Contoh Soal Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi

Contoh Soal Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasiPada pelajaran kali ini, kalian akan mempelajari tentang cara menyunting teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan. Seperti yang kita ketahui, teks negosiasi merupakan jenis teks yang berisi hubungan sosial antara dua orang atau lebih yang memiliki masalah atau pendapat yang kuat untuk mencari kata sepakat tanpa ada salah satu pihak yang dirugikan.
Menyunting Teks Negosiasi
Menyunting teks negosiasi merupakan salah satu cara menganalisis isi negosiasi dan bahasa teks negosiasi serta menganalisis penggunaan kalimat baku dan tidak baku sesuai dengan struktur isi dan struktur bahasa pada teks negosiasi yang digunakan.
Contoh Soal Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi

SOAL 1
Perhatikan contoh penggalan teks di bawah ini:
1) Perkenalkan, saya editor naskah di Penerbit Buku Indonesia. Saya datang ke sini bermaksud mengajak Saudara untuk menulis buku tentang Kebudayaan Indonesia. Saya menyukai gaya penulisan Anda. Karena itu, saya berani bayar tinggi untuk naskah tema ini. Saya yakin, akan banyak pembaca yang berminat membeli buku Anda nanti.
2) Saya sangat bangga menjadi bagian dari warga desa ini. Meskipun lokasinya sangat terpencil dan sulit dijangkau, tetapi desa ini memiliki banyak potensi alam. Misalnya, daun lontar, pelepah pisang, daun eceng gondok, dan lainnya. Dari sumber alam tersebut, hampir semua warga memanfaatkannya menjadi kerajinan rumah tangga yang bernilai jual tinggi. .
3) Cecep : “Apalagi dengan bapak saya, lebih hebat dari pada bapak kalian, tiap hari bapakku dikerumunin para wanita”.
Yandi : “Wow keren. Memangnya bapakmu kerja di mana?”
Cecep : “Jualan sayur di Tanah Abang.”
Sartono dan kawan-kawannya tertawa keheranan mendengar penjelasan Cecep sambil berjalan menuju ke ruang kelas. 
Teks di atas yang termasuk teks negosiasi adalah ....

SOAL 2
Pada teks negosiasi berikut ini, kalimat yang merupakan isi adalah....

SOAL 3
Pada teks negosiasi berikut, teks yang berstruktur lengkap mengandung pembuka, isi, dan penutup adalah....

SOAL 4
Perhatikan contoh penggalan teks di bawah ini:
1) Salam, nama saya Indra. Saya pemilik warnet Medio. Kebetulan, saya lagi perlu tenaga untuk menunggu warnet yang mengerti komputer dan teknologi informasi. Jadi saya bermaksud menganjak Anda bekerja di tempat saya. Saya berani bayar tinggi untuk Anda, agar bekerja di sini.
2) Cara membuat kentang balado sangat mudah. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Pertama, kupas kentang dan cuci hingga bersih. Lalu rendam di air kapur sirih selama 30 menit. Kemudian, kentang dipotong-potong berbentuk bulat baru kemudian digoreng di minyak panas. Setelah tiris, bumbui kentang dengan bumbu balado.
3) Asep : Ibu saya mah keren, setiap hari selalu berbunga-bunga dan suka menyerahkan bunga ke orang-orang.
Bayu : Wah hebat. Memangnya ibumu kerja apa?
Asep : Jualan bunga.
Teks di atas yang bukan termasuk teks negosiasi adalah ....

SOAL 5
Berdasarkan kaidah teks negosiasi, kalimat berikut yang memenuhi kaidah tersebut adalah....

SOAL 6
Perhatikan teks negosiasi berikut ini. Isi teks negosiasi yang merupakan pemenuhan adalah....

SOAL 7
Perhatikan teks negosiasi berikut ini. Isi teks negosiasi yang merupakan permintaan adalah..

SOAL 8
Perhatikan teks negosiasi berikut ini. Isi teks negosiasi yang merupakan penawaran adalah....

SOAL 9
Perhatikan teks negosiasi berikut ini. Isi teks negosiasi yang merupakan persetujuan adalah....

SOAL 10
Cara yang paling tepat untuk bisa meyakinkan pihak lain saat bernegosiasi adalah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar