Contoh Soal Fungsi Eksponen dan Penerapannya

Contoh Soal Fungsi Eksponen dan PenerapannyaPernahkah kamu mendengar tentang peramalan jumlah penduduk di masa yang akan datang? Dalam merencanakan pembangunan jangka panjang di berbagai bidang, pemerintah perlu meramalkan jumlah penduduk beberapa tahun ke depan untuk menjamin peningkatan pertumbuhan ekonomi, ketersediaan sumber daya alam dan fasilitas umum.

Jumlah penduduk dapat diramalkan berdasarkan pertumbuhan penduduk tiap tahunnya. Dalam proses peramalan inilah matematika berperan. Perhitungan matematis dilakukan dengan menggunakan fungsi eksponen. Fungsi eksponen tidak hanya diterapkan untuk meramalkan jumlah penduduk, tetapi juga pada peluruhan radioaktif, pertumbuhan tanaman, perhitungan bunga tabungan di bank dan sebagainya. Mari mengenal dan memahami fungsi eksponen melalui topik kali ini.

Contoh Soal Fungsi Eksponen dan Penerapannya


SOAL 1
Berikut yang bukan merupakan fungsi eksponen adalah .…

SOAL 2
Berikut yang merupakan fungsi eksponen adalah ….

SOAL 3


SOAL 4
Jika grafik fungsi y = 3x - 3x + 1 melalui titik A (a, - 2) dan B (b, - 18), maka nilai a + b = ....

SOAL 5
Budi mendepositokan Rp10.000.000,00 di sebuah bank dan memperoleh bunga 6% per tahun. Bunga bank tetap dan Budi tidak pernah menarik uang. Nilai deposito Budi pada akhir tahun kesepuluh adalah ….

SOAL 6
Nilai jual sebuah mobil baru adalah Rp400.000.000,00. Jika nilai jual mobil ini mengalami penyusutan 12% pertahun. Nilai jual mobil ini lima tahun kemudian adalah .…

SOAL 7
Untuk menyembuhkan beberapa jenis kanker, para dokter menggunakan iodium radioaktif I -131. Waktu paruh I -131 adalah 8 hari. Seorang pasien menerima pengobatan 16 mCi. Banyak I -131 yang tertinggal dalam tubuh pasien setelah 32 hari adalah ....

SOAL 8
Pemboman sinar kosmik di atmosfer memproduksi neutron, yang bereaksi dengan nitrogen menghasilkan radioaktif carbon-14 ( 14 C ). Radioaktif 14 C adalah jaringan hidup melalui karbondioksida yang diserap oleh tumbuhan. Selama tumbuhan atau hewan itu hidup, 14 C bertahan dalam organisme hidup pada tingkat yang konstan. Namun, ketika organisme mati, 14C meluruh menurut persamaan A = A0. e -0,000124tdengan A adalah massa setelah t tahun dan A0adalah massa saat t = 0. Jika terdapat 500 milligram 14 C pada tubuh organisme ketika mati, maka 14 C yang tersisa setelah waktu 15.000 tahun adalah ….

SOAL 9
Misalkan sebuah bola basket dijatuhkan dari ketinggian 3 meter dan setiap kali jatuh ke lantai bola itu naik setinggi 65% dari ketinggian sebelumnya. Model jatuhnya bola dalam bentuk peluruhan eksponen sebagai suatu fungsi tinggi bola T (dalam meter) dari banyaknya jatuhan n adalah ….

SOAL 10
Setiap tahun sebuah bank selalu mensponsori suatu turnamen tenis di Bali. Pada awal turnamen terdapat 256 peserta. Dalam tiap babak, setengah pemain akan gugur. Banyak pemain tersisa setelah pertandingan berlangsung selama 3 babak adalah …
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar