Contoh Soal Struktur isi teks cerita ulang

Contoh Soal Struktur isi teks cerita ulangPada topik kali ini kita akan mempelajari struktrur isi teks cerita ulang. Sebelum kita memahami struktur isinya, mari kita memahami terlebih dahulu apa itu teks cerita ulang.
Teks cerita ulang merupakan teks yang menceritakan suatu peristiwa, kegiatan, atau kejadian yang telah dilakukan/ dialami/ dicermati.
Teks cerita ulang dapat berupa pengalaman maupun biografi seseorang

Ada tiga bagian penting yang harus kalian ingat bila akan mencari isi teks cerita ulang yaitu:
1. judul karangan;
2. orientasi karangan yang berisi siapa, apa, dimana, kapan, dan bagaimana;
3. tahapan peristiwa yang meliputi persiapan, kegiatan inti ;
4. penutup.

Contoh Soal Struktur isi teks cerita ulang


SOAL 1
Gelombang Tsunami telah mematikan semangat hidup gadis berusia 21 tahun itu. Namun, kepercayaan bahwa Tuhan akan menolong setiap jiwa manusia membuat dia kuat. Dia terus bertahan di tengah dinginnya malam dan hanya mengandalkan air laut untuk bertahan hidup. Hingga hari ke-21 doanya dikabulkan ketika ada sebuah kapal melintas dan melihat lambaian tangannya.
Isi teks cerita ulang di atas merupakan bagian orientasi yang berisi ....

SOAL 2
Selain acara pertunjukan wayang, ada pasar malam bagi masyarakat Desa Ngempak Sambikerep, Surabaya. Ada pula sejumlah atraksi kesenian di sepanjang balai desa. Diantaranya, pertunjukan okol (adu ketangkasan tangan), gulat, serta pertunjukan tari remo sebagai tari khas kota Surabaya yang dibawakan oleh karang taruna Desa Ngemplak.
Tahapan peristiwa yang nampak pada teks cerita ulang di atas yaitu ….

SOAL 3
Bila ingin berlibur mengajak orang tua yang sudah lanjut usia, harus santai. Tidak perlu mendatangi semua lokasi. Cari tempat yang mudah dikunjungi, tidak antre dan berdesak-desakan, tidak terlalu jauh dari parkiran atau menanjak, Sekali-kali harus kita ajak istirahat. Jangan berjalan terus tanpa henti. Lain halnya bila pergi bersama dengan teman-teman, wah… semua tempat dan wahana harus aku kunjungi kalau perlu sampai diusir pak satpam.
Tokoh pada cerita di atas menutup cerita dengan memberi pesan ....

SOAL 4
Misbahul Huda (MH) adalah anak pertama dari empat bersaudara pasangan KH.Drs. Muslich dan Siti Fathonah. Keluarga ini adalah keluarga pesantren yang disegani dan sangat sederhana. Ayah MH merupakan pensiunan guru di lingkungan Pondok Pesantren Takeran-Magetan. Ketegasan beliau dalam mendidik agama yang disiplin dan ajeg membuat MH menjadi sosok yang pintar dan benar.
Teks cerita ulang biografi di atas merupakan bagian orientasi berupa ....

SOAL 5
Setahun yang lalu suami saya menyampaikan berita gembira bahwa ia mendapat hadiah dari perusahaan sebagai pegawai berprestasi untuk pegi ke Disneyland Jepang. Senangnya mendengar apalagi suami mengatakan bahwa ia ingin pergi dengan saya dan anak-anak untuk menerima hadiah itu. Secara emosional saya punya kenangan mendalam pada kota Disneyland tempat pertama kali saya mengantarkan anak didik saya studi banding ke luar negeri.
Pertanyaan di bawah ini jawabannya dapat kita temukan pada paragraf orientasi di atas, kecuali .…

SOAL 6
Suasana pesta pernikahan temanku yang megah tidak sepenuhnya bisa aku nikmati. Hal ini karena hidangan yang disediakan untuk para tamu sudah habis sebelum waktu yang ditentukan dalam undangan. Untungnya, aku sedikit terhibur ketika ibu temanku mempersilakan aku untuk menikmati hidangan yang diperuntukkan untuk saudara mempelai. Aku senang menjadi tamu kehormatan, sementara undangan yang lain harus pulang dengan perut kosong. Ada untungnya juga kalau kita bisa akrab tidak hanya dengan teman kita, tetapi juga dengan orang tuanya.
Tahapan peristiwa yang nampak pada kegiatan inti teks cerita ulang di atas ialah ....

SOAL 7
Sesampainya di Juanda aku langsung mengucap syukur ke hadirat Tuhan karena kuasanya saya dapat kembali menginjakkan kaki di bumi Indonesia dengan selamat. Setelah sampai di rumah saya langsung memeluk anak-anak saya. Perjalananku ke Cina telah membawa hikmah yang besar dalam hidupku bahwa manusia hanya bisa berencana dan Tuhanlah yang menentukan. Mudah-mudahan pengalaman ini semakin menambah keimananku pada Sang pencipta.
Isi penutup pada teks cerita ulang di atas menandakan bahwa penulis mengalami ….

SOAL 8
Sebelum menentukan peserta yang akan ikut serta dalam IMC 2013 Singapura ini Klinik Pendidikan MIPA (KPM) melakukan seleksi terlebih dahulu baik dari segi akademik, fisik, dan finansial serta faktor lainnya untuk memutuskan siswa yang akan berangkat ke sana. Siswa kelas khusus dibina selama mminimal 1 tahun, sedangkan yang bukan siswa kelas khusus harus melewati masa seleksi yang sudah ditentukan. Mereka juga harus menyiapkan bekal obat-obatan, makanan tambahan, souvenir, dan keperluan pribadi lainnya.
Kutipan paragraf di atas merupakan teks cerita ulang pada tahapan .…

SOAL 9
Masuknya internet pada dekade awal 2000-an membuat menurunnya tingkat literasi generasi muda Indonesia. Hidup yang serba instan dan mendapatkan segalanya dengan mudah, membuat perubahan baru dalam pola hidup bersosialisasi dan pola pikir mereka. Diharapkan melalui perubahan kurikulum di Indonesia generasi muda lebih berkarakter dan berkepribadian agamis.
Masalah mendasar pada paragraf di atas adalah....

SOAL 10
Dianugerahi kecerdasan yang luar biasa membuat Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J. Habibie) mendapatkan beasiswadari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk melanjutkan kuliah di Jerman. Terisnpirasi pesan dari Bung Karno, jurusan yang dipilihnya adalah Teknik Penerbangan dengan spesialisasi Konstruksi pesawat terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule (RWTH)
Simpulan yang didapat dari penutup teks cerita ulang biografi di atas ialah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

4 komentar:

  1. Mohon diberi jawabannya until belajar

    BalasHapus
  2. Mohon jawabannya dong untuk belajar

    BalasHapus
  3. Gelombang Tsunami telah mematikan semangat hidup gadis berusia 21 tahun itu. Namun, kepercayaan bahwa Tuhan akan menolong setiap jiwa manusia membuat dia kuat. Dia terus bertahan di tengah dinginnya malam dan hanya mengandalkan air laut untuk bertahan hidup. Hingga hari ke-21 doanya dikabulkan ketika ada sebuah kapal melintas dan melihat lambaian tangannya.

    Isi teks cerita ulang di atas merupakan bagian orientasi yang berisi .

    BalasHapus