Contoh Soal Interpretasi teks cerita ulang

Contoh Soal Interpretasi teks cerita ulangPada topik sebelumnya, kita telah mempelajari apa itu teks cerita ulang, bagaimana cara menganalisis isi dan bahasanya. Pada pembahasan topik kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menginterpretasi teks cerita ulang, baik cerita ulang pengalaman maupun biografi.
Interpretasi berarti menafsirkan atau mengartikan. Sedangkan teks cerita ulang merupakan teks yang menceritakan suatu peristiwa, kegiatan, atau kejadian yang telah dilakukan/ dialami/ dicermati. Jadi, menginterpretasi makna teks cerita ulang adalah memberikan pendapat tentang isi teks cerita ulang sesuai dengan apa yang dipahami oleh pembaca.

Ada 2 hal yang diperhatikan ketika menginterpretasi teks cerita ulang, baik cerita ulang pengalaman pribadi ataupun biografi: 
1. Kita mengumpulkan informasi bacaan. 
2. Menguraikan permasalahan berdasarkan pemahaman kita sesuai informasi yang sudah kita susun pada langkah pertama.

Contoh Soal Interpretasi teks cerita ulang


SOAL 1
Sepanjang perjalanan melewati terowongan dan jalan berkelak-kelok di bawah gunung ini Anda akan terkesima oleh kemewahan arsitek kota-kota di Cina. Ini merupakan pengalaman yang tak pernah saya lupakan. Begitu keluar akan disambut oleh pemandangan alam pegunungan kapur yang begitu eksotik, memukau, sekaligus menyeramkan karena ketinggian dan ketandusannya. Kapanpun Anda mengunjunginya seumur hidup tak kan pernah Anda lupakan.
Pengalaman luar biasa yang dialami penulis adalah….

SOAL 2
Pahlawan revolusi yang akrab kita panggil Bung Karno, lahir di Blitar pada 6 Juni 1901. Dia anak seorang guru sekolah rakyat. Sebagai anak priyayi yang pandai dari pasangan Raden Soekarni dan Ida Ayu Rai, wanita Bali berdarah bangsawan, Soekarno dapat menikmati pendidikan tingggi dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (kini ITB) pada 1925.…
Soekarno dapat mengenyam pendidikan tinggi karena ….

SOAL 3
Kebun binatang adalah salah satu tempat rekreasi yang menghibur sekaligus mendidik. Namun, akhir-akhir ini masyarakat dikagetkan dengan peristiwa kematian hewan-hewan di kebun binatang Surabaya. Kematian hewan-hewan itu sampai menyita perhatian aparat hukum. Ketidakwajaran kematian hewan dan ditemukannya alat suntik dekat bangkai hewan menimbulkan kecurigaan.
Hubungan kausalitas terdapat pada kalimat ke …. dan ….

SOAL 4
Setahun lalu ketika saya diajak studi banding ke Jepang, saya melihat perbedaan cara pembudidayaan ikan koi di Indonesia dan di Jepang. Bila di Jepang koi, diproduksi secara industri dengan mekanisasi, tetapi di Indonesia diproduksi dengan sistem mina-padi. Sistem ini menumpangsarikan ikan koi disela-sela tanaman padi. Keuntungan sistem ini kita tidak perlu repot-repot memberi makan karena cacing dan rumput kecil telah tersedia. Akan tetapi, untuk memasukkannya kita harus menunggu koi berusia satu atau dua bulan, selanjutnya koi bisa diberi tambahan pangan berupa pelet.
Hal yang dibandingkan dalam paragraf di atas adalah….

SOAL 5
Seperti halnya saya, banyak alasan orang datang ke Museum Angkut Batu, Malang. Selain melihat beraneka alat transportasi, di sini kita seakan berada di seluruh negara di dunia. Kita dapat melihat aneka alat transportasi dunia. Mulai dari alat transportasi yang memakai tenaga hewan sampai mesin, alat transportasi darat, laut, dan udara, kita akan menyaksikan pawai kendaraan seluruh dunia ketika sore hari.
Alasan Museum Angkut Batu banyak dikunjungi orang karena ….

SOAL 6
Beragam kegiatan yang dilaksanakan merupakan rangkaian acara dalam memperingati hari Bahasa di sekolah kami. Pada tahun-tahun mendatang, rencananya, pada peringatan hari Bahasa kami akan selalu menampilkan pembacaan puisi dan cerpen untuk kemudian dijadikan ajang kompetisi. 
Menurut teks ulang di atas, guru akan berkompetisi saat….

SOAL 7
Sosoknya dikenal sebagai seorang yang ramah. Usia yang sangat muda tidak menghalangi sosok ini berani tampil dengan percaya diri yang proporsional. Kepiawaiannya memadu warna dan mendesain baju muslimah mengantarkannya berkeliling dunia untuk menghadiri undangan fashion show. Bukan saja undangan dari negara yang mayoritas muslim tetapi juga undangan dari negara-negara Eropa. Hidupnya yang penuh warna dan energik tertuang dalam karya-karyanya. Mungkin saja, keceriaan 
dan optimismenya lahir dari doa yang dikandung dalam namanya. Itulah dia Dian Pelangi.
Berdasarkan teks ulang di atas, interpretasi yang salah adalah….

SOAL 8
Kebijakan kepala desa mengganti rumput di lapangan sepak bola dengan coblock atau grassblock membuat warga tidak nyaman. Mereka khawatir hobinya tak tersalurkan. Sejak pekan lalu mereka sudah melaporkan hal ini ke DPRD setempat, akan tetapi hasilnya nihil. Akhirnya mereka meyegel pekerjaan pemasangan coblock sambil memasang spanduk bertuliskan “Kembalikan Hak Kami.”
Dasar pemikiran yang dipakai untuk menyimpulkan bahwa warga desa marah kepada kepala desa ialah ….

SOAL 9
Memakan waktu lebih kurang 2,5 jam untuk sampai ke lokasi Pegunungan Bromo, bila kita berangkat dari Surabaya. Di sepanjang jalan kami memang tidak menjumpai mobil pribadi lalu lalang di jalan. Kebanyakan pengunjung mengendarai jenis jeep/trooper. Kendaraan ini disewakan menuju lokasi Bromo.
Bila tidak ada mobil pribadi yang melintas, hanya jeep/trooper dapat kita prediksi jalanan menuju ke Bromo ….

SOAL 10
Saya memiliki bisnis produk mie. Setiap harinya kiriman mie untuk pegawai PT Sejahtera datang sekitar pukul 09.00. Macam-macam keperluan mereka membeli mie. Untuk sekadar kudapan, ulang tahun, atau rapat. Harganyapun bervariasi mulai Rp6000,00 sampai Rp15.000.00.
Penyebab para pegawai memesan mie untuk keperluan …
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar