Contoh Soal Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dua teks cerita ulang

Contoh Soal Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dua teks cerita ulang Pada materi sebelumnya, kalian telah memahami struktur dan ciri bahasa teks ulang. Pada materi kali ini, kita akan mencoba membandingkan dua teks cerita ulang berdasarkan struktur dan ciri bahasanya. 

Hal yang perlu kita kaji kala membandingkan dua teks ulang, yaitu struktur dan ciri kebahasaannya. Struktur teks ulang terbagi ke dalam tiga bagian: (1) orientasi, (2) urutan peristiwa tokoh, dan (3) reorientasi. Adapun ciri kebahasaan teks ulang, seperti (1) penggunaan kata ganti tanya apa dan siapa, (2) penggunaan pronomina, (3) penggunaan kata yang menunjukkan kejadian dan peristiwa, (4) penggunaan verba material, (5) penggunaan konjungsi, baik temporal, intrakalimat, maupun antarkalimat, dan (6) penggunaan kalimat simpleks.

Contoh Soal Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dua teks cerita ulang


SOAL 1
Berikut ini yang termasuk ke dalam ciri kebahasaan teks ulang, kecuali….

SOAL 2
Perhatikan hal-hal di bawah ini!
1. Orientasi
2. Komplikasi
3. Resolusi
4. Event/kejadian
5. Reorientasi
Bagian yang termasuk dari struktur teks ulang adalah….

SOAL 3
Salah satu ciri kebahasaan teks ulang adalah adanya penggunaan verba material. Verba material adalah….

SOAL 4
Berikut adalah contoh dari verba material, kecuali….

SOAL 5
Berikut ini yang tidak termasuk pronomina persona (kata ganti orang) adalah….

SOAL 6
Konjungsi terbagi atas dua jenis, yaitu antarkalimat dan intrakalimat. Berikut ini yang termasuk ke dalam kelompok konjungsi antarkalimat adalah….

SOAL 7
Berikut ini yang termasuk ke dalam jenis kalimat simpleks adalah….

SOAL 8
Perhatikan dua teks ulang berikut!
Teks 1
Saya memiliki seorang teman yang bernama Ayub. Ia menceritakan kisah kecilnya kepadaku bahwa ia pernah dijuluki si tukang joged. Waktu itu umurnya baru 4 tahun dan saat itu ada acara dangdut 17 Agustus. Ia mau mendekati ibunya yang berada di seberang panggung. Agar tidak memakan waktu lama, ia memutuskan menaiki panggung dan menyeberanginya. Di tengah panggung, langkahnya terhenti oleh biduan yang menyuruhnya menari. Dengan terpaksa ia pun menari dan semenjak kejadian itu, setiap ada acara yang sama, ia selalu dipanggil untuk menari sehingga sejak itulah ia mendapatkan julukan si tukang joged.
Teks 2
Wajar jika saat ini ia begitu trauma dengan anjing. Saat berumur 7 tahun, ia pernah digigit oleh anjing. Mungkin jika anjing ini anjing biasa, dia tidak akan setrauma ini. Akan tetapi, anjing yang menggigitnya adalah anjing rabies. Akibatnya, ia sempat dibawa ke rumah sakit. Untungnya ia segera mendapatkan pertolongan yang cepat. Jika tidak, mungkin dia tidak ada di hadapanku sekarang.
Berikut pernyataan yang tepat berdasarkan perbandingan dua teks tersebut adalah.…

SOAL 9
Perhatikan teks ulang berikut!
Saya bernama Nupung. Pada tahun 2010 di Kali Tangkahan, Medan, saya hampir merasakan maut yang begitu dekat. Saya hampir meregang nyawa di kali tersebut. Pada mulanya teman saya mau mengajari renang. Ia membawa saya hingga ke tengah kali. Saat ia melepas saya, saya mulai panik dan gelagapan. Saya mulai tenggelam. Untungnya lima orang teman saya sigap menarik saya ke atas dan menyeret saya hingga ke pinggir kali. Pada saat itu saya hampir merasakan mati.
Pernyataan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah….

SOAL 10
Berikut ini adalah kalimat yang menggunakan pronomina penunjuk….
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar