Contoh Soal Menelaah Teks Rekaman Percobaan - Setelah mampu menyusun teks rekaman percobaan dengan bahasa sendiri, pada materi kali ini kita akan masuk ke dalam tahapan berikutnya, yaitu belajar menelaah teks rekaman percobaan. Dalam materi menelaah teks rekaman percobaan, siswa dapat memeriksa kembali hasil penyusunan rekaman percobaan sendiri sehingga menjadi teks rekaman percobaan yang runtut dan logis.
Tentang:
Contoh Soal B.Indonesia
Pada pembelajaran teks rekaman percobaan yang lalu, sahabat semua telah mempelajari langkah-langkah menuliskan hasil proyek percobaan sederhana yang telah dilakukan. Pada materi tersebut, kita mengetahui bahwa ketika menyusun teks rekaman percobaan, tidak boleh terlepas dari struktur pembangun teks rekaman percobaan itu sendiri yakni tujuan (termasuk alat dan bahan), langkah-langkah kerja, hasil, dan simpulan. Akan tetapi, dalam keseharian, seringkali kita sering menemukan hasil percobaan dalam bentuk makalah. Nah, apakah perbedaannya?
Pada dasarnya struktur teks rekaman percobaan merupakan ringkasan dari makalah percobaan yang kita lakukan. Dalam sebuah makalah percobaan atau makalah penelitian yang kita susun, urutannya meliputi:
(1) pendahuluan (latar belakang penelitian, rumusan masalah, dan tujuan penelitian),
(2) landasan teori atau kajian pustaka,
(3) metode penelitian,
(4) paparan data dan hasil percobaan/penelitian, dan
(5) simpulan
Dari perbandingan di atas, jika kita ingin menelaah sebuah makalah percobaan, kita pun harus mengetahui struktur teks rekaman percobaannya. Bagian tujuan dari struktur teks rekaman percobaan memaparkan apa yang ditulis dalam bab pendahuluan dan landasan teori, begitupun dengan bagian langkah-langkah kerja dan hasil serupa dengan apa yang dipaparkan dalam bab paparan data dan hasil percobaan.
Nah, sahabat quipper, kilas informasi di atas membawa kita pada petunjuk untuk materi menelaah teks rekaman percobaan kali ini. Garis besarnya, sebuah teks rekaman percobaan memuat bagian per bagian. Agar kita mudah dalam memeriksa apakah teks tersebut sesuai dengan bagian yang benar buatlah sebuah bagan yang mewakili struktur pembentuk teks rekaman percobaan. Setelah itu, kita juga perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk menguji apakah teks yang telah dibagi sesuai dengan bagiannya.
Pada dasarnya struktur teks rekaman percobaan merupakan ringkasan dari makalah percobaan yang kita lakukan. Dalam sebuah makalah percobaan atau makalah penelitian yang kita susun, urutannya meliputi:
(1) pendahuluan (latar belakang penelitian, rumusan masalah, dan tujuan penelitian),
(2) landasan teori atau kajian pustaka,
(3) metode penelitian,
(4) paparan data dan hasil percobaan/penelitian, dan
(5) simpulan
Dari perbandingan di atas, jika kita ingin menelaah sebuah makalah percobaan, kita pun harus mengetahui struktur teks rekaman percobaannya. Bagian tujuan dari struktur teks rekaman percobaan memaparkan apa yang ditulis dalam bab pendahuluan dan landasan teori, begitupun dengan bagian langkah-langkah kerja dan hasil serupa dengan apa yang dipaparkan dalam bab paparan data dan hasil percobaan.
Nah, sahabat quipper, kilas informasi di atas membawa kita pada petunjuk untuk materi menelaah teks rekaman percobaan kali ini. Garis besarnya, sebuah teks rekaman percobaan memuat bagian per bagian. Agar kita mudah dalam memeriksa apakah teks tersebut sesuai dengan bagian yang benar buatlah sebuah bagan yang mewakili struktur pembentuk teks rekaman percobaan. Setelah itu, kita juga perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk menguji apakah teks yang telah dibagi sesuai dengan bagiannya.
Macam-macam pertanyaan yang bisa membantu menelaah teks
- Ajukan pertanyaan, “Apa alasan dibuatnya proyek percobaan, apa kegunaan proyek percobaan, dan bahan-bahan/alat-alat apa yang menunjang proyek percobaan?”
Ketiga pertanyaan tersebut mewakili pertanyaan seputar latar belakang percobaan. Maka, pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dipakai untuk mengecek apakah paragraf yang dimasukkan ke dalam bagan merupakan bagian dari struktur tujuan (termasuk alat dan bahan) atau bukan.
Contohnya:
Penjelasannya:
Paragraf di atas sudah sesuai dengan struktur teks rekaman percobaan yang pertama yakni tujuan (termasuk alat dan bahan), karena
(1). Peryataan yang diberi warna hijau menjawab pertanyaan apa alasan dibuatnya percobaan tersebut.
(2). Pernyataan yang diberi warna kuning menjawab pertanyaan apa kegunaan dari percobaan tersebut.
(3). Pertanyaan yang diberi warna biru menjawab pertanyaan apa alat-alat/bahan-bahan yang menunjang percobaan tersebut. - Ajukan pertanyaan, “Bagaimana cara dan tahapan pembuatan percobaan?”
Pertanyaan ini merupakan deskripsi pelaksanaan percobaan. Hal ini meliputi langkah awal mengerjakan percobaan hingga proyek percobaan tersebut selesai diciptakan.
Contohnya:
Penjelasannya:
Paragraf di atas sudah sesuai dengan struktur teks rekaman percobaan yang kedua yakni langkah kerja, karena memaparkan langkah-langkah penyusunan pembuatan proyek percobaan. - Ajukan pertanyaan, “Seperti apa hasil akhir dari percobaan tersebut?”
Pertanyaan ini merupakan penegasan kembali mengenai hasil akhir dari pelaksanaan percobaan.
Contohnya:
Penjelasannya:
Paragraf di atas sudah sesuai dengan struktur teks rekaman percobaan yang ketiga yakni hasil, karena menegaskan hasil yang diperoleh dari langkah kerja sebelumnya.
4. Ajukan pertanyaan, “Apa yang bisa disimpulkan terkait tujuan percobaan di awal?”
Pertanyaan ini merupakan jawaban sekaligus simpulan dari tujuan proyek percobaan yang dikemukakan pada bagian struktur tujuan.
Contohnya:
Penjelasannya:
Paragraf di atas sudah sesuai dengan struktur teks rekaman percobaan yang keempat yakni simpulan, karena menjawab apa yang diungkap dalam struktur tujuan teks rekaman percobaan.
Dengan demikian, jika keempat bagan sudah lengkap dan sesuai struktur teks, langkah menelaah teks rekaman percobaan telah selesai kita lalui.
Paragraf di atas sudah sesuai dengan struktur teks rekaman percobaan yang ketiga yakni hasil, karena menegaskan hasil yang diperoleh dari langkah kerja sebelumnya.
4. Ajukan pertanyaan, “Apa yang bisa disimpulkan terkait tujuan percobaan di awal?”
Pertanyaan ini merupakan jawaban sekaligus simpulan dari tujuan proyek percobaan yang dikemukakan pada bagian struktur tujuan.
Contohnya:
Penjelasannya:
Paragraf di atas sudah sesuai dengan struktur teks rekaman percobaan yang keempat yakni simpulan, karena menjawab apa yang diungkap dalam struktur tujuan teks rekaman percobaan.
Dengan demikian, jika keempat bagan sudah lengkap dan sesuai struktur teks, langkah menelaah teks rekaman percobaan telah selesai kita lalui.
S1
Kalian pernah tahu kalau magnet dapat dihasilkan dari gerakan medan listrik? Betul sekali, istilah dalam fisikanya adalah elektromagnetik. Elektromagnetik sendiri merupakan salah satu cabang dari ilmu Fisika yang mempelajari medan listrik dan medan magnet. Dalam hukum fisika tersebut, ternyata medan listrik dan medan magnet terkait satu sama lainnya. Maka dari itu, pada percobaan kali ini kita akan membuat sebuah magnet dari paku yang dialiri listrik.
Fungsi dari elektromagnetik dari bacaan di atas adalah ….
S2
Untuk mengetes teori elektromagnetik ini, sahabat membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:
• Paku besi berukuran 10 cm
• Kabel kawat tembaga 40 cm
• 1 buah baterai AA berdaya 1,5 Volt
• Isi steples 10 butir
• Paku besi berukuran 10 cm
• Kabel kawat tembaga 40 cm
• 1 buah baterai AA berdaya 1,5 Volt
• Isi steples 10 butir
Bahan yang tidak ada dalam bacaan di atas adalah ….
S3
Akhir-akhir ini banyak sekali tayangan video ataupun artikel mengenai energi alternatif. Hal ini tentu saja menggembirakan bagi kita, terutama bagi orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Kepana? Karena di perjalanan sulit sekali mencari lubang listrik untuk mengecas ponsel. Adapun powerbank, lama kelamaan dapat merusak ponsel yang kita punyai. Untuk itu ada solusi gampang sekaligus hemat di kala terdesak dengan baterai ponsel yang akan habis. Salah satu energi alternatif yang bisa menjadi solusi adalah dengan mengecas hape dengan bahan buah-buahan.
Tujuan yang dingin disampaikan penulis dalam teks di atas adalah ….
S4
Simak baik-baik audio berikut!
Hal-hal yang tidak disampaikan dalam rekaman percobaan tersebut adalah ….
S5
Langkah kerja praktikum:
1. Pertama siapkan kabel tembaga, lalu kuliti hampir sebagian besar kabel, kecuali sisakan sedikit lapisan pada dua bagian ujungnya.
2. Terakhir, cobalah untuk mengujinya ke bubuk besi atau isi steples yang kecil.
3. Sementara itu, dua ujung lain yang masih ada kulitnya ditempelkan pada baterai. Bisa ditempel dengan selotip.
4. Selanjutnya, kabel yang tinggal tembaga tinggal dililitkan pada paku yang telah disiapkan.
5. Berangsur-angsur, aliran listrik dari baterai mengalir pada paku.
1. Pertama siapkan kabel tembaga, lalu kuliti hampir sebagian besar kabel, kecuali sisakan sedikit lapisan pada dua bagian ujungnya.
2. Terakhir, cobalah untuk mengujinya ke bubuk besi atau isi steples yang kecil.
3. Sementara itu, dua ujung lain yang masih ada kulitnya ditempelkan pada baterai. Bisa ditempel dengan selotip.
4. Selanjutnya, kabel yang tinggal tembaga tinggal dililitkan pada paku yang telah disiapkan.
5. Berangsur-angsur, aliran listrik dari baterai mengalir pada paku.
Urutan yang benar dari langkah pembuatan paku elektromagnetik di atas adalah ….
S6
Perhatikan kutipan teks berikut!
(1) Langkah pertama, buka tutup botol soda dan masukan cairan cuka beberapa tetes.
(2) Ganti tutup botol soda dengan kapal-kapalan dari gabus.
(3) Selanjutnya, sedikit demi sedikit goyangkan botol selama beberapa detik.
(2) Ganti tutup botol soda dengan kapal-kapalan dari gabus.
(3) Selanjutnya, sedikit demi sedikit goyangkan botol selama beberapa detik.
Apa yang akan terjadi dengan percobaan yang ditunjukkan dalam langkah di atas ….
S7
Perhatikan teks rekaman percobaan berikut!
- Langkah pertama, siapkan piring dan tuangkan beberapa sendok air mineral ke atasnya.
- Selanjutnya, Anda tinggal memasukkan koin 500 rupiah ke dalam air tersebut.
- Di tempat terpisah, ….
- Letakkan gelas tersebut secara terbalik di atas piring
- Maka, air yang ada di dalam piring akan naik ke dalam gelas dan membuat koin tetap kering. Itulah pembuktian bahwa jika kertas terbakar akan menekan gas dalam gelas ke dalam piring, sehingga air dalam piring akan naik ke atas gelas.
Kalimat yang cocok untuk melengkapi langkah kerja percobaan di atas adalah ….
S8
Nah, ketika gula batu tersebut diberikan api, gula batu ternyata tidak akan terbakar, yang akan terlihat hanyalah bekas hitam gosong. Untuk itu, sebelum membakarnya, taburilah gula batu tersebut dengan abu kertas. Ini membuktikan bahwa abu kertas yang menempel pada gula batu itu bersifat sebagai katalisator pembakaran. …
Kalimat simpulan untuk melengkapi teks rekaman percobaan di atas adalah ….
S9
Perhatikan teks rekaman percobaan berikut!
(1) Siapkan dua potong kabel masing-masing sepanjang 10 cm,
(2) Ambil satu potongan kabel tersebut, lalu sambungkan dengan kabel bel listrik yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
(3) Ujung kabel yang lain disambungkan ke rumahan lampu.
(4) Kabel yang kedua digabungkan di dalam rumahan lampu sehingga menjadi dua pasang
(5) Selanjutnya, sambungkan ujung kabel yang tersambung dengan rumahan lampu, yang diparalelkan dengan kabel lain sepanjang kurang lebih 2 meter.
(6) Di ujung kabel panjang ini telah diberi saklar
(7) Terakhir, sambungkan ujung kabel panjang tersebut dengan kepala ujung kabel yang pertama.
(2) Ambil satu potongan kabel tersebut, lalu sambungkan dengan kabel bel listrik yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
(3) Ujung kabel yang lain disambungkan ke rumahan lampu.
(4) Kabel yang kedua digabungkan di dalam rumahan lampu sehingga menjadi dua pasang
(5) Selanjutnya, sambungkan ujung kabel yang tersambung dengan rumahan lampu, yang diparalelkan dengan kabel lain sepanjang kurang lebih 2 meter.
(6) Di ujung kabel panjang ini telah diberi saklar
(7) Terakhir, sambungkan ujung kabel panjang tersebut dengan kepala ujung kabel yang pertama.
Percobaan yang dihasilkan dari urutan langkah di atas adalah ….
S10
Simpulan dari percobaan ilmiah tersebut adalah ….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar