Contoh Soal Aspek Waktu

Contoh Soal Aspek WaktuAspek waktu adalah hal penting dalam mengetahui sebuah peristiwa. Peristiwa umumnya membutuhkan pemahaman secara kronologis sehingga tidak terlepas dari aspek waktu. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui aspek waktu dalam peristiwa dan keterkaitan waktu.

Suatu kejadian selalu terkoneksi dengan ruang dan waktu. Waktu dapat dibagi menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu waktu lampau, sekarang, dan yang akan datang. Definisi aspek waktu adalah pertimbangan atau sudut pandang suatu kejadian yang dipengaruhi oleh waktu. Dalam sejarah, konsep waktu sangat penting untuk mengetahui peristiwa masa lalu dan perkembangannya hingga saat ini. Konsep waktu dalam sejarah mempunyai arti masa atau periode berlangsungnya perjalanan kisah kehidupan manusia.
Waktu dapat dipahami sebagai kesatuan waktu seperti, detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, abad, dan seterusnya. Waktu terus bergerak maju yaitu dari masa lalu ke masa depan. Kita tak dapat mengendalikan waktu karena tidak ada manusia yang dapat melangkah mundur ke masa lalu atau melompat maju ke masa depan. Hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu tidak dapat diubah kembali karena kita tidak bisa pergi ke masa lalu untuk mengubahnya. Demikian pula hal-hal yang akan terjadi di masa mendatang, tidak dapat diketahui dengan pasti karena kita tidak dapat melompat ke masa depan.
Pengetahuan tentang berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau membantu kita memahami perubahan dan perkembangan masyarakat baik dari aspek ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik hingga kita memperoleh pelajaran tentang sebab-akibat, baik-buruk, atau benar-salah yang dapat dijaikan sebagai pedoman hidup pada masa mendatang. Prinsip kronologis yaitu perjalanan waktu atau kelangsungan (continuity) juga sesuatu yang terikat dengan aspek waktu.
Keterkaitan antara waktu dengan peristiwa meliputi sejumlah hal, yaitu:
• Perkembangan
Perkembangan masyarakat terjadi bila berturut-turut masyarakat bergerak dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Biasanya masyarakat akan berkembang dari bentuk yang sederhahana ke bentuk yang lebih kompleks. Contoh yang paling jelas adalah perkembangan Demokrasi atau pun perkembangan masyarakat manusia dari masa lampau sampai sekarang.
• Kesinambungan
Kesinambungan terjadi bila suatu masyarakat baru hanya melakukan adopsi lembaga-lembaga lama. Contohnya adalah pada mulanya kolonialisme adalah kelanjutan dari patrimonialisme. Demikianlah, kebijakan kolonialisme hanya mengadopsi kebiasaan lama.
• Pengulangan
Pengulangan terjadi bila peristiwa yang pernah terjadi dimasa, lampau terjadi lagi di masa selanjutnya, misalnya jatuhnya kekuasaan Presiden Soekarno akibat aksi-aksi yang dilakukan oleh para mahasiswa. Peristiwa ini terjadi kembali, dimana Presiden Soeharto lengser, juga akibat aksi-aksi yang dilakukan oleh para mahasiswa.
• Perubahan
Perubahan terjadi apabila masyarakat mengalami pergeseran, sama dengan perkembangan. Tetapi, asumsinya ialah adanya perkembangan besar-besaran dan dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya perubahan ini terjadi akibat pengaruh dari luar. Contohnya, Gerakan Paderi di Sumatera Barat yang menentang kaum adat sering dianggap sebagai hasil pengaruh Gerakan Wahabi di Arab yang ditularkan lewat para haji yang sepulang dari Mekah dan tidak puas dengan kekuasaan kaum adat.

Contoh Soal Aspek Waktu

Pilihan Tunggal
Waktu dapat dikategorikan menjadi ....
Pilihan Tunggal
Bidang ilmu yang menggunakan waktu sebagai pedoman utama adalah ....
Pilihan Tunggal
Sifat dari waktu adalah sebagai berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Perjalanan waktu secara berkesinambungan disebut juga dengan ....
Pilihan Tunggal
Keterkaitan antara waktu dengan peristiwa terbagi dalam beberapa fase. Fase tersebut berjumlah ....
Pilihan Tunggal
Keterkaitan antara waktu dan peristiwa dalam fase perkembangan menyebutkan perkembangan yang berlangsung dari bentuk sederhana ke bentuk ....
Pilihan Tunggal
Perkembangan besar-besaran dalam waktu relatif singkat disebut dengan ....
Pilihan Tunggal
Tata demokrasi saat ini termasuk fase atau keterkaitan antara waktu dengan peristiwa dalam bentuk ....
Pilihan Tunggal
Perkembangan komunisme di Indonesia yang dibawa oleh tokoh – tokoh PKI dari Soviet, seperti Musso dan Alimin, adalah salah satu keterkaitan antara waktu dengan peristiwa berbentuk ....
Pilihan Tunggal
Pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar