Contoh Soal Menyunting dan Merevisi Teks Rekaman Percobaan

Contoh Soal Menyunting dan Merevisi Teks Rekaman PercobaanTeks rekaman percobaan masih menjadi materi yang akan dibahas dalam topik ini. Kalian akan belajar bagaimana menyunting dan merevisi teks rekaman percobaan. Jika membicarakan tentang menyunting, kalian akan membahas tentang ejaan dan bahasa yang digunakan dalam teks. Proses menyunting dilakukan untuk menyempurnakan tulisan atau teks. Proses menyunting teks dapat dilakukan dalam beberapa tahap. 
      Pertama, tentu hal yang pertama kalian lakukan adalah membaca isi teks. Bacalah teks secara keseluruhan dan memahami isi teks tersebut. Jika perlu bacalah berulang-ulang. Kedua, saat membaca, kalian mungkin menemukan kesalahan penulisan kata, tanda baca, atau kalimat yang tidak sesuai. Kalian dapat menandai kesalahan penulisan tersebut. Ketiga, perbaikilah kesalahan penulisan yang telah kalian tandai. Jika ada yang tidak mengerti, kalian dapat membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia dan buku tentang Ejaan Yang Disempurnakan. Keempat, teks yang sudah selesai disunting tersebut dapat kalian baca kembali dengan cermat. 
      Saat menyunting teks, kalian perlu memerhatikan beberapa hal, yaitu sebagai berikut.
1. Ejaan
Saat menyunting, kalian perlu memerhatikan ejaan yang digunakan dalam teks. Aturan ejaan yang ada dalam teks tersebut sudah sesuai dengan ejaan yang disempurnakan atau belum. Misalnya, kalian menemukan kata ”mensatu”. Kata tersebut tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan dan perlu diperbaiki menjadi ”menyatu”. Hal itu disebabkan imbuhan me- yang menghadapi kata dasar k,p,t,s akan mengalami peluluhan. 
2. Tanda baca
Tanda baca juga perlu diperhatikan dalam sebuah teks. Penggunaan tanda baca ini dapat berupa penggunaan tanda titik, tanda koma, tanda seru, tanda tanya, dan sebagainya. Misalnya, setiap kalimat dalam sebuah teks perlu diakhiri tanda baca seperti tanda baca titik.
3. Diksi
Diksi atau pilihan kata ini menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam penyuntingan. Teks rekaman percobaan merupakan teks yang menggunakan gaya formal. Jadi, pilihan kata yang disusun dalam teks perlu ditulis secara formal. Selain itu, teks tersebut juga ilmiah sehingga pilihan kata yang berupa istilah-istilah tertentu perlu sesuai dengan makna yang hendak disampaikan dalam teks. Jangan sampai penggunaan istilah tersebut menyatakan makna ganda.
4. Kalimat 
Kalimat dalam teks perlu disusun dengan efektif. Saat menyunting teks, kalian perlu memerhatikan penyusunan dan gagasan dalam kalimat. Kalimat efektif memiliki pola yang benar dan selalu jelas keberadaan subjek dan predikatnya.
5. Sistematika penulisan 
Sistematika ini meliputi aturan dalam penulisan. Misalnya, dalam teks rekaman percobaan, kalian dapat menemukan susunan struktur teks tersebut. Jadi, strukrur teks tersebut disusun sesuai dengan kaidahnya. Selain itu, sistematika penulisan paragraf, penulisan numerisasi, dan sebagainya perlu diperhatikan juga dengan baik. 
6. Kebenaran konsep
Tidak hanya tata bahasa yang perlu disunting tetapi juga konsep dari teks tersebut. Setiap teks yang ditulis pasti memiliki topik yang hendak disampaikan. Nah, topik tersebut dipaparkan untuk menyampaikan konsep tertentu. Misalnya, saat membaca teks rekaman percobaan, kalian akan mengetahui tentang berbagai penelitian ilmiah. Nah, kebenaran penelitian ilmiah tersebut perlu dipastikan dengan benar sehingga tidak salah dengan konsep ilmu pengetahuan yang sudah berkembang.
      Selain menyunting, kalian juga belajar untuk merevisi teks dalam topik ini. Revisi dapat dipahami sebagai pemeriksaan atau peninjauan kembali yang bertujuan untuk perbaikan. Perbaikan atau revisi dalam teks rekaman percobaan dapat dilakukan dengan memerhatikan sistematika struktur dan ciri-ciri kebahasaan dalam teks rekaman percobaan.


Contoh Soal Menyunting dan Merevisi Teks Rekaman Percobaan

Penulisan tujuan penelitian yang benar adalah ....
Cabai rawit dapat di tanam dengan baik di dataran rendah dan dataran tinggi. Tanaman ini dapat tumbuh subur ditanah yang gembur, cukup mengandung humus, juga memiliki saluran pembuangan air yang baik. Selain di Indonesia, cabai rawit juga tumbuh dan popular dengan bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara, seperti di Singapura dan Malaysia yang mengenal cabai rawit dengan sebutan cili padi.
Kata-kata yang dicetak miring dalam teks tersebut perlu diperbaiki dengan kata yang tepat yaitu ....
Sampah anorganik merupakan sampah yang .... mudah membusuk, ... botol, kantong plastik, kaleng, gelas minuman, ... sebagainya. Sampah ini dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang ... memiliki nilai jual. Misalnya, kantong plastik yang dapat diubah ... tas berbahan plastik yang unik.
Berikut ini kata-kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut ....
Pupuk merupakan komponen penting bagi tanaman. Pupuk mengandung unsur hara yang memengaruhi pertumbuhan dan produksi tananam. Salah satu pupuk yang sering digunakan dalam sistem pertanian adalah pupuk anorganik. 
      Pupuk tersebut memang dapat membantu pertumbuhan tanaman dengan cepat. Namun, jika terus-menerus digunakan ternyata dapat merusak biota tanah dan merubah kandungan vitamin serta mineral dalam sayuran dan buah. Apalagi masyarakat saat ini lebih memilih sayuran dan buah yang segar dan bebas dari bahan kimia. Masyarakat menjadi selektif dalam memilih sayur dan buah karena ingin hidup lebih sehat. Dengan demikian, sistem pertanian yang dilakukan saat ini memerlukan alternatif baru dalam hal pengembangkan tanaman. 
      Alternatif baru tersebut adalah dengan penggunaan penggunaan pupuk organik. Pupuk ini berasal dari kotoran hewan atau sisa-sisa tumbuhan yang telah membusuk bukan berasal dari bahan kimia seperti pupuk anorganik. Penggunaan pupuk organik ini dinilai dapat menjadi cara untuk menjaga kualitas sayuran dan buah dari bahan kimia yang berbahaya. 
Agar tidak tertukar dengan landasan teori, latar belakang tersebut perlu diberikan penjelasan berupa kalimat ....
Kalimat wajar yang digunakan dalam teks rekaman percobaan adalah ....
  1. Bahan dicampur dengan perbandingan pupuk, pasir, dan tanah adalah 1:1:2
  2. Bahan yang sudah tercampur rata dimasukkan ke dalam polybag dan benih dibenamkan di dalamnya.
  3. Lakukan penyiraman secara teratur, yaitu setiap dua hari sekali.
  4. .......................................................
  5. Catat pertumbuhan batang tanaman dan jumlah daunnya.
Langkah yang tepat untuk melengkapi tahap penelitian tersebut adalah ....
Pupuk dapat membantu pertumbuhan tanaman dengan memberikan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut. Menurut para ahli, banyak jenis-jenis pupuk yang dibagi berdasarkan sumber bahan pembuatan, berdasarkan kandungannya, dan bentuk fisiknya. Jenis-jenis pupuk tersebut perlu diketahui dengan baik terutama dalam penggunaannya.
Kalimat yang dicetak miring tersebut perlu diperbaiki menjadi ....
Berdasarkan hasil percobaan, mangga miliki jumlah vitamin B-6 berlimpah. Vitamin itu sangat penting untuk mempertahankan serta meningkatkan fungsi otak. Mangga juga mengandung zat besi hingga dapat dimanfaatkan oleh penderita anemia. Selain ini, mangga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
Perbaikan teks yang tepat untuk teks tersebut adalah ....
Dalam paparan data penelitian ini dijelaskan bahwa tanaman merupakan makhluk hidup yang mampu tumbuh dan berkembang dengan memproduksi makanannya sendiri. Dengan bantuan sinar matahari, tanaman dapat memperoleh makanan. Proses mendapatkan makanan yang dilakukan oleh tanaman ini disebut dengan fotosintesis. Fotosintesis dilakukan pada siang hari saat matahari menyinari bumi.
Berikut ini pernyataan yang sesuai untuk merevisi teks tersebut ....
Buah yang berkualitas tidak hanya diperoleh dari penanaman bibit unggul ... dapat diperoleh dengan pencangkokan tanaman. Tidak semua tanaman dapat dicangkok ... pencangkokan dapat dilakukan pada tanaman yang berkambium seperti pohon mangga. Pencangkokan juga tidak dapat dilakukan pada sembarang cabang. Batang perlu dipilih ... baik begitu pula dengan bahan pembungkus dan jenis tanah yang digunakan untuk perkembangan cangkok tersebut. 
      Penelitian ini akan memperlihatkan cara pencangkokan yang benar. Pencangkokan akan dilakukan pada pohon mangga dan hasilnya akan diketahui ... pengamatan secara langsung.
Pilihan kata yang paling tepat untuk mengisi kutipan latar belakang di atas adalah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar