Contoh Soal Gerak Gelombang

Contoh Soal Gerak GelombangGelombang adalah getaran yang merambat dari satu posisi ke posisi lain dengan energi tertentu. Berbagai macam gelombang ini telah kalian pelajari pada topik sebelumnya. Pada topik ini akan diulas lebih lanjut tentang macam-macam gerak gelombang. Gerak gelombang dapat kalian jumpai pada beberapa keadaan berikut.

1. Gelombang pada Slinki 

Slinki adalah susunan per yang panjang. Slinki tersebut dapat membentuk dua macam gelombang, yaitu gelombang longitudinal dan gelombang transversal. Jika slinki ditarik ke atas, akan terbentuk gelombang transversal dan jika ditarik ke samping, akan terbentuk gelombang longitudinal. Perbedaan kedua gelombang tersebut didasarkan arah getar dan arah rambat gelombangnya. Untuk gelombang transveral, arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat, sedangkan gelombang longitudinal, arah getarnya searah dengan arah rambat.

        Jarak antara satu rapatan dan satu renggangan yang berdekatan dinyatakan sebagai panjang gelombang (λ). Ketika slinki ditarik, akan terbentuk rapatan dan renggangan. Rapatan dan renggangan tersebut akan menggetarkan partikel-partikel yang ada di sekitarnya dengan energi tertentu.

2. Gelombang Permukaan Air 

Gelombang yang terjadi pada permukaan air telah kalian pelajari di awal topik ini. Ketika batu dilemparkan ke dalam air, akan terbentuk pola-pola menyerupai lingkaran. Semakin lama, pola tersebut akan semakin besar. Pola-pola yang menyerupai lingkaran tersebut biasa dinyatakan sebagai muka gelombang (wave front).
        Muka gelombang didefinisikan sebagai titik-titik yang memiliki fase yang sama pada suatu gelombang. Semakin jauh dari sumber getar, semakin kecil energi yang dibawa gelombang. Hal tersebut terbukti saat semakin jauh dari sumber getar, gerak gelombangnya akan semakin lambat.

3. Gelombang Seismik 

Gelombang seismik adalah gelombang yang terjadi pada struktur batuan bumi. Gelombang seismik dapat memicu terjadinya gempa bumi. Pada tahun 1935, seorang ilmuwan asal Amerika Serikat yaitu Charles Richter mengembangkan suatu alat untuk mencatat kekuatan gelombang seismik. Alat tersebut dinamakan seismograf dan kekuatan gelombang ini dinyatakan dalam skala Richter.
        Gelombang seismik dibedakan menjadi tiga, yaitu gelombang P, S, dan gelombang permukaan. Gelombang seismik adalah gelombang longitudinal yang bergerak di celah-celah struktur batuan dalam bumi. Gerakan gelombang P ini berupa rapatan dan renggangan yang dapat mengubah struktur batuan yang dilaluinya. Kemudian, gelombang ini akan terdeteksi oleh seismograf sebagai gelombang S. Rambatan gelombang S ini tegak lurus dengan getarannya, sehingga dapat menaikturunkan struktur batuan yang dilewatinya. Gelombang P dan S yang telah mencapai permukaan disebut sebagai gelombang permukaan. Gelombang permukaan ini biasa dinamakan fenomena gempa bumi.

Contoh Soal Gerak Gelombang


SOAL 1
Gelombang yang memiliki rapatan dan renggangan adalah ….

SOAL 2
Gelombang permukaan air memiliki muka gelombang berupa ….

SOAL 3
Besaran yang ikut berpindah selama gerak gelombang adalah ….

SOAL 4
Perhatikan gambar berikut.

Sumber getar gelombang di atas, ditunjukkan oleh nomor ….

SOAL 5
Perhatikan gambar berikut.

Satu panjang gelombangnya ditunjukkan oleh huruf ….

SOAL 6
Gelombang seismik yang pertama kali terdeteksi adalah ….

SOAL 7
Penghasil getaran di dalam telepon adalah …

SOAL 8
Gelombang slinki dapat menjadi gelombang longitudinal maupun transversal. Hal tersebut bergantung pada ….

SOAL 9
Gelombang cahaya memiliki susunan medan listrik dan medan magnet yang saling tegak lurus. Oleh karena itu, gelombang cahaya termasuk dalam …

SOAL 10
Besar kecilnya amplitudo gelombang permukaan air dapat dilihat dari ….
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar