Sumbangan dan Manfaat Ilmu Geografi

Mempelajari geografi bukanlah tanpa andil dan manfaat dalam kehidupan. Berikut adalah sumbangan dan manfaat dalam mempelajari ilmu geografi.

Geografi, Belajar Geografi, Sumbangan Ilmu Geografi, Manfaat Ilmu Geografi, Sumbangan Pedagogis Ilmu Geografi, Sumbangan Pembentukan Kepribadian Ilmu Geografi, Manfaat Geografi di Bidang Pertanian, Manfaat Geografi di Bidang Industri.
Sumbangan dan Manfaat Ilmu Geografi

A. Sumbangan Ilmu Geografi

Kajian goegrafi adalah interaksi antara manusia dan lingkunga, sehingga memberikan manfaat bagi manusia, baik individu maupun kelompok. Dalam aktovitas pendidikan, geografi memberikan 2 sumbangan penting, yaitu bersifat pendidikan (pedagogis) dan bersifat pembentukan kepribadian.

1. Sumbangan Pedagogis

Kajian geografi memberikan sumbangan yang bersifat pendidikan (pedagogis) diantaranya sebagai berikut,

a. Wawasan dalam Ruang
Geografi melatih manusia untuk melakukan orientasi di bumi sebagai tempat tingginya dan memproyeksikan dirinya dalam ruang. Orientasi dan proyeksi tersebut meliputi semua unsur ruang, yaitu arah, jarak, luas, dan bentuk.

b. Persepsi Relasi Antargejala
Geografi dapat melaith kegiatan pengamatan dan pemhamaan hubungan antargejala yang terdapat dalam suatu bentuk alam. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan yang bersifat pengamatan lapangan atau kegiatan luar ruang (outdoor). Melalui kegiatan luar ruang tersebut kita dapat mengetahui setiap proses dan pola dari fenomena geosfer.

c. Pendidikan Keindahan
Buku-buku goegrafi yang dilengkap dengan gambar-gambar tentang fenomena geosfer dapat menumbuhkan rasa kecintaan terhadapt keindahan alam. Namun, pengamatan langsung terhadap fenomena alam yang umum terdapat di lingkungan sekitar dapat lebih meningkatkan kecintaan tersebut.

d. Kecintaan terhadap Tanah Air
Geografi mengajak kita untuk menyadari tentang kekayaan dan kemiskinan sumber daya di tempat tinggal kita. Geografi berusaha menjelaskan potensi sumber daya yang ada di setiap wilayah sehingga dapat dimanfaatkan secara bijaksana. Potensi sumber daya tersebut tentu saja diupayakan untuk memenuhi kebutuhan hiup, baik masa sekarang ataupuan masa yang akan datang.

e. Pemahaman Global
Geografi memberikan wawasan tentang wilayah-wilayah yang lebih luas selai wialyah tempat tinggal kita. Kita dikenalkan pada sifat dan karakter tempat lain sehingga kita dapat menilainya sesuai dengan sifat dan karakternya. Pemahaman terhadap wilayah global ini dapat memupuk sifat slaing mengharagi dan menghormati antarbangsa.

2. Pembentukan Kepribadian

Kajian geografi memberikan sumbangan yang bersifat pembentukan kepribadian diantaranya sebagai berikut,
  • Kita dapat mengerti permasalahan sosial yang sangat kompleks sebagai akibat adanya perbedaan dalam lingkungan.
  • Kita dapat menghargai adanya fakta gejala geografi sehingga akan lebih memperhatikan sebagai masalah, baik lokal ataupun global.
  • Kita dapat mengetahui ketersediaan sumber daya alam yang perlu dimanfaatkan.
  • Kita dapat mengharagi kondisi perekonomian dan kultural yang saling bergantung antardaerah.
  • Kita dapat membentuk pribadi melalui refleksi atas lingkungannya dengan lingkungan orang lian.

B. Manfaat Ilmu Geografi

Di dalam kehidupan sehari-hari geografi memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia, meksipun manfaat tersebut tidak secara langsung dirasakan manusia. Contoh manfaat ilmu geografi dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut.

1. Bidang Pertanian

Kebiasaan petani dalam memulai bercocok tanam, meskipun secara tradisional, sebenarnya sudah menunjukkan bahwa petani tersebut menggunakan ilmu geografi. Perhitungan terhadap musim, jenis tanah, dan sistem pengairan merupakan contoh bahwa geografi memiliki peran yang sangat penting dalam bidang pertanian.

2. Bidang Industri

Pemilihan lokasi industri umumnya mempertimbangkan faktor biaya, baik biaya untuk bahan baku, proses produksi, maupun distribusi. Di dalam pemilihan lokasi industri tersebut faktor jarak menjadi pertimbangan yang sangat pentin, baik jarak untuk memperoleh bahan baku maupun untuk pemasarannya.

Saat ini lokasi industri telah dikelola sedemikian rupa sehingga berdiri aglomerasi lokasi perindustrian berupa kawasan-kawasan indsutri. Faktro jarak merupakan contoh bahwa geografi penting dalam bidang indsutri.

Itulah penjelasan mengenai Sumbangan dan Manfaat Ilmu Geografi, semoga dari penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan pembaca sekalian. Mohon maaf jika ada suatu kesalahan. Kami terbuka akan kritik dan saran dari pembaca sekalian. Terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung dan membaca!
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar