Contoh Soal Adjektiva dan Numeralia

Contoh Soal Adjektiva dan Numeralia Adjektiva atau yang sering dikenal dengan kata sifat adalah kata yang digunakan untuk menjelaskan atau mengungkapkan sifat/keadaan makhluk hidup ataupun benda mati.
Ciri-Ciri Adjektiva
  1. Adjektiva dapat diawali dengan kata keterangan lebih, paling, atau sangat. Contohnya lebih tinggi, paling hebat, dan sangat kejam.
  2. Adjektiva dapat diikuti dengan kata sekali. Contohnya cantik sekali, pandai sekali, dan elok sekali.
  3. Adjektiva dapat diingkari dengan kata tidak. Contohnya tidak jahat, tidak mahal, dan tidak salah
  4. Adjektiva dapat ditambahkan imbuhan se- -nya dalam bentuk ulang. Contohnya sejelek-jeleknya, sebaik-baiknya, dan seindah-indahnya*.
Jenis-Jenis Adjektiva
1. Adjektiva Dasar
      Adjektiva bentuk dasar adalah kata sifat yang tidak dapat diuraikan ke bentuk yang lebih kecil. Sebagian besar adjektiva dalam bahasa Indonesia merupakan adjektiva bentuk dasar.
Contoh :
  • baik
  • jahat
  • pandai
  • indah
  • cantik
2. Adjektiva Turunan
      Adjektiva turunan adalah kata sifat yang memiliki imbuhan atau berupa kata ulang.
Contoh :
  • terhormat
  • kekanak-kanakan
  • ilmiah
  • mencekam
NUMERALIA
      Numeralia adalah kata yang menunjukkan bilangan, kuantitas, jumlah, atau urutan yang mengacu kepada nomina (kata benda).
** Jenis-Jenis Numeralia**
1. Numeralia (Kata Bilangan) Utama
      Numeralia utama adalah kata bilangan yang menyatakan jumlah benda. Kata bilangan ini merupakan bentuk dasar bagi pembentukan kata bilangan jenis lain. Contohnya satu, dua, tiga, dan empat.
2. Numeralia (Kata Bilangan) Tingkat
      Numeralia tingkat adalah kata bilangan yang menjelaskan urutan atau tingkatan. Contoh pertama, kedua, ketiga, dan terakhir.
3. Numeralia (Kata Bilangan) Kumpulan
      Numeralia kumpulan adalah kata bilangan yang menjelaskan suatu himpunan. Secara sepintas, kata bilangan ini memiliki kesamaan dengan kata bilangan urutan. Namun, perbedaannya dapat terlihat dari konteks kalimatnya. Contoh : *Kelima *buku itu milik saya.
4. Numeralia (Kata Bilangan) Tidak Tentu
      tidak tentu dalah kata bilangan yang menjelaskan jumlah barang dalam satu himpunan yang tidak tentu. Contoh beberapa *dan *semua.

Contoh Soal Adjektiva dan Numeralia

SOAL 1
Pada jam istirahat siswa diperbolehkan untuk bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain bola, bermain tali, atau hanya duduk di bawah pohon. Semua siswa menggunakan jam istirahat tersebut dengan kegiatan yang menyenangkan.
Adjektiva yang terdapat pada teks eksposisi di atas berjumlah ....

SOAL 2
Bayi yang cerdik itu lebih banyak memandang ibunya untuk mengatakan sesuatu. Kemudian, sang ibu tersenyum, memeluk hangat buah hatinya, dan membisikkan kata sayang ke telinga sang bayi.
Adjektiva yang terdapat pada teks di atas adalah ....

SOAL 3
Pada jam istirahat siswa diperbolehkan untuk bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain bola, bermain tali, atau hanya duduk di bawah pohon. Semua siswa menggunakan jam istirahat tersebut dengan kegiatan yang menyenangkan.
Numeralia yang terdapat dalam teks di atas termasuk ke dalam numeralia ....

SOAL 4
Setiap siswa yang melanggar peraturan sekolah sebaiknya diberikan sanksi. Sanksi yang diberikan sesuai dengan tingkat kesalahan yang dilakukan. Jika kesalahan tergolong besar, sanksi yang diberikan juga besar. Sebaliknya, jika siswa hanya melakukan kesalahan kecil maka sanksinya juga kecil.
Pernyataan tentang adjektiva dan numeralia yang sesuai dengan teks di atas adalah ....

SOAL 5
Indonesia memiliki berbagai rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur. Salah satunya adalah kencur. Kencur selain sebagai bumbu dapur juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional yaitu obat batuk herbal. Untuk obat batuk, kencur bisa dicampur dengan jeruk nipis, jahe, dan madu.
Kata yang dicetak miring merupakan adjektiva yang bersinonim dengan ....

SOAL 6
Berikut ini adalah jenis numeralia, kecuali ....

SOAL 7
(1) Pabrik mobil Mazda memang sangat mengerti dengan kebutuhan konsumennya. (2) Hal ini terbukti dengan dikeluarkannya varian baru dari Mazda yaitu All New Mazda2. (3) Dalam varian baru Mazda2 ini terdapat sebuah teknologi yang disebut MZD Connect. (4) Dengan adanya teknologi ini, pengendara bisa tetap eksis di media sosial. (5) Hal ini menjadikan Mazda sebagai produsen yang paham dengan kebutuhan konsumen.
Kalimat yang memiliki numeralia adalah kalimat nomor ....

SOAL 8
Berikut ini adalah contoh adjektiva bentuk dasar yaitu ....

SOAL 9
Perhatikan kata-kata di bawah ini!
  1. satu
  2. beberapa
  3. indah
  4. semua
  5. terpandai
Urutan yang tepat berdasarkan kata di atas adalah ....

SOAL 10
Setiap orang tua tentu akan menyayangi anaknya. Begitupun dengan saya. Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk ia sehingga ia bisa tumbuh menjadi pribadi yang terbaik. Akan tetapi, meskipun saya sudah menjaganya dengan sedemikian rupa, tetap saja kekhawatiran itu selalu ada. Kekhawatiran akan terjerumus pada narkoba
Di bawah ini adalah pernyataan yang sesuai dengan teks di atas, kecuali ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar