Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Rekaman Pecobaan

Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Rekaman PecobaanTeks rekaman percobaan memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan teks prosedur yang pernah kalian pahami di kelas VIII. Hal ini terlihat dari dua hal: (1) struktur dan (2) tema.
Struktur rekaman percobaan memiliki tiga bagian: tujuan ^ langkah ^ simpulan sementara teks prosedur hanya memiliki dua bagian: tujuan ^ langkah. Selain itu, tidak semua hal yang memiliki tahapan dapat dijadikan sebagai tema teks rekaman percobaan. Sebagai contoh, langkah-langkah membuat email dapat dijadikan sebagai tema teks prosedur, tetapi tidak untuk rekaman percobaan. Dalam teks rekaman percobaan, sebuah tema haruslah mengandung suatu unsur penelitian atau percobaan ilmiah.
      Kedua perbedaan di atas menjadi satu dasar bagi kita dalam menyusun teks rekaman percobaan. Selanjutnya, secara lengkap, langkah-langkah dalam membuat teks rekaman percobaan adalah sebagai berikut.
1. Menentukan tema
Tema adalah satu hal yang terpenting dalam membuat sebuah teks. Sebelum menulis teks, tentukan tema terlebih dahulu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tema rekaman percobaan adalah sesuatu yang bersifat percobaan atau berupa penelitian, misalnya seledri sebagai obat alami pencuci ginjal atau infuss water sebagai gaya hidup sehat. Kali ini kita akan memilih seledri sebagai obat alami pencuci ginjal.
2. Mengembangkan tema menjadi kalimat
Tema yang sudah kalian tentukan pada bagian 1 harus kalian kembangkan menjadi sebuah kalimat, yaitu Selain digunakan sebagai salad, seledri ternyata mampu mencuci ginjal secara alami. 
Kalimat ini akan kita pakai sebagai gagasan utama dalam bagian struktur teks rekaman percobaan bagian pertama, yaitu tujuan serta alat dan bahan. Dengan kata lain, kita harus membuat kalimat lain sebagai gagasan penjelasnya. Untuk itu, kita berlanjut ke tahap ketiga.
3. Mengembangkan kalimat yang telah dibuat berdasarkan tema menjadi teks yang runut dan logis
Tema yang telah kita ubah menjadi kalimat kita jadikan sebagai dasar dalam membuat sebuah paragraf. Pastikan bahwa apa yang akan kita tulis adalah informasi berisi tujuan dan alat serta bahan. Kita dapat juga menambahkan hal-hal terkait tema, seperti kandungan dan manfaatnya.
Contoh:
Selain digunakan sebagai salad, seledri ternyata mampu mencuci ginjal secara alami. 
saledri dipercaya memiliki manfaat untuk tubuh sehingga sering dijadikan sebagai jus. Bahkan, berdasarkan penelitian, seledri ternyata mampu menjaga kesehatan fungsi ginjal. Sebagai organ yang menyaring darah, ginjal membuat tubuh tidak teracuni oleh kotoran. Akan tetapi, dalam prosesnya, ginjal dapat melemah akibat akumulasi racun yang terus-menerus dihasilkan tubuh. Untuk itu, kita membutuhkan cara untuk membantu ginjal menetralisasi racun-racun tersebut.
Dengan kandungan vitamin A yang tinggi dan sumber vitamin B1, B2, B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino esensial yang tinggi, seledri akan bekerja secara optimal ketika kita membuatnya menjadi jus. Natrium organik alami yaitu garam dalam seledri sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bahkan, bagi yang mengalami gangguan dengan kestabilan darah seperti hipertensi masih aman mengonsumsi natrium yang terkandung di dalamnya.
4. Melengkapi teks yang telah dibuat pada tahapan ketiga dengan bagian struktur lain
Berdasarkan tahapan bagian ketiga, kita telah memiliki satu bagian dalam teks rekaman percobaan. Langkah selanjutnya adalah menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi rekaman percobaan yang utuh, yaitu menambahkan bagian kedua (langkah-langkah).
Contoh:
Langkah-langkah
Cara membersihkan ginjal dengan khasiat daun seledri juga cukup mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
Siapkan terlebih dahulu satu ikat daun seledri yang segar dan sudah dicuci bersih. Kemudian, potonglah daun menjadi bagian kecil-kecil. Selanjutnya, rebuslah daun selederi yang sudah dipotong tadi dengan 1 panci berisi air sebanyak lebih kurang 2 liter. Perebusan ini membutuhkan waktu 10 menit. Tunggu lalu saring dan dinginkan. Anda cukup minum satu gelas ramuan setiap hari dan semua kotoran, garam, dan racun yang menumpuk akan keluar melalui air seni.
Simpulan
Dengan rutin meminum rebusan tadi, diharapkan kondisi tubuh kita semakin baik arena ginjal akan semakin mudah melakukan tugasnya. Hal ini karena racun yang telah terakumulasi dalam ginjal dapat dibuang secara alami. Langkah ini bisa menjadi upaya preventif bagi kita dalam menjaga kesehatan ginjal agar penyakit parah seperti gagal ginjal dapat kita hindari.
  1. Cermati penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam penyusunannya Setelah semua kita lakukan, jangan lupakan untuk mencermati penggunaan bahasanya, seperti penerapan tanda baca, huruf, atau penulisan kata.


Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Rekaman Pecobaan

Air nabeez adalah air rendaman buah kurma atau kismis. Minuman ini memiliki salah satu kegunaan untuk memulihkan tenaga dan mencegah penyakit sembelit.
Penggalan teks rekaman percobaan di atas termasuk ke dalam bagian ....
Hal pertama kali yang harus kita lakukan untuk membuat infused water adalah menyiapkan buah, sayuran atau dedaunan yang akan menjadi bahan utama. Setelah menyiapkan bahan, cuci bahan tersebut hingga bersih dengan air yang mengalir. Setelah bahan-bahan dicuci bersih, potonglah menjadi bagian-bagian kecil. Hal ini harus dilakukan secara berurutan. Karena jika kita memotong baru mencuci, kandungan vitamin dalam bahan akan hilang.
Penggalan teks rekaman percobaan di atas termasuk ke dalam bagian ....
Perhatikanlah kalimat-kalimat berikut!
1. Terkadang ada yang tertipu ketika powerbank yang dibeli kapasitasnya tidak sesuai dengan apa yang tertera.
2. Powerbank menjadi alat yang kini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
3. Untuk itu, ada baiknya juga jika kita mampu membuat sendiri alat ini.
4. Hal ini disebabkan semakin tingginya penggunaan smartphone dalam keseharian.
Susunan yang tepat agar kalimat-kaimat di atas dapat menjadi bagian pertama teks rekaman percobaan adalah ....
Perhatikan penggalan teks berikut!
Cara membuat alat penjernih air adalah sebagai berikut. Buatlah lubang pada masing masing botol minuman tersebut! Kedelapan botol yang telah dilubangi dihubungkan satu per satu dengan menggunakan pralon ukuran ¾ inch sepanjang 1 meter yang disambungkan dengan keni sebanyak 19 buah. Tutup setiap sambungan hingga air tidak merembes dengan perapat sambungan dan lem pralon. Setelah itu, botol bisa dimasukkan bahan penjernih air,antara lain,pasir,batu kerikil kecil,ijuk,arang batok kelapa. Setelah itu alirkan air dari sumur/ tampungan air menuju alat penjernih air sederhana tersebut.

 
Bahan yang digunakan sesuai dengan penggalan di atas adalah ....
Setelah semua alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan alat penyiraman tanaman otomatis tersedia, ikutilah langkah-langkah di bawah ini!
• Buatlah lubang di bagian tengah tutup botol dengan menggunakan obeng. Sesuaikan ukuran lubang tersebut dengan diameter selang plastik aquarium.
• Kemudian masukan ujung selang plastik ke dalam lubang di tutup botol tadi.
Bagian tujuan yang tepat untuk mengawali langkah di atas adalah ....
Minimnya ketersediaan masker saat bencana asap dapat diantisipasi dengan membuat masker yang dibuat sendiri dengan menggunakan bahan sederhana. Masker atau lebih tepat disebut alat bantu pernafasan yang dibuat sendiri ini justru memiliki kwalitas penyaringan udara yang jauh lebih baik. Penggunaan alat pernafasan ini sudah cukup menjamin kebersihan dari partikel polusi yang tersangkut di filter yang dibuat. 
Penulisan kata yang salah dalam teks di atas adalah ....
Jika Anda sering merasa pegal-pegal di bagian leher, punggung, atau pinggang akibat aktivitas berlebih atau olahraga, daun pakis yang telah dikeringkan lalu disimpan di bawah kain seprai atau bantal saat Anda tidur ternyata mampu menghilangkan keluhan tersebut.
Judul yang tepat teks rekaman percobaan berdasarkan penggalan di atas adalah ....
Uban merupakan hal yang lazim terjadi bagi sebagian orang berusia lanjut. Tak sedikit orang berupaya menghilangkan uban dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang mungkin saja berbahaya bagi kesehatan. ... Akan tetapi, kini ada cara baru dan sangat alami, yaitu dengan kulit kentang. 
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang di atas adalah ....
Cara sederhana ini ternyata bisa menimbulkan dampak yang sangat luar biasa. Hanya dengan menggunakan sebuah sendok, sinyal yang biasanya tidak stabil serta sedikit menjadi maksimal. Harganya pun relatif murah tanpa harus membeli antena tambahan yang tentu saja mahal.
Teks di atas termasuk ke dalam bagian ....
Sebagian besar masyarakat menggunakan modem untuk dapat mengakses internet. ... . Jika mengalami hal semacam itu, Anda sebenarnya dapat mengakalinya dengan cara yang sangat sederhana: menggunakan sendok.
Bagian rumpang dapat diisi dengan kalimat ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar