Contoh Soal Fungsi Logaritma dan Penerapannya

Contoh Soal Fungsi Logaritma dan PenerapannyaPernahkah kamu mendengar pemberitaan di media massa tentang gempa bumi? Dalam pemberitaan tersebut biasanya disebutkan besarnya kekuatan gempa dalam satuan skala richter.

Penemuan skala richter merupakan salah satu sumbangsih matematika bagi kehidupan manusia. Perhitungan kekuatan gempa dengan skala richter menggunakan penerapan fungsi logaritma. Penerapan fungsi logaritma tidak hanya terbatas pada perhitungan kekuatan gempa, tetapi juga pada permasalahan pertumbuhan penduduk, penyebaran CO2 di bumi, efek rumah kaca, penentuan taraf intensitas gelombang bunyi dan sebagainya. Apa itu fungsi logaritma? Bagaimana penerapannya? Mari simak uraian berikut.
Fungsi logaritma merupakan kebalikan (invers) dari fungsi eksponen yang telah dipelajari pada topik sebelumnya. Fungsi logaritma didasarkan pada logaritma yang telah dipelajari di kelas X. Mari kita ingat kembali tentang logaritma.
Contoh Soal Fungsi Logaritma dan Penerapannya

SOAL 1
Jika h (x) = 3log x, maka h -1 (27) = ....

SOAL 2
Berikut yang bukan merupakan fungsi logaritma adalah .…

SOAL 3
Domain dari fungsi f (x) = log(3 – 4x) adalah ...

SOAL 4
Domain dari fungsi f (x) = 2 log(12 – 4x) adalah .…

SOAL 5
Domain dari fungsi f (x) = log (2x+3x5) adalah ....

SOAL 6

SOAL 7

SOAL 8
Konsentrasi ion hidrogen [H + ] dari senyawa susu cair dengan pH = 6,3 adalah .…

SOAL 9
pH dari jus jeruk jika diketahui konsentrasi ion hidrogennya sebesar 6,32 × 10 -4 adalah .…

SOAL 10
Intensitas bunyi diukur dengan satuan yang disebut decibel (disingkat dB). Satuan ini diukur dengan menetapkan suatu intensitas I0 pada bunyi yang sangat lembut (yang disebut ambang bunyi). Bunyi yang kita ukur intensitasnya diberi lambang I dan besaran yang diukur oleh alat ukur adalah taraf intensitas bunyi (TI ) yang dinyatakan oleh fungsi logaritma sebagai TI = 10.logII0 dB. Taraf intensitas bunyi dengan intensitas sebesar 4.000 I0 adalah .... (log 2 = 0,3010).


Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar