Contoh Soal Meringkas Teks Rekaman Percobaan

Contoh Soal Meringkas Teks Rekaman PercobaanPemahaman terhadap suatu jenis teks adalah suatu hal yang sangat penting untuk kalian pelajari. Untuk itu, langkah selanjutnya setelah kalian memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks rekaman percobaan adalah meringkas isi teks tersebut. Mampu membuat ringkasan adalah bukti bahwa pemahaman kita terhadap suatu teks semakin berkembang.
Definisi Ringkasan
Ringkasan adalah hasil meringkas atau dalam beberapa soal sering juga disebut ikhtisar atau rangkuman. Meringkas sendiri bermakna memendekkan cerita atau pembicaraan dengan cara mengambil inti sarinya saja.
Langkah Membuat Ringkasan
Seperti yang telah dijelaskan, meringkas adalah mengambil inti sari yang kita temukan dalam bacaan. Inti sari dalam sebuah paragraf muncul di dalam gagasan utama atau kalimat utama. Dengan kata lain, kita perlu menentukan terlebih dahulu gagasan utama dalam suatu paragraf.
      Paragraf terbentuk atas dua unsur, yaitu gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan utama adalah informasi umum yang menjadi pokok pembicaraan, sedangkan gagasan penjelas adalah informasi yang bersifat melengkapi, memperkuat, atau memerinci gagasan utama. 

Perhatikanlah contoh berikut!



      Dapatkah kalian menemukan gagasan utama dalam setiap paragraf di atas? Ingatlah bahwa dalam satu paragraf hanya terdapat satu gagasan utama.

Mari Meringkas!

Teks rekaman percobaan di atas memiliki enam paragraf. Empat paragraf di bagian tujuan(1), satu paragraf di bagian langkah-langkah(2), dan satu paragraf di bagian simpulan(3). Dengan demikian, kita akan mendapatkan enam gagasan utama. 
Berikut adalah gagasan utama dalam setiap paragraf di atas.

      Selanjutnya, keenam gagasan utama di atas harus kita susun menjadi satu paragraf baru yang runut dan logis. Penyusunan ini dapat kita lakukan dengan menggunakan konjungsi (kata hubung) atau kata-kata lain yang dapat membantu memberikan hubungan kepaduan antarkalimatnya. Berikut ini adalah paragraf hasil meringkas teks rekaman percobaan di atas.
      Sampah plastik telah menjadi ancaman bagi kelestarian lingkungan karena sifatnya yang sulit diuraikan. Namun, solusi muncul dari Ngawi. Kakak-kakak SMK di daerah Ngawi berhasil mengubah sampah plastik menjadi minyak mentah. Kalian mungkin mengurangi sampah plastik di sekitar rumah kalian dengan ikut mencoba membuatya karena cara membuat alat ini sangatlah sederhana. Selain itu, Minyak yang dihasilkan dapat kita gunakan sebagai minyak tanah untuk memasak atau bahan bakar lampu petromak dan kita bisa mengurangi jumlah sampah plastik dan membantu melestarikan lingkungan.


Contoh Soal Meringkas Teks Rekaman Percobaan

Teknologi pendingin dari pot yang dibuat dengan sederhana diciptakan oleh Mohammed Bah Abba, pria berkebangsaan Nigeria. Teknologi ini mampu menyelamatkan jutaan hidup warga afrika yang hidup di daerah terpencil dan sangat membutuhkan sistem pengawetan bahan makanan sederhana karena di daerah tersebut belum ada instalasi listrik. Dengan sistem pendingin yang diciptakannya, tomat dan cabai merah dapat bertahan selama tiga minggu. Bahkan, terong dapat bertahan dalam keadaan layak makan selama 27 hari.

 
Kalimat utama paragraf di atas terdapat pada ....
  1. Limbah olahan dapat digunakan sebagai pupuk untuk meningkatkan kualitas lahan. 
    2. limbah olahan dapat merusak lingkungan jika tidak digunakan dengan benar.
Konjungsi yang tepat untuk menggabungkan kedua kalimat di atas adalah ....
Banyak orang yang menganggap bahwa kulit jeruk adalah sampah yang harus dibuang selepas memakan buahnya. Padahal, kulit jeruk memiliki manfaat, yaitu untuk menghancurkan karang gigi/plak. Caranya adalah dengan menggosokkan lapisan dalam kulit jeruk ke karang gigi. Jika kita rutin melakukannya, karang gigi akan hancur dan gigi pun bersih.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ....
Cara pemanfaatan limbah anorganik yang lazim digunakan adalah dengan proses recycling atau mendaur ulang bahan-bahan yang tidak dapat terurai, seperti plastik, gelas, kaleng, dan porselen. Salah satu contoh ditunjukkan oleh perusahaan-perusahaan produksi air mineral yang mulai mengajari masyarakat untuk membuang botol minuman mereka pada tempat-tempat sampah dengan lambang ‘RECYCLE’ agar sampah plastik dapat diolah dan bisa digunakan kembali.

 
Pernyataan yang bukan merupakan informasi inti paragraf di atas, kecuali ....
  1. Maraknya pertumbuhan industri manufaktur berdampak pada meningkatnya jumlah
    limbah industri. 
    2. Meningkatnya jumlah limbah industri dapat memengaruhi kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup.  
    3. Diperlukan cara untuk dapat mengolah limbah industri menjadi berguna.
Penggabungan yang tepat ketiga kalimat di atas adalah ....
Teknologi yang dirancang khusus untuk suatu masyarakat tertentu agar dapat dicocokan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, serta ekonomi masyarakat tersebut adalah apa yang kita sebut dengan teknologi tepat guna. Teknologi tepat guna dibuat sederhana agar pengguna dapat dengan mudah memakai alat hasil penerapan teknologi tersebut.

 
Pernyataan yang tepat terkait informasi teks di atas, kecuali ....
Meningkatkan nafsu makan tidak hanya dengan meminum temulawak/curcuma. Ada banyak cara lain yang alami yang dapat kita gunakan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan daun pepaya.
      Caranya adalah dengan memetik selembar daun pepaya, cuci dan lumatkan dengan tangan. Tambahkan garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas, peras daun. Airnya diminum sampai habis.
Ringkasan yang tepat teks rekaman percobaan di atas adalah ....
Pembuatan mainan sederhana dengan menggunakan teknologi mekanik sangatlah banyak. Beberapa di antaranya yang sering digunakan adalah pembuatan mainan yang berbahan kayu ataupun plastik. Sebagai contoh adalah mainan sederhana dalam bentuk robot otomatis yang dapat bergerak dan berbelok walaupun dihalangi.
      Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan robot seperti di atas kebanyakan membutuhkan komponen elektronik atau bisa juga berasal dari mainan bekas dan benda di sekitar kita. Komponen elektronik mudah didapatkan di toko elektronik yang menjual komponen televisi maupun radio. Sebagai contoh dari komponen elektronik yang bisa didapatkan di toko adalah limit switch. Limit switch merupakan komponen yang berfungsi sebagai saklar yang dapat memutuskan dan menyambungkan rangkaian secara bersamaan.
Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ....
Anda senang menonton film di bioskop, sedangkan uang pas-pasan? Jangan khawatir sebab ada cara praktis dan murah meriah. Waktu yang dibutuhkan pun tidak begitu lama. Anda bisa membuat proyektor sendiri asalkan Anda memiliki smartphone.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
Roket merupakan wahana yang mendapatkan dorongan melalui reaksi roket terhadap keluarnya secara cepat bahan fluida dari keluaran mesin roket. Proses yang terjadi dalam ruang bakar mampu membuat gas mengalir dengan kecepatan hipersonik sehingga menimbulkan dorongan reaktif yang besar untuk roket.
      Kita bisa membuat roket sendiri dengan bahan yang cukup sederhana. Salah satu jenis roket yang bisa kita buat adalah roket air. Media tekan yang berfungsi sebagai mesin roket biasanya terbuat dari botol plastik bekas minuman ringan yang berisi air. Dengan berbekal prinsip dari hukum III Newton botol air ini bisa kita ubah menjadi sebuah roket berbahan air. Prosesnya adalah air dipaksa keluar oleh udara yang bertekanan, biasanya kompresi udara yang membuat botol plastik melesat.
Rekaman percobaan yang diulas dalam teks tersebut adalah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar