Contoh Soal Nomina dan Pronomina

Contoh Soal Nomina dan PronominaNomina atau yang lebih dikenal dengan kata benda adalah kata yang megacu kepada benda, manusia, konsep, atau pengertian. Berikut ini adalah ciri-ciri nomina.
1. Dalam kalimat yang berpredikat verba (kata kerja), nomina biasanya menduduki fungsi subjek, objek, atau pelengkap.
Contoh:
Rafi *memakan *nasi.
2. Nomina umumnya dapat diikuti adjektiva (kata sifat), baik secara langsung maupun dengan perantara yang.
Contoh:
  • *mobil *mewah
  • *mobil *yang mewah
3. Nomina tidak dapat diingkarkan dengan kata tidak. Kata pengingkar yang tepat untuk nomina adalah bukan
Contoh:
Ini bukan batu, melainkan kayu.
4. Nomina berpotensi didahului dengan kata depan di, pada, atau dari.
Contoh:
  • di rumah
  • pada tanggal
  • dari kertas
Jenis-Jenis Nomina
1. Nomina Dasar
      Nomina dasar adalah kata benda yang dasar katanya sudah menunjukkan sebuah benda. Nomina jenis ini tidak bisa diuraikan lagi ke dalam bentuk lain.
Contoh:
  • rumah
  • meja
  • bunga
  • awan
2. Nomina Turunan
      Nomina turunan adalah kata benda yang merupakan hasil pemberian imbuhan (afiksasi).
Contoh:
  • besar(adjektiva) + ke-an → kebesaran
  • makan(verba) + -an → makanan
  • satu(numeralia) + pe-an → persatuan
PRONOMINA
      Pronomina atau yang lebih dikenal dengan kata ganti merupakan kata yang dipakai untuk mengacu kepada nomina lain. Dilihat dari fungsinya, pronomina biasanya menempati posisi yang diisi oleh nomina.
Jenis-Jenis Pronomina
A. Pronomina Persona (Kata Ganti Orang)
      Pronomina persona adalah kata ganti yang dipakai untuk mengacu kepada orang. Ada tiga jenis promonima persona, yaitu sebagai berikut.
1. Pronomina Orang Pertama
      Promonima orang pertama adalah kata ganti yang mengacu kepada diri sendiri atau pihak yang sedang berbicara.
Contoh:
  • saya, aku, dikau, daku, ku-, dan -ku (tunggal)
  • kami dan kita (jamak)
2. Pronomina Orang Kedua
      Pronomina orang kedua adalah kata ganti yang dipakai untuk mengacu kepada mitra bicara atau orang yang diajak bicara.
Contoh:
  • kamu, engkau, Anda, kau- dan -mu (tunggal)
  • kalian, Anda, dan kita (jamak)
3. Pronomina Orang Ketiga
      Pronomina orang ketiga adalah kata ganti yang dipakai untuk mengacu kepada pihak yang berada di luar pembicaraan atau orang yang sedang dibicarakan.
Contoh:
  • ia, dia, beliau, dan -nya (tunggal)
  • mereka (jamak)
B. Pronomina Penunjuk
      Pronomina penunjuk merupakan kata ganti yang mengacu kepada nomina yang bukan orang. Pronomina ini bisa merujuk kepada benda, konsep, atau pengertian. Ada dua jenis pronomina penunjuk, yaitu sebagai berikut.
1. Pronomina Penunjuk Umum
      Pronomina penunjuk umum yang terdapat dalam bahasa Indonesia adalah kata ini *dan *itu. Kata ini *mengacu pada acuan yang yang dekat dengan pembicara atau pada informasi yang akan disampaikan. Untuk acuan yang jauh dari pembicara atau informasi yang sudah disampaikan, kata ganti yang digunakan adalah kata *itu.
2. Pronomina Penunjuk Tempat
      Pronomina penunjuk tempat yang terdapat dalam bahasa Indonesia adalah kata sini, situ, dan sana. Kata ganti penunjuk tempat digunakan untuk merujuk kepada letak/lokasi. Kata *sini *merujuk lokasi yang dekat dengat dengan pembicara, kata *situ *merujuk kepada lokasi yang agak jauh, sedangkan *sana *merujuk kepada lokasi yang jauh.
C. Pronomina Penanya
      Pronomina penanya adalah kata ganti yang dipakai sebagai penanda pertanyaan. Ada tiga bentuk pronomina penanya secara umum. Pertama, pronomina penanya orang, yaitu siapa. Kedua, pronomina penanya barang, yaitu apa. Ketiga, pronomina penanya pilihan, yaitu mana.

Contoh Soal Nomina dan Pronomina

SOAL 1
Tanaman yang termasuk dunia jamur adalah kamir, kapang, dan cendawan. Jamur menyerap mineral dan nutrisi dari bahan organik. Jamur bukan tumbuhan karena tidak berfotosintesis. Jamur mikoriza memiliki hubungan simbiosis dengan tumbuhan. Jamur hidup di dalam akar tumbuhan dengan cara menyerap nitrogen dari tanah dan menukarnya dengan karbon pada tumbuhan. Banyak jenis jamur berfungsi sebagai pengurai dan penting untuk ekologi hutan. Kapang dan kamir digunakan untuk membuat keju, bir, dan antibiotik.
Jumlah nomina yang terdapat di kalimat pertama adalah ....

SOAL 2
Tanaman yang termasuk dunia jamur adalah kamir, kapang, dan cendawan. Jamur menyerap mineral dan nutrisi dari bahan organik. Jamur bukan tumbuhan karena tidak berfotosintesis. Jamur mikoriza memiliki hubungan simbiosis dengan tumbuhan. Jamur hidup di dalam akar tumbuhan dengan cara menyerap nitrogen dari tanah dan menukarnya dengan karbon pada tumbuhan. Banyak jenis jamur berfungsi sebagai pengurai dan penting untuk ekologi hutan. Kapang dan kamir digunakan untuk membuat keju, bir, dan antibiotik.
Pernyataan yang tepat sesuai dengan paragraf di atas adalah ....

SOAL 3
Kata di bawah ini merupakan nomina, kecuali ...

SOAL 4
Di bawah ini merupakan nomina turunan hasil pemberian imbuhan -an, kecuali ....

SOAL 5
Membangun sebuah kota perlu pendekatan secara manusiawi. Artinya perlu perencanaan yang baik dengan memahami masa lalu dan peruntukannya di masa depan.
Nomina dasar yang terdapat pada penggalan teks eksposisi di atas adalah ....

SOAL 6
Setiap pengusaha batik memiliki kebijakan masing-masing dalam penggunaan bahan pewarna. Ada yang menggunakan bahan pewarna sintetis. Ada juga yang menggunakan pewarna alami. Penggunaan bahan pewarna alami untuk pembuatan batik jauh lebih baik dibanding dengan penggunaan zat pewarna sintetis. Hal ini diketahui dari beban pencemaran pencelupan batik yang menggunakan warna sintetis (ZWS) seperti indogosol yang mmpunyai BOD5= 3.053 mg/ liter, COD = 19.921/ liter, sedangkan beban pencemaran ekstrak zat warna alami (ZWA) msih jauh lebih kecil.
Penggunaan pronomina dalam teks di atas terdapat pada kalimat ....

SOAL 7
Hamman dan Hilmi merupakan siswa kelas 8. Meskipun berasal dari sekolah yang berbeda, ... bersahabat baik.
Pronomina yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks di atas adalah ....

SOAL 8
Tawuran kerap terjadi antarsiswa pada sekolah yang berbeda. Penyebabnya kadang masalah sepele seperti saling menertawakan. Penyebab lainnya adalah ketika kalah dalam sebuah pertandingan antarsekolah.
Pronomina yang terdapat pada penggalan teks eksposisi di atas mengacu kepada ....

SOAL 9
Setiap pengusaha batik memiliki kebijakan masing-masing dalam penggunaan bahan pewarna. Ada yang menggunakan bahan pewarna sintetis. Ada juga yang menggunakan pewarna alami. Penggunaan bahan pewarna alami untuk pembuatan batik jauh lebih baik dibanding dengan penggunaan zat pewarna sintetis. Hal *ini *diketahui dari beban pencemaran pencelupan batik yang menggunakan warna sintetis (ZWS) seperti indogosol yang mmpunyai BOD5= 3.053 mg/ liter, COD = 19.921/ liter, sedangkan beban pencemaran ekstrak zat warna alami (ZWA) msih jauh lebih kecil.
Pronomina yang dicetak miring pada teks eksposisi di atas mengacu kepada ....

SOAL 10
Pasca gempa dengan kekuatan 5,9 skala richter, sebagian Yogyakarta dan Jawa Tengah luluh lantak. Keadaan ini mengundang perhatian berbagai pihak. Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Bantuan berbentuk makanan, obat-obatan, dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat. Tenaga medis dari daerah-daerah lain pun berdatangan. Mereka memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda-tenda darurat.
Pernyataan yang tepat yang sesuai dengan teks di atas adalah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar