Contoh Soal Perkalian Skalar Dua Vektor

Contoh Soal Perkalian Skalar Dua VektorKonsep perkalian merupakan suatu konsep matematika yang sudah pasti kalian kuasai dengan baik. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa perkalian memiliki arti yang berbeda pada konteks yang berbeda? Misalnya pada perkalian antarbilangan real dan perkalian antarmatriks, keduanya jelas memiliki konsep perkalian yang berbeda bukan? Nah, selain pada bilangan real dan matriks, perkalian juga berlaku pada vektor.
        Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang perkalian suatu vektor dengan skalar. Perkalian suatu vektor dengan skalar menghasilkan suatu besaran vektor yang baru. Tahukan kalian bahwa tidak semua operasi yang melibatkan besaran vektor selalu menghasilkan vektor? Lantas, operasi vektor seperti apakah yang tidak menghasilkan vektor? Pada topik ini, kalian akan mempelajari operasi tersebut, yaitu operasi perkalian skalar dua vektor atau biasa dikenal dengan sebutan dot product (inner product). Perkalian ini dilambangkan dengan "". Untuk memahaminya, mari simak topik ini dengan saksama ya.

💢 Definisi Perkalian Skalar Dua Vektor

☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳
Operasi perkalian skalar dua vektor didefinisikan sebagai kombinasi linear atau penjumlahan hasil kali komponen-komponen vektor tersebut. Misalkan vektor A=a1,a2,a3,....,an dan B=b1,b2,b3,....,bn sama-sama berdimensi n. Perkalian skalar dari A dan B didefinisikan sebagai:
        Perlu kalian pahami dengan baik bahwa, hasil dari perkalian skalar ini bukan suatu vektor, melainkan suatu bilangan real. Oleh karena itu, penyelesaian dengan pendekatan grafis tidak terlalu banyak membantu seperti pada operasi-operasi vektor sebelumnya.
Untuk lebih jelasnya, pehatikan contoh berikut ini.

♫ Contoh

﹌﹌﹌﹌﹌﹌﹌﹌
⓵ Jika A=a1,a2 dan B=b1,b2 vektor-vektor yang berada dalam R2 , maka:
AB=a1b1+a2b2
⓶ Jika A=a1,a2,a3 dan B=b1,b2,b3 vektor-vektor yang berada dalam R3 , maka:
Contoh Soal Perkalian Skalar Dua Vektor


SOAL 1
Perkalian skalar dua vektor tak nol akan menghasilkan ….

SOAL 2
Diberikan dua vektor dimensi 4 yang berupa vektor A=a1,a2,a3,a4 dan B=b1,b2,b3,b4. Hasil perkalian skalar dua vektor tersebut adalah ….

SOAL 3
Apabila V merupakan sebuah vektor tak nol, maka pernyataan berikut ini yang benar adalah ….

SOAL 4
Jika diketahui vektor U=3,5 dan V=2,1, maka hasil dari perkalian skalar dua vektor tersebut adalah ….

SOAL 5
Diketahui A=1,1,1,1 dan B=1,1,1,1. Hasil perkalian skalar kedua vektor tersebut adalah ….

SOAL 6
Diketahui P=2,4,6Q=1,3,5, dan R=3,3,3. Nilai dari P(Q+R)adalah ….

SOAL 7
Diketahui vektor A=1,2,3B=1,1,1, dan C=1,1,2. Apabila terdapat suatu vektor D sedemikian sehingga AD=9BD=1, dan CD=6, maka D yang dimaksud adalah ….

SOAL 8
Perhatikan ilustrasi berikut ini.
Perkalian skalar dari vektor A dan Bdidefinisikan sebagai:
Dari definisi di atas, besar sudut θ adalah ….

SOAL 9
Andi dan Bayu menghitung perkalian skalar dua buah vektor A dan B. Andi menghitung perkalian tersebut dengan urutan ABsedangkan Bayu BA. Pernyataan yang benar berkaitan dengan perhitungan mereka adalah ….

SOAL 10
Diketahui P=1,1,2Q=1,2,1, dan R=1,2,1. Nilai dari (PQ)Radalah ….
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar