Contoh Soal Menentukan Persamaan Kurva

Contoh Soal Menentukan Persamaan Kurva Misalkan turunan suatu fungsi F (x) adalah F ‘ (x) = f (x). Fungsi asal F (x) dapat ditentukan melalui proses pengintegralan sesuai definisi integral tak tentu.
F(x)dx=F(x)+C
Dalam hal ini, nilai konstanta C dapat ditentukan jika diketahui nilai tertentu dari variabel x dan F (x) dari F(x)dx. Nilai C diperoleh dengan cara mensubstitusikan kedua nilai variabel yang bersesuaian ke dalam hasil pengintegralan. Ini berarti, terdapat tak berhingga banyaknya fungsi yang memiliki diferensial F ‘ (x). Setiap fungsi tersebut hanya berbeda pada nilai C. Perhatikan gambar kurva di bawah ini dengan beberapa nilai C yang memenuhi suatu persamaan diferensial.
Misalkan dydx=2x adalah gradien garis singgung kurva y = F (x) pada setiap titik (xy). Dengan menggunakan notasi kalkulus diferensial untuk gradien diperoleh:
dydx=2x
dy=2xdx
dy=2xdx
y=x2+C, untuk setiap C ϵ Ɍ ... (1)
Kurva y = x2 + C yang ditunjukkan pada gambar di atas memiliki gradien garis singgung yang sama untuk nilai x yang sama. Dengan mengamati kembali gambar tersebut, tampak bahwa kurva y = x2 + C merupakan himpunan kurva berbentuk parabola dalam interval -3 ≤ x ≤ 3. Jika kurva itu melalui titik (-3, 10), maka dengan mensubstitusikan titik yang dilalui ke persamaan (1) diperoleh nilai C sebagai berikut.
y=x2+C
10=(3)2+C
10=9+C
C=1
Ini berarti, persamaan kurvanya adalah y = x2 + 1.
Jika kurva (parabola) tersebut melalui titik (-3, 8), maka:
y=x2+C
8=(3)2+C
8=9+C
C=1
Ini berarti, persamaan kurvanya nya adalah y = x2 – 1.
Jika kurva (parabola) tersebut melalui titik (2, 1), maka:
y=x2+C
1=(2)2+C
1=4+C
C=3
Ini berarti, persamaan parabolanya adalah y = x2 – 3.
Contoh Soal Menentukan Persamaan Kurva

SOAL 1
Sebuah kurva y = f (x) melalui titik A (2, 0). Jika gradien garis singgung di titik A adalah dydx=2x4, maka persamaan kurva tersebut adalah ….

SOAL 2
Suatu kurva melalui titik P (1, 3). Gradien garis singgung kurva tersebut di titik T (xy) sama dengan dydx=2x5. Persamaan kurva tersebut adalah ….

SOAL 3
Suatu kurva melalui titik B (2, 8). Gradien garis singgung kurva tersebut di titik P (xy) sama dengan dydx=2x1. Persamaan kurva yang memenuhi adalah ….

SOAL 4
Diketahui f ‘ (x) = 6x2 + 4. Persamaan f (x) yang melalui titik (1, 1) adalah ....

SOAL 5
Persamaan kurva yang melalui titik (2, 4) dengan gradien garis singgungnya dydx=6x24x+1adalah ….

SOAL 6
Persamaan kurva yang melalui titik (1, -3) dengan persamaan gradien garis singgung dydx=6x24x+3 adalah ….

SOAL 7
Gradien garis singgung kurva y = f (x) dinyatakan dengan dydx=3x(2x). Persamaan kurva yang melalui titik (-1, 10) adalah …

SOAL 8
Gradien garis singgung suatu kurva di titik (xy) adalah 3x. Jika kurva ini melalui titik (4, 9), maka persamaan garis singgung kurva ini di titik berabsis 1 adalah ….

SOAL 9
Diketahui gradien garis singgung kurva y = f (x) di titik (ab) adalah 2a3+6a2+6a+4. Jika kurva melalui titik (1,112), maka persamaan kurva tersebut adalah ….

SOAL 10
Diketahui dydx berbanding terbalik dengan x2.
Jika saat x = 2 diperoleh dydx=5 dan y = 1, maka nilai y pada saat x = -2 adalah ….
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar