi. Tahapan ini disebut sebagai tahap pemodelan teks ulang.
Langkah ketiga adalah dengan menggali dan mencari semua sumber informasi untuk dimasukkan ke dalam tiga tahapan di atas. Jika teks ulang yang kalian buat berbentuk biografi, cari segala informasi yang terkait dengan kehidupan tokoh yang menjadi subjek biografi, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, kehidupan masa muda, hingga perjalanan hidupnya. Adapun jika teks ulang yang kalian buat berbentuk pengalaman pribadi atau fakta peristiwa yang telah terjadi, tentukan topik peristiwa yang akan kalian bahas lalu susun segala informasi yang relevan dengan topik tersebut.
Langkah keempat adalah mengolah informasi yang telah kalian dapatkan pada langkah ketiga untuk dikelompokkan ke dalam tiga bagian struktur teks ulang. Setelah itu, susunlah informasi yang telah dikelompokkan dengan menggunakan ciri kebahasaan teks ulang.
Contoh Soal Langkah-langkah penulisan teks cerita ulang

SOAL 1
Cermati penggalan teks berikut!
Kami memulai pendakian Gunung Gede dari pintu masuk yang dekat dengan Kebun Raya Cibodas. Rute pendakian awal sangat bagus karena jalan setapaknya sudah dilapisi batu-batu kali. Jalannya menyenangkan walau sesekali saya mengalami slip karena jalan licin sehabis hujan.
Informasi di atas akan cocok jika dimasukkan ke dalam bagian….

SOAL 2
Perhatikanlah kalimat-kalimat berikut!
1. Di dalam perang ini, rakyat pribumi bersatu dengan slogan “sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati” yang berarti sejari kepala sejengkal tanah dibela sampai mati.
2. Perang ini disebut Perang Jawa karena melibatkan seluruh daerah Jawa dan terbesar yang pernah dihadapi Belanda.
3. Pangeran Diponegoro lahir di Yogyakarta, 11 November 1785. Ia bernama asli Bendoro Raden Mas Ontowiryo.
4. Memulai pemberontakan terhadap Belanda karena tersinggung dengan Belanda yang memasang patok di tanah leluhur Pangeran Diponegoro di Tegalrejo.
5. Saat itu dimulailah Perang Diponegoro yang berlangsung selama lima tahun dari 1825 – 1930.
Susunan yang tepat agar menjadi teks ulang adalah….

SOAL 3
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat teks ulang adalah….

SOAL 4
Informasi mengenai pengenalan cerita dan tokoh dalam teks ulang disebut….

SOAL 5
Pernyataan yang tepat terkait dengan perbedaan antara teks biografi dan autobiografi adalah….

SOAL 6
Perhatikan teks berikut!
1. Laki-laki itu mengejarnya, berhasil menangkap kerah bajunya, dan menariknya. Timbullah perkelahian yang membuat orang-orang di pasar berkerumun menonton. Beberapa berteriak, yang lain bersorak.
2. Luka ini saya peroleh pada usia tujuh tahun karena terperosok ke selokan depan rumah saat bermain sepeda. 
3. Literatur yang terdapat dalam setiap kitab suci agama menyebutkan bahwa malaikat terbuat dari cahaya, sedangkan iblis dari api.
4. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memahami layout yang tampak pada Adobe After Effect.
5. Bersepeda itu sehat dan dapat mencerminkan sifat manusia yang berbudaya.
Teks yang tepat untuk dimasukkan ke dalam bentuk teks ulang adalah.…

SOAL 7
Perhatikan teks berikut!
(1) Yamin mendapatkan pendidikannya di HIS Palembang dan melanjutkannya ke AMS Yogyakarta.
(2) Mohammad Yamin dilahirkan di Talawi, Sawalunto pada 24 Agustus 1903.
(3) Ia memulai kariernya sebagai seorang penulis pada dekade 1920 saat sastra Indonesia mengalami perkembangan.
(4) Karier politik Yamin dimulai saat masih mahasiswa di Jakarta dan bergabung dengan Jong Sumatranen Bond.
(5) Puisinya “Tanah Air” adalah puisi modern Melayu pertama yang pernah diterbitkan pada tahun 1922.
(6) Ia menyusun ikrar Sumpah Pemuda yang dibacakan pada Kongres Pemuda II. Dalam ikrarnya ini, ia menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa pemersatu.
Susunan yang tepat agar teks di atas menjadi padu adalah….

SOAL 8
Di antara pilihan kalimat ini, yang termasuk bagian urutan peristiwa kejadian adalah….

SOAL 9
Di antara teks di bawah ini, yang termasuk ke dalam bagian orientasi adalah….

SOAL 10
Reorientasi dalam teks ulang adalah….
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar