Berikut disajikan kisi-kisi soal uji coba ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2019 SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Indikator Materi | Indikator Soal | No |
1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA | ||
Memaknai istilah/kata | Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut. | 1. |
Mengidentifikasi informasi tersurat | Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut. | 2. |
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat. | 3. | |
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut. | 4. | |
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi teks. | 5. | |
Menemukan ide pokok | Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut. | 6. |
Menemukan inti kalimat | Disajikan kalimat luas/majemuk, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut dengan tepat. | 7. |
Menentukan makna rujukan | Disajikan paragraf yang menggunakan kata acuan, peserta didik dapat menentukan kata/kelompok kata yang dirujuk oleh acuan tersebut dengan tepat. | 8. |
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks | Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf dengan tepat. | 9. |
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat. | 10. | |
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebutdengan tepat. | 11. | |
Menentukan kalimat utama | Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat menentukan kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat. | 12. |
Menentukan kalimat penjelas | Disajikan satu kalimat utama dan lima kalimat penjelas, peserta didik dapat menentukan tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama | 13. |
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi | Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut dengan tepat. | 14. |
Mengomentari isi teks | Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat menentukan kalimat penilaian terhadap isi teks dengan tepat. | 15. |
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA | ||
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra | Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang dalam teks dengan tepat. | 16. |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa ungkapan/makna kias dengan tepat. | 17. | |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa majas dengan tepat. | 18. | |
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Disajikan sebait gurindam, peserta didik dapat menentukan maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat | 19. |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh dengan tepat. | 20. | |
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai -nilai) | Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan konflik dengan tepat. | 21. |
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat. | 22. | |
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan saat inidengan tepat. | 23. | |
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) | Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa mampu menentukan persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks dengan tepat | 24. |
Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai) | Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan pembuktian watak tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat. | 25. |
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan latar (suasana, waktu, atau tempat) sesuai kutipan dengan tepat. | 26. | |
Disajikan penggalan cerpen/ novel, peserta didik dapat menentukan hal yang diungkapkan dalam teks, yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini dengan tepat. | 27. | |
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra | Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat. | 28. |
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut | 29. | |
Meringkas isi karya sastra | Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat. | 30. |
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS | ||
melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa | Disajikan teks berisi ilustrasi peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan ungkapan yang tepat | 31. |
Disajikan teks berisi ilustrasi peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan peribahasa yang tepat | 32. | |
Melengkapi unsur teks eksposisi | Disajikan paragraf yang dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan untuk melengkapinya dengan tepat. | 33. |
Melengkapi unsur teks deskripsi | Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat. | 34. |
Melengkapi unsur teks argumentasi | Disajikan sebuah kalimat pendapat tentang sesuatu, peserta didik dapat menentukan kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung) | 35. |
Melengkapi unsur teks ulasan | Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat. | 36. |
Melengkapi teks prosedur | Disajikan paragraf proses yang dirumpangkan satu kalimatnya, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya. | 37. |
Melengkapi paragraf Induktif | Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan yang padu untuk melengkapinya | 38. |
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama) | Disajikan puisi lama berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik bagian isi dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan larik yang tepat untuk melengkapinya | 39. |
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya. | 40. | |
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak) | Disajikan kalimat acak (kalimat diberi nomor dan diurut ke bawah), peserta didik dapat menentukan urutan yang tepat untuk dijadikan paragraf padu | 41. |
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama | Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian. | 42. |
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan ungkapan yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian. | 43. | |
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa dapat menentukan kalimat yang mempunyai tujuan sama dalam bentuk kalimat lain (tanya) yang tepat. | 44. | |
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF | ||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah | Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat. | 45. |
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf | Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat. | 46. |
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) | Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang diawali huruf k, p, t, s), peserta didik dapat menentukan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapinya | 47. |
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, peserta didik dapat menentukan kata ulang yang tepat untuk melengkapinya | 48. | |
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai | Disajikan paragraf yang belum lengkap kata penghubung temporal (urutan waktu), peserta didik dapat menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapinyanya. | 49. |
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat | Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik dapat menentukan cara perbaikan kalimat tersebut dengan tepat. | 50. |
Memperbaiki kesalahan paragraf | Disajikan paragraf deskripsi yang menggunakan tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), peserta didik dapat menentukan frasa adjektiva yang tepat untuk memperbaikinya. | 51. |
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, peserta didik dapat menentukan kalimat yang padu untuk memperbaikinya | 52. | |
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf | Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya menggunakan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat | 53. |
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA | ||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas) | Disajikan ilustrasi berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan huruf kecil semua), peserta didik dapat menentukan perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku | 54. |
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa dapat mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi. | 55. | |
Menggunakan tanda baca | Disajikan kalimat beberapa kalimat yang dua di antaranya terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik dapat menentukan kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya | 56. |
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat. | 57. |
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; peserta didik dapat menentukan kata baku untuk memperbaikinya | 58. | |
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, siswa mampu menentukan perbaikan kata serapan dengan tepat. | 59. | |
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca | Disajikan kalimat yang menggunakan tanda bacanya salah, peserta didik dapat menentukan kesalahan penggunaan tanda baca disertai alasan yang tepat pada kalimat tersebut | 60. |
CATATAN: SOAL UJI COBA/UN SEBANYAK 50 SOAL, TANDA MERAH BERSIFAT PILIHAN VARIASI SOAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar